Media

Mengapa kamu butuh financial advisor untuk membantu manajemen keuangan lebih lancar?
By Nelson Simbolon - 20 December 2018
34 Views

Layaknya dokter yang kamu butuhkan saat sedang sakit, seorang financial advisor juga diperlukan ketika keadaan finansialmu mulai memburuk dan menuju terpuruk. Tak peduli seberapa besar atau kecil tabunganmu, semua orang yang ingin mengelola keuangannya pada dasarnya membutuhkan orang yang lebih berpengalaman guna memberikan informasi tersebut lebih kredibel.

Financial advisor adalah seorang ahli yang bertugas membantu kliennya mencapai tujuan keuangan tertentu, seperti mendapatkan dana pendidikan, pensiun, membeli rumah, dan sebagainya. Nantinya, seorang financial advisor akan memberi saran mengenai keputusan apa yang harus kamu ambil.

 

Apa itu manajemen keuangan?

Manajemen keuangan adalah proses membedah tujuan keuanganmu. Untuk mencapai tujuan tersebut, tentu kamu harus melewati tahapan-tahapan tertentu. Sementara itu, untuk melewati tahapan-tahapan tersebut, kamu perlu mengetahui bagaimana situasi keuanganmu yang sebenarnya. Setelah itu, baru kamu bisa membuat proyeksi bagaimana kondisi keuanganmu di masa depan nanti.

Proyeksi yang dibuat seorang financial advisor bukan sembarang proyeksi. Ada berbagai macam variabel yang harus dihitung, seperti inflasi, investasi, tabungan, dan pengeluaran per bulan.

 

Menyewa jasa financial advisor?

Ketika kamu akan menyewa jasa seorang financial advisor, pastikan kamu mengetahui berapa tarifnya. Seorang financial advisor bisa dibayar per jam, per proyek, berdasarkan dengan banyaknya aset yang kamu miliki, berdasarkan komisi dari produk yang kamu beli dari mereka, atau kombinasi dari tarif dan komisi mereka. Karena itu, selalu tanya pada financial advisor-mu mengenai bagaimana mereka ingin dibayar.

 

Kerja financial advisor

Seorang financial advisor biasanya dibutuhkan pada saat tertentu, misalnya ketika kamu berencana untuk membuat suatu keputusan besar dalam hidup, seperti bercerai, menikah, membeli rumah, atau menjalankan bisnis oorang tua.

Kamu juga akan membutuhkan financial advisor ketika nilai investasimu mulai berkembang dan kamu kesulitan untuk memutuskan langkah apa yang sebaiknya dilakukan; menunggu semakin berkembang atau mencairkannya saat ini. Semua itu perlu dilakukan agar kamu bisa membaca bagaimana situasi keuanganmu saat ini dan menentukan langkah apa yang harus kamu ambil.

 

Rekomendasi bacaan:

 

Sumber:

Tags: Menabung, Gaji, Investasi

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang