Published on

Technology

Pengguna Internet Indonesia habiskan 5,5 jam per hari dengan ponsel

Maria Yuniar

ipad-820272__340.jpg

Berdasarkan sebuah penelitian dari Digital GFK Asia, perempuan Indonesia setidaknya menghabiskan waktu selama 5,6 jam per hari saat mengutak-utik layar gawai mereka. Regional Director Digital GFK Asia, Karthik Ventkatakrishnan, menyampaikan bahwa perempuan Indonesia membuka sekitar 45 aplikasi atau alamat situs per hari.

Sementara itu pria Indonesia, setidaknya menghabiskan waktu selama 5,4 jam sehari dan membuka sekitar 47 aplikasi atau alamat situs. Rata-rata orang Indonesia menghabiskan waktu dengan gawainya selama 5,5 jam sehari dan membuka 46 aplikasi dan alamat situs.

Dalam riset itu dijelaskan bahwa kegiatan pengguna memang tak selalu online. Aktivitas seperti mengirim pesan, mencatat sesuatu, dan membuka kalendar mungkin saja dilakukan. Namun, yang pasti, semua aktivitas itu dilakukan dengan gadget.

 

Akses melalui smartphone

Penelitian yang dilakukan GFK adalah hasil observasi lima wilayah di Indonesia, yaitu DKI Jakarta, Bodetabek, Bandung, Surabaya, dan Semarang, pada periode Oktober-November 2015. Hasilnya, mayoritas orang mengakses Internet rata-rata berusia di atas 13 tahun dan menggunakan smartphone

Jumlah orang yang memakai smartphone mencapai 93 persen dari populasi pengguna Internet. Jumlah ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan penggunaan tablet dan komputer desktop. Pengguna tablet tercatat lima persen, sedangkan pemakai desktop mencapai 11 persen. Cerminan hal itu berdampak pada jumlah penjualan smartphone yang pada rentang waktu tersebut mencapai 33 juta unit.

 

Smartphone dan kota besar

Pertanyaannya, kenapa orang Indonesia punya kelekatan sedemikian erat dengan ponsel pintar? Gawai terlihat sudah menjadi oase di tengah padatnya aktivitas orang-orang di kota besar. 

Saat berada di transportasi umum atau antrean belanjaan, misalnya, para pengguna gawai dapat menyisihkan waktu untuk membaca e-book atau berita, membuka aplikasi hiburan, menonton film, bermain game, mendengarkan musik, atau bahkan hanya berkirim pesan dengan teman. 

 

Ragam konten

Penelitian yang dirilis GFK menemukan variasi topik dan konten yang diakses berdasarkan usia. Pengguna di kelompok usia 13-22 tahun, misalnya, lebih suka berita hiburan, hobi, lalu fashion, dan kecantikan. Sementara kelompok usia 23-32 tahun cenderung menyukai topik bisnis dan ekonomi, traveling, serta hobi. 

Selanjutnya, kelompok usia 33-42 tahun ditemukan lebih banyak mengonsumsi topik sosial dan religi. Sementara itu, kelompok usia di atasnya, 43-52 tahun, cenderung mengutamakan topik religi. Barulah setelah itu mereka beralih pada topik lain seperti sains dan teknologi, politik, edukasi, serta sosial. 

"Di sini terlihat bahwa semakin tua usia seseorang, maka akan beralih ke topik yang lebih berat dan serius. Misalnya, religi," ujar Karthik.

Apakah Anda salah satu pengguna smartphone yang mengakses Internet lebih dari lima jam sehari?

 

Sumber:
kompas.com
tribunnews.com

Tags

Share

Artikel Terkait

H1_10_Merk_Laptop_Terbaik_Lengkap_dengan_Spesifikasi_dan_Daftar_Harganya.jpg

Technology

10 Merk Laptop Terbaik Lengkap dengan Spesifikasi dan Daftar Harganya

Sartika Nuralifah

11 May 2022
5 min read
H1_Rakit_PC.jpg

Technology

8 Rekomendasi Jasa Rakit PC Beserta Daftar Harganya 2022

Algonz D.B. Raharja

27 April 2022
5 min read
H1_Jaringan_Komputer.jpg

Technology

Mengenal Jaringan Komputer Mulai dari Tujuan, Cara Kerja, dan 4 Jenisnya

Algonz D.B. Raharja

27 April 2022
5 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh Deskripsi Diri Sendiri yang Profesional dan Menarik HRD

Maria Tri Handayani

07 April 2022
6 min read
02

Jadwal FYP TikTok 2022: Pelajari dan Terapkan Tren Terbaru Agar Kontenmu Ramai!

Nurina Ulfah

04 April 2022
5 min read
03

5 Cara Cek Nomor Smartfren Sendiri dengan Cepat dan Mudah 2022

Algonz D.B. Raharja

27 April 2022
5 min read
04

Tips Menyampaikan Kata-Kata Perpisahan Kerja yang Berkesan

Maria Tri Handayani

07 April 2022
5 min read
05

12 Jenis Strategi Pemasaran yang Paling Efektif Beserta Contohnya

Tsalis Annisa

07 April 2022
5 min read