Published on

Careers

Management Trainee: Pengertian, Tugas dan tanggung jawabnya

Nur Lella Junaedi

management-trainee-EKRUT.jpg

Kamu mungkin pernah melihat beberapa perusahaan besar memajang lowongan kerja dengan posisi Management Trainee. Namun, tahukah kamu profesi seperti apa itu Management Trainee? Agar lebih paham, berikut ulasan.

Mengenal program Management Trainee

management trainee EKRUT 
Posisi Management Trainee banyak diisi oleh fresh graduate- EKRUT

Management Trainee (MT) adalah bagian dari program perusahaan untuk lulusan baru yang tidak memiliki pengalaman, dimana mereka diberikan pelatihan yang tepat di setiap departemen perusahaan, lalu dievaluasi oleh manajer atau senior manajer dan ditempatkan di departemen yang mereka kuasai.  

Tujuan adanya program ini yakni untuk menciptakan calon manajer-manajer baru di perusahaan dari berbagai bidang, seperti bidang pemasaran, penjualan, sampai operasional. Beberapa orang kerap menyamakan Management Trainee (MT) dengan program magang pada umumnya. Padahal, program MT lebih sulit dan menantag dari magang. Pasalnya, akan ada banyak kejutan di dalamnya sehingga peserta harus bersiap dengan skills yang dimiliki.

Selain itu, perbedaan magang dengan Management Trainee adalah mereka sudah secara sah menjadi bagian dari perusahaan. Sementara jika magang, peserta dapat dibilang masih menjadi “pihak luar” dari perusahaan. Management Trainee pun merupakan peran yang diakui di dalam organisasi perusahaan. Mereka adalah karyawan resmi, namun dalam peran, jenjang karier, dan gaji yang berbeda dengan karyawan pada umumnya.

Jika kamu berminat melamar sebagai Management Trainee, kamu juga perlu memahami bahwa perusahaan akan memiliki berbagai istilah yang berbeda. Seperti, Management Associate Program, Future Leaders Program, Graduate Program, Global Leaders Program, Officer Development Program, dan lain sebagainya.

Namun, jika diperhatikan, istilah-istilah dari Management Trainee memiliki kemiripan yang menekankan pada leadership dan development atau kepemimpinan dan pengembangan. Artinya, kamu akan dikembangkan dan dipersiapkan untuk menjadi pemimpin di perusahaan setelah menyelesaikan program Management Trainee

Baca juga: 7 Cara meningkatkan jenjang karier yang efektif

Tugas dan tanggung jawab dari posisi Management Trainee

management trainee EKRUT 
Sementara tugas dari Management Trainee sepenuhnya mendukung para manajer - EKRUT

Dalam kesehariannya, MT erat bekerja dengan manajer karena manajer adalah mentor dan orang yang memberikan penilaian kepada mereka. 

Apalagi bila melihat tujuan dari program MT ini adalah untuk menciptakan manajer baru jadi pasti antara trainee dan manajer akan berkaitan satu sama lain. Maka dari itu, tugas dan tanggung jawab dari Management Trainee yaitu: 

  • Mendukung manajer dengan berbagai macam tugas, seperti penetapan tujuan dan pembuatan kebijakan.
  • Memahami cara perusahaan beroperasi. 
  • Membantu manajer dalam membuat evaluasi kinerja, seperti menulis laporan atau menganalisa data.
  • Membantu bagian administratif. 
  • Berpartisipasi dalam perencanaan strategis perusahaan. 
  • Membiasakan diri dengan tugas-tugas personalia. 
  • Melakukan riset terkait cara meningkatkan profitabilitas perusahaan dan menurunkan risiko.
  • Membuat presentasi.
  • Memantau pendapatan perusahaan. 

Persyaratan umum program Management Trainee 

management trainee EKRUT
 
Untuk menjadi MT skills yang harus kamu miliki di antaranya adalah kemampuan berkomunikasi - EKRUT

Agar memudahkan kamu dalam mendapatkan kandidat peserta Management Trainee kamu perlu tahu kriteria yang tepat untuk posisi ini, seperti: 

  • Cakap dalam kemampuan komunikasi. 
  • Cakap dalam kemampuan matematika dan komputer. 
  • Cakap dalam presentasi verbal dan tulisan. 
  • Skill MS Office yang kuat. 
  • Pengalaman yang relevan dengan bidang yang serupa.
  • Memiliki gelar manajemen atau bisnis.

3 Benefit bekerja dengan posisi sebagai Management Trainee

management trainee EKRUT 
Manfaat menjadi Management Trainee salah satunya yakni akan mudah dipromosikan - EKRUT

Banyak lulusan baru tertarik untuk mengikuti program MT di perusahaan karena dianggap bermanfaat bagi perkembangan karier mereka. Adapun manfaat mengikuti program Management Trainee adalah: 

1. Peserta lebih leluasa memilih pekerjaan yang paling dikuasai 

Beberapa perusahaan menawarkan kepada para Management Trainee untuk bisa bekerja di departemen yang diyakini mereka dapat unggul di dalamnya. Contoh jika management trainee merasa unggul di bagian penjualan atau tertarik pada bagian rekrutmen, mereka dapat memilih bekerja di area itu.

2. Belajar banyak hal 

Saat menjalani MT, peserta akan belajar banyak hal dari beragam situasi dan masalah nyata di dunia kerja. Selain itu, peserta juga akan memiliki mentor yang membantu dalam mengambil keputusan, serta diperkenalkan pada aspek bisnis perusahaan. Meski mereka karyawan baru, mereka akan diberitahu mengenai semua aspek bisnis perusahaan mulai dari penjualan, operasional, layanan pelanggan sampai bidang SDM perusahaan. 

Tak cukup sampai di sana, mereka diharapkan dapat mengetahui semua aspek fungsi dari departemen-departemen tersebut.  Contoh peserta trainee ditempatkan di departemen pemasaran, dia akan mengerjakan iklan, mengurus kampanye online bahkan melakukan meeting dengan klien. Ini semua dilakukan agar peserta MT tersebut mengetahui seluk beluk pekerjaannya. 

3. Mudah dipromosikan 

Setelah program selesai dan berjalan dengan baik, maka di akhir program itu peserta akan lebih mudah dipromosikan untuk posisi yang strategis dalam pekerjaan tersebut. 

Memperkerjakan Management Trainee tidak hanya memberikan benefit pada peserta tapi juga perusahaan. Oleh karena itu, kamu perlu memerhatikan beberapa kriteria di atas demi mendapatkan kandidat yang tepat. 

Baca juga: 5 tips supaya cepat dapat promosi di kantor

3 Contoh program Management Trainee di beberapa perusahaan

3 Contoh program Management Trainee di beberapa perusahaan
Kamu bisa mencoba melamar di beberapa perusahaan ini. Sumber gambar: Shutterstock

Sebagai lulusan baru, kamu bisa memilih berbagai perusahaan yang membuka lowongan sebagai Management Trainee. Mulai dari perusahaan besar otomotif, bank, FMCG sampai dengan startup yang akhir-akhir ini juga banyak membuka peluang sebagai Management Trainee. Berikut beberapa contoh perusahaan yang membuka posisi Management Trainee.

1. Management Trainee Shopee

Management Trainee Shopee memiliki nama sendiri yaitu Global Leaders Program, yaitu program yang berdurasi 2 tahun dimana kamu akan mendapatkan 4 kali rotasi dan masing-masing rotasi di departemen yang berbeda-beda berlangsung 6 bulan. Menariknya lagi, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk dirotasi di antara 7 negara tempat Shopee berada.

Proses seleksi dari Management Trainee ini cukup ketat, kamu akan mengikuti total 5 tahap sebelum akhirnya secara sah bergabung sebagai Management Trainee. Yang paling sering dibicarakan dalam proses seleksi Global Development Program dari Shopee ini adalah tes GMAT pada tahap 1, tes ini yang biasanya digunakan untuk mendaftar program magister bisnis atau MBA di luar negeri. Jadi, persiapkan diri kamu dengan matang, ya!

Baca juga: 9 Segmen business model canvas untuk merancang bisnis startup

2. Management Trainee Ruangguru

Startup bimbel online Indonesia ini juga memiliki program Management Trainee yang menarik, bernama Management Associate Program. Kamu akan ditempatkan pada fungsi pekerjaan yang kamu pilih, namun kamu juga akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan pengalaman bekerja di dua divisi lainnya. Divisi yang bisa kamu pilih adalah Ruangguru Foundation, finance and strategy, human resource, dan product design

Setelah kamu lulus dari program Management Trainee, kamu akan ditempatkan pada posisi yang kamu pilih sebelumnya. Program Management Trainee ini berlangsung dua tahun dan rotasi pada masing-masing departemen akan berlangsung 6-9 bulan. Jika berminat, kamu akan melewati lima tahap rekrutmen yang salah satunya adalah Virtual Super Challenge Day yang bersifat seperti case study.

3. Management Trainee Astra

Jika kamu merupakan lulusan dari jurusan ekonomi dan teknik, kamu mungkin bisa mencoba program Management Trainee dari Astra International yaitu Astra Graduate Program. Kamu akan berkesempatan untuk menjajal proses manajemen inti dari tujuh bisnis dari Astra yang berbeda. 

Program Management Trainee ini sangat cocok untuk kamu yang tertarik dengan bidang marketing, finance, dan human capital. Kamu akan berkesempatan untuk bekerja secara nyata di bidang-bidang ini dan mendapatkan pembelajaran dari Astra Executives. Bagaimana, apakah kamu tertarik mencoba karier sebagai management trainee? Jika memenuhi persyaratan dan sudah mempersiapkan diri, tidak ada salahnya mencoba. Semoga sukses!

management trainee EKRUT
Last update: 27 Mei 2021

Sumber: 

  • hiredgroup.com
  • vitaver
  • resource.workable
 

Tags

Share