Media

Mayoritas milenial pilih properti untuk investasi
By Widyanto Gunadi - 21 May 2018
128 Views

Investasi adalah hal yang layak Anda lakukan untuk menjamin kesehatan finansial di masa mendatang. Kaum milenial pun nampaknya mulai menyadari akan pentingnya investasi. Saat ini generasi milenial mulai melek terhadap investasi jenis properti. Bagi mereka, properti merupakan pilihan yang bijak. Sebab, investasi jenis ini menjamin pengembalian nilai yang lebih tinggi dibandingkan investasi jenis lain, seperti emas. Apa saja pertimbangan lainnya dari milenial untuk berinvestasi di sektor properti?

 

Properti mudah dipahami

Managing Partner dari American Real Estate Investments, John Larson, menyatakan investasi properti tidak bersifat pasif di pasaran. Investasi jenis ini relatif lebih mudah dipahami dan akan selalu ada permintaan yang menanti di pasar. Itulah mengapa Larson mengatakan, kalau Anda berinvestasi pada sektor properti, maka Anda akan meraih pendapatan yang besar di kemudian hari.

Rumah123.com melakukan survei terhadap 1.922 responden. Sebanyak 75 persen merupakan kategori milenial berusia 29 tahun hingga 35 tahun. Mereka membeli rumah dan properti lain sebagai investasi, bukan untuk dijadikan hunian tetap. Meski demikian, kaum milenial ini, terutama di Indonesia, masih tergolong lugu. Artinya, mereka mementingkan kenaikan nilai investasi, daripada mencari peluang yang lebih besar. Oleh karena itu, mereka membidik rumah murah.

 

Dijual kembali

Selanjutnya, sebanyak 55,7 persen responden berpenghasilan Rp 5 juta hingga Rp 30 juta per bulan menyatakan menunggu selama beberapa tahun sebelum menjual kembali properti mereka. Opsi lainnya, mereka akan menyewakannya dengan harga yang jauh lebih tinggi dan menguntungkan. 

Berdasarkan survei RealityShares, 20 persen generasi milenial percaya investasi properti akan memberi hasil terbaik, sejak tahun 2000. Bahkan, generasi ini menjadi generasi yang sangat mempercayai properti. Kelompok tertinggi berikutnya yang memilih properti sebagai investasi adalah Generasi X, yaitu mereka yang saat ini berumur 35 tahun hingga 44 tahun. Sebanyak 16 persen di antaranya bahkan menjadikan properti sebagai investasi utama.

Apakah Anda juga termasuk Generasi X atau milenial yang memilih properti dalam berinvestasi?
 

Rekomendasi bacaan:
Masa depan dunia digital di tangan AI dan big data
Perang melawan terorisme di era big data
Nvidia naik daun berkat game dan cryptocurrency

 

Sumber:
cnbcindonesia.com
forbes.com
cnbc.com
areiusa.com

Tags:

  • properti
  • investasi
  • milenial
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang