Published on

Careers

Pekerja senior, ini tips wawancara kerja buat Anda

Widyanto Gunadi

wawancara_kandidat_senior.jpg

Sebuah wawancara kerja apapun tingkatannya, tetap bisa membuat gugup kandidat. Termasuk pekerja di level senior sekali pun. Meski telah mengantongi pengalaman kerja bertahun-tahun, Anda tetap harus mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi wawancara kerja lagi, Apa saja tips yang layak Anda ikuti, agar sukses dalam wawancara kerja berikutnya?

 

Gali motivasi diri sendiri

Sebelum menghadiri sesi wawancara, pastikan Anda memiliki motivasi kuat untuk mendapatkan posisi yand dilamar. Perekrut pastinya ingin mengetahui minat Anda pada perusahaan yang Anda tuju. Oleh karena itu, siapkan diri untuk menghadapi diskusi dengan perekrut, mengenai minat, ambisi, dan tujuan utama hidup Anda. Yakinkan perekrut, Anda memang kandidat senior yang mampu memberikan kontribusi positif bagi perusahaan. 

 

Siapkan pertanyaan 

Sebuah wawancara kerja untuk kandidat senior, biasanya memang dirancang untuk menguji kualifikasi kandidat. Oleh karena itu, siapkan pertanyaan berbobot yang dapat memancing diskusi mendalam dengan perekrut. Tak jarang, perekrut pun menyiapkan pertanyaan untuk menilai kemampuan Anda dalam berargumen dan bernegosiasi. Tunjukkan sikap yakin, atas semua pernyataan yang Anda sampaikan dalam wawancara tersebut. Dengan demikian, perekrut bisa melihat Anda sebagai sosok yang berpendirian kuat. 

 

Lakukan riset 

Lakukan riset untuk mencari tahu berbagai informasi mengenai perusahaan yang Anda lamar, serta industri terkait. Bersikaplah wajar saat memperkenalkan diri. Ingat, bahasa tubuh yang baik, jabatan tangan yang meyakinkan, serta kontak mata, menjadi pertimbangan bagi perekrut. 

Jika Anda diminta melakukan presentasi, lakukan persiapan dengan baik. Di sinilah riset juga akan membantu, untuk menjelaskan solusi yang Anda tawarkan bagi persoalan tertentu. 

 

Bersikap jujur

Mungkin Anda ingin mencari pekerjaan baru, lantaran kantor Anda sebelumnya gulung tikar. Tidak perlu malu, bersikaplah jujur. Lagi pula, apabila Anda tidak jujur, perekrut pada akhirnya bisa mengetahui fakta yang Anda tutupi. Anda harus ingat, biasanya perekrut memiliki latar belakang pendidikan psikologi.

Wawancara kerja tidak hanya bermanfaat bagi perekrut, tapi juga Anda sebagai kandidat. Oleh karena itu, kredibilitas Anda harus dijaga dengan baik. Apakah kini Anda sudah yakin untuk menghadapi wawancara kerja? Semoga berhasil!

Sumber:
excelrecruitment.ie
experteer.com
glassdoow.com
bluesteps.com
 

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    h1_psikotes.jpg

    Careers

    7 Platform Tes Psikotes Online untuk Kebutuhan Rekrutmen serta Tips Mengerjakannya

    Tio Derma

    05 October 2022
    6 min read
    pertanyaan-kelemahan-dan-kelebihan-saat-interview---EKRUT.jpg

    Careers

    Contoh jawaban kelemahan dan kelebihan saat interview kerja

    Maria Yuniar

    29 September 2022
    5 min read
    pertanyaan-interview-ux-researcher-EKRUT.jpg

    Careers

    8 Pertanyaan interview untuk UX Researcher

    Nur Rosita Dewi

    29 September 2022
    5 min read

    Video