Media

Latih AI, Facebook gunakan jutaan konten Instagram untuk kenali gambar
By Widyanto Gunadi - 7 May 2018
83 Views

Teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) mulai marak diterapkan dengan berbagai tujuan. Media sosial termasuk Facebook memakai teknologi AI untuk memindai foto yang Anda unggah ke Instagram. Jadi, berhati-hatilah sebelum Anda mulai posting berbagai foto di akun Instagram Anda.

 

Facebook coba AI lewat hashtag

Anda yang gemar menggunakan Instagram tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya hashtag atau tagar. Ya, hashtag memang mempermudah Anda mencari dan melihat berbagai foto dan menyortirnya dalam kategori tertentu.

Namun berhati-hatilah. Sebab, sekarang Facebook merekam hashtag dalam foto maupun unggahan Anda. Teknologi AI ciptaan Facebook saat ini sedang mendeteksi pola dalam ditemukan dalam gambar. 

 

Pro dan kontra AI dalam Facebook

Di satu sisi, sistem kecerdasan buatan ciptaan Facebook ini nantinya akan sangat membantu. Sebab, AI buatan Facebook jauh lebih akurat daripada yang diciptakan Google. Di sisi lain, AI berisiko menimbulkan penyalahgunaan data berupa gambar yang diunggah pengguna Instagram.

Kepala divisi machine learning terapan Facebook, Srinivas Narayanan mengklaim sistem kecerdasan buatan raksasa teknologi tersebut sebagai yang terbaik. Karena, ia menjelaskan, AI pada Facebook telah terlatih untuk memindai gambar dari sekitar 3,5 juta file yang diunggah para pengguna Instagram. Misalnya, ketika seseorang mengunggah foto makanan, maka sistem AI Facebook akan memindai dan mengidentifikasi jenis makanan tersebut.

Narayanan pun menuturkan, sistem kecerdasan buatan Facebook masuk dalam urutan teratas daftar AI dengan akurasi terbaik, berdasarkan data Imagenet. Akurasinya mencapai 85,4 persen.

 

Bagaimana dengan privasi Anda?

Memang, langkah Facebook menggunakan banyak foto di Instagram untuk melatih kecerdasan sistem AI tampak mencurigakan dan bisa dianggap skandal data baru. Meski demikian, Facebook mengatakan konten yang digunakan untuk melatih sistem AI mereka sifatnya publik. Sehingga, foto yang Anda unggah di Instagram tidak akan digunakan Facebook, jika Anda menyetel akun Instagram Anda dengan mode pribadi. 

Terlepas dari skandal kebocoran data yang belakangan menyeret nama Facebook, sebaiknya kita tetap bijak dalam mengunggah foto ke media sosial termasuk Instagram. Karena, potensi penyalahgunaan data tetap saja ada. 

 

Sumber:
engadget.com
popsci.com
dailymail.co.uk
techtimes.com
qrius.com

Tags:

  • AI
  • artificial intelligence
  • kecerdasan buatan
  • Instagram
  • Facebook
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang