Published on

Technology

5 Rekomendasi mesin pencari selain Google

Nur Lella Junaedi

mesin-pencari-selain-google-EKRUT.jpg

Mesin pencari adalah alat berbasis web yang memungkinkan pengguna menemukan berbagai macam informasi di World Wide Web (www). Salah satunya yang paling adalah Google Search Engine. 

Meski sangat membantu dalam mendapatkan informasi, sayangnya beberapa pengguna kerap terganggu dengan fitur personalisasi Google karena memungkinkan data pribadi bisa terlacak oleh mesin pencari tersebut. 

Jika kamu merasa tidak nyaman dengan hal ini, sebenarnya masih ada beberapa rekomendasi mesin pencari selain Google yang bisa kamu gunakan. 

Kekurangan Google Chrome sebagai mesin pencari 

mesin pencari selain google EKRUT
 Masalah privasi data jadi salah satu kekurangan Google - EKRUT

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai ragam mesin pencari lainnya, berikut adalah beberapa kekurangan Google Chrome yang menarik untuk kamu ketahui. 

1. Menyedot banyak memori 

Ketika pengguna menggunakan banyak program di komputer, Google Chrome sering kali menyedot memori RAM dalam jumlah yang besar. 

Sehingga bagi komputer yang hanya memiliki sedikit memori, ini akan berpengaruh negatif pada kinerja komputer tersebut, membuat komputer menjadi lemot atau mengalami system crash. 

2. Kustomisasi dan fitur terbatas 

Kelemahan lainnya dari Google search Engine adalah tidak mengizinkan penyesuaian kostumisasi dan opsi tertentu seperti browser lainnya. 

Contoh, ketika kamu menutup jendela browser Google dengan banyak halaman tab,  maka Google akan menutupnya begitu saja tanpa memberikan notifikasi peringatan kepada pengguna terlebih dahulu. 

Selain itu, tampilan antarmuka Google juga dianggap tidak fleksibel seperti pada peramban Firefox. Padahal tampilan antarmuka yang fleksibel bisa membantu pengguna untuk bekerja lebih efisien dengan mesin pencari. 

3. Pengguna bingung dengan chromium 

Para pengguna dari WordPress.com dan WordPress.org kerap merasa bingung dengan Google Chromium. Pasalnya Google Chromium tidak tergantung pada chrome, padahal chrome merupakan sumber peramban terbuka. 

4. Masalah privasi data 

Salah satu organisasi Electronic Frontier Foundation telah menyampaikan keprihatinan serius dalam praktik privasi data mesin pencari Google.

Pasalnya ketika pengguna mulai masuk ke Google Chrome, mesin pencari akan mulai mensinkronisasikan semua aktivitas pencarian pengguna dan menyimpan datanya untuk keperluan pemasaran iklan Google. 

Dengan begitu, iklan akan muncul di peramban pengguna sesuai dengan minat saat pengguna mencari suatu hal melalui mesin pencari tersebut.

5. Tidak fleksibel sebagai browser default di Microsoft dan Mac

Google hanya browser default di Chrome OS. Sementara untuk pengguna Windows dan Mac OS perlu mengubah dari setelan browser default dari Edge dan Safari ke Chrome. 

Sementara itu, masalah lain akan muncul ketika pengguna membuka halaman HTML secara offline, sistem operasi akan menggunakan browser internal dan pengguna perlu mengatur lagi setelan browser default-nya yang cukup merepotkan. 

Baca juga: Fungsi cache dan cookies yang tak banyak diketahui!

Rekomendasi mesin pencari selain Google 

mesin pencari selain google EKRUT 
Salah satu mesin pencari yang kerap dipakai selain Google yakni Yahoo - EKRUT

Jika kamu sebagai pengguna merasakan beberapa keterbatasan Google tersebut, maka kamu bisa mencoba menggunakan browser lainnya untuk berselancar di internet mencari berbagai informasi. 

Berikut ini akan dipaparkan beberapa rekomendasi mesin pencari selain Google. 

1. Duck Duck Go 

Bila permasalahan utama kamu dengan Google terkait dengan privasi data dan iklan, maka browser Duck Duck Go bisa kamu gunakan sebagai alternatif pengganti Google. 

Duck Duck Go merupakan situs web yang tidak pernah melakukan pelacakan terkait aktivitas online pengguna, dan karena itu pula maka dari pula Duck Duck Go tidak akan menampilkan iklan sesuai aktivitas pencarian kamu. 

Kelebihan lain dari mesin pencari ini yaitu tampilan antarmuka yang bersih dan menghadirkan hasil pencarian yang berasal dari Yandex, Yahoo dan alat pencarian lainnya selain Google. 

Duck Duck Go juga menawarkan fitur bang yang memungkinkan pengguna untuk bisa mencari langsung hasil pencarian di laman Wikipedia, YouTube, e-Bay, Reddit, Twitter dan sebagainya. Sehingga hasil pencarian bisa lebih spesifik. 

2. Yahoo!

Yahoo merupakan mesin pencari yang telah lama muncul bahkan sebelum adanya Google pada sekitar tahun 1994. Selain itu, Yahoo juga menawarkan berbagai fitur dalam laman berandanya yakni: 

  • Aggregator berita
  • Pusat perbelanjaan 
  • Layanan email 
  • Direktori perjalanan
  • Game 
  • Cuaca dan sebagainya

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh mesin pencari Yahoo adalah mendukung sekitar 38 bahasa dan menjadi browser default dari Mozilla Firefox. 

Di sisi lain Yahoo juga telah bekerja sama dengan Flickr sehingga menawarkan tampilan pencarian gambar yang lebih baik.  

Baca juga: Selamat tinggal liburan dan Yahoo Messenger

3. Bing 

Mesin pencari selain Google lainnya yang tak kalah populer adalah Bing milik Microsoft. Peramban ini menawarkan tools yang berbeda kepada pengguna apalagi terkait hasil pencarian gambarnya. 

Uniknya latar beranda di mesin pencarian Bing selalu berubah-ubah gambarnya menampilkan berbagai macam gambar dari latar belakang pemandangan, olahraga, tempat dan sebagainya. 

Tak hanya itu kelebihan lain dari peramban mesin pencari Bing adalah: 

  • Bisa melakukan pencarian dengan fitur screen keyboard yang tersedia di beranda. 
  • Memiliki fitur pencarian gambar dengan hanya mendrag atau memasukkan file gambar ke browser.
  • Tampilan penelusuran video yang lebih menarik dengan tampilan daftar landscape dan gambar thumbnail video yang lebih jelas.
  • Terdapat fitur terjemah.
  • Koreksi ejaan dan sebagainya. 

4.Yandex 

Ini merupakan mesin pencarian yang penggunanya kebanyakan berasal dari negara Rusia, Belarus, Turki, Ukraina dan Kazakhstan. Meski begitu, kepopulerannya cukup terkenal membuat Yandex menjadi mesin pencari terbesar kelima di dunia. 

Bila kamu ingin mencari mesin yang memiliki fitur hampir sama dengan Google, Yandex ini bisa jadi pilihan. 

Lantaran browser ini menawarkan fitur yang sama mulai dari peta, penerjemah, penyimpanan cloud, surat elektronik, analitik, aplikasi seluler dan tentunya mesin pencarian.

Tampilan Yandex juga rapi bahkan lebih bersih dari Google, hanya saja mungkin hasil pencarian akan lebih banyak untuk negara-negara di atas. 

5. Qwant 

Rekomendasi mesin pencari selain Google yang bisa kamu coba selanjutnya datang dari negara Perancis. 

Dalam situsnya, perusahaan mengklaim bahwa mereka tidak pernah melacak aktivitas pengguna untuk target iklan. Jadi cara kerja peramban ini persis seperti Duck Duck Go. 

Tampilan antarmuka Qwant cukup menarik dengan menampilkan berita yang tengah viral di bagian beranda. Keyword apapun yang kamu cari akan dimasukkan ke dalam tiga kategori yakni web, sosial dan berita. 

Uniknya Qwant juga sangat bermanfaat bagi para pendengar musik, karena bisa digunakan sebagai mesin pencari musik juga dengan bantuan AI. 

Baca juga: NewsGuard, ekstensi pada browser untuk identifikasi hoax

Itulah lima rekomendasi mesin pencari selain Google yang bisa kamu coba. Meski begitu, pastinya kelima browser ini memiliki keterbatasan masing-masing dibanding Google. 

Namun, bagi kamu yang memang sensitif dengan isu privasi data beberapa mesin pencari di atas dapat kamu coba. 

mesin pencari selain google EKRUT

Sumber: 

  • fossbytes
  • designhammer
  • techwalla
  • webnots

Tags

Share