Published on

Careers

Nih, efeknya kalau terlalu banyak ngopi

Maria Yuniar

kopi_1.jpg

Perpaduan kopi dan minuman bersoda yang mengandung kafein menjadi kombinasi mematikan bagi remaja di Carolina Selatan bernama David Allen Cripe. Ia meninggal dalam waktu dua jam seusai mengkonsumsi minuman itu, sehingga memicu peringatan tentang risiko overdosis kafein. Davis Allen Cripe meninggal pada 26 April 2017 karena gangguan detak jantung akibat kafein. Dua jam sebelum roboh, Cripe diketahui mengkonsumsi cafelatte, minuman kemasan berukuran besar dan minuman berenergi. Gary Watts dari Richfield County Coroner menyatakan kejadian yang menimpa Cripe semacam itu "sangat tidak biasa."

"Terutama karena jangka waktu menelan sejumlah kafein dalam periode tertentu, sehingga memengaruhi hatinya," kata Watts kepada The Post and Courier.  Cripe ambruk 15 menit setelah menenggak minuman energi. Kopi memang memiliki banyak manfaat. Namun, ada bahaya yang ditimbulkan, jika Anda mengkonsumsi kopi secara berlebihan. Berikut ini beberapa dampak buruknya.

 

Insomnia

Salah satu alasan orang suka minum kopi adalah agar tetap terjaga dan tidak mudah mengantuk. Namun, kopi ternyata malah bisa membuat Anda susah tidur atau insomnia. Kesehatan Anda pun akan terganggu.

 

 

Darah tinggi

Berdasarkan hasil studi Profesor Charalambos Vlachopoulos dari University of Athens, kafein secara cepat meningkatkan kekakuan terhadap arteri besar pada orang dengan tekanan darah tinggi. Kafein memang sangat cepat meningkatkan tekanan darah, bahkan untuk orang yang memiliki tekanan darah normal.

 

Gangguan pencernaan

Orang dengan kebiasaan mengonsumsi minuman yang berkafein memang akan lebih sering mengeluhkan sakit perut. Apalagi, jika mereka meminum kopi saat keadaan perut masih dalam keadaan kosong.

 

Tidak subur

Mengonsumsi kafein yang berlebihan akan menyebabkan penyakit pada bagian organ dalam tubuh wanita, yaitu tuba falopi dan endometrium. Adanya penyakit tersebut dapat menyebabkan ketidaksuburan pada wanita.

 

Kolesterol tinggi

Minum kopi terlalu banyak dapat meningkatkan kolesterol jahat. Hal ini merupakan akibat dari minyak yang disebut terpene. Minyak tersebut biasa ada dalam kopi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi lima cangkir kopi setiap hari dapat berpotensi tinggi meningkatkan kadar kolesterol darah sebesar enam hingga delapan persen.

 

Gangguan jantung

Biasanya gejala pertama yang ditimbulkan akibat terlalu banyak minum kopi adalah jantung jantung yang sangat berdebar-debar. Sebab, kafein dapat mempengaruhi susunan saraf pusat pada otak.

 

 

 

Sakit kepala

Efek lain yang dapat ditimbulkan karena terlalu banyak minum kopi adalah sakit kepala. Hal ini dapat terjadi apabila seseorang mengonsumsi kopi lebih dari dua sampai tiga cangkir kopi dalam satu hari.

 

Diabetes tipe 2

Dalam satu gelas kopi mengandung 100 mg kafein. Jumlah ini cukup memberikan dampak buruk terhadap gula darah dalam tubuh. Sehingga, peminumnya berpotensi terjadinya penyakit diabetes tipe 2.

 

Kematian dini

Konsumsi kopi lebih dari empat gelas sehari berisiko tinggi terhadap kematian dini. Sebuah hasil studi mengungkapkan, pria dengan kebiasaan minum lebih dari empat cangkir kopi per hari, mengalami peningkatan risiko terhadap kematian hingga 21 persen/

Badan Administrasi Makanan dan Obat di Amerika Serikat telah merekomendasikan agar orang dewasa mengonsumsi tidak lebih dari 400 mg kafein per hari. Jumlah ini setara dengan empat atau lima cangkir kopi.

 

 

Pakar kesehatan Maria Saleh menerangkan, minum kopi memang memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh, antara lain meningkatkan stamina, merangsang sistem saraf pusat, meningkatkan gairah, dan menjaga tubuh dari polusi udara, asap kotor, serta paparan sinar ultraviolet.

Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, kopi dapat mengakibatkan banyak efek samping yang berbahaya bagi kesehatan. Anda boleh saja hobi minum kopi, tapi jangan sampai berlebihan ya!

 

Sumber:
kontan.co.id
tirto.id
 

Tags

Share

Artikel Terkait

H1-Kebiasaan_Bangun_Jam_5_Pagi_Dapat_Mengubah_Hidupmu_Menjadi_Lebih_Baik.jpg

Lainnya

Kebiasaan Bangun Jam 5 Pagi Dapat Mengubah Hidupmu Menjadi Lebih Baik

Lita Lia

24 May 2022
5 min read
Mengenal_Self_Harm_Penyebab__Jenis__dan_3_Cara_Untuk_Mengatasinya.png

Lainnya

Mengenal Self Harm: Penyebab, Jenis, dan 3 Cara untuk Mengatasinya

Sylvia Rheny

16 May 2022
5 min read
H1_Mengenal_Apa_itu_Art_Therapy_Mulai_dari_Manfaat_Hingga_5_Teknik_yang_Digunakan.jpg

Lainnya

Mengenal Apa itu Art Therapy Mulai dari Manfaat Hingga 6 Teknik yang Digunakan

Luqman Hafidz

22 April 2022
5 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh Deskripsi Diri Sendiri yang Profesional dan Menarik HRD

Maria Tri Handayani

07 April 2022
6 min read
02

Jadwal FYP TikTok 2022: Pelajari dan Terapkan Tren Terbaru Agar Kontenmu Ramai!

Nurina Ulfah

04 April 2022
5 min read
03

5 Cara Cek Nomor Smartfren Sendiri dengan Cepat dan Mudah 2022

Algonz D.B. Raharja

27 April 2022
5 min read
04

Tips Menyampaikan Kata-Kata Perpisahan Kerja yang Berkesan

Maria Tri Handayani

07 April 2022
5 min read
05

12 Jenis Strategi Pemasaran yang Paling Efektif Beserta Contohnya

Tsalis Annisa

07 April 2022
5 min read