Published on

Careers

Begini cara lakukan penilaian kinerja karyawan di saat pandemi

Maria Tri Handayani

penilaian-kinerja-karyawan---EKRUT.jpg

Penilaian kinerja karyawan memang penting dalam pertumbuhan perusahaan. Dengan melakukan tahapan ini perusahaan bisa merancang strategi yang tepat untuk meningkatkan produktivitas perusahaan. 

Namun, di tengah situasi penuh ketidakpastian dan masih adanya pemberlakuan sistem kerja remote atau work from home akibat pandemi beberapa orang bingung dan mempertanyakan, apakah hal ini masih perlu diterapkan?

Pendapat praktisi HR 

penilaian kinerja karyawan - EKRUT
Beberapa orang merasa penilaian kinerja karyawan tidak perlu dilakukan saat kondisi pandemi seperti ini - EKRUT

Pendapat beberapa praktisi HR terbagi akan hal ini.Beberapa orang menganggap penilaian kinerja karyawan tidak perlu dilakukan di tengah pandemi karena beberapa alasan, seperti:

  • Pada beberapa perusahaan penilaian kinerja erat kaitannya dengan kenaikan gaji, sementara situasi di tengah ketidakpastian saat ini tidak memungkinkan untuk itu.
  • Sebagian menganggap waktu ini tidak tepat untuk menilai kinerja karyawan karena situasi saat ini menghadapkan mereka pada lingkungan yang berbeda. 
  • Kinerja karyawan jelas akan mengalami penurunan ketika berada di bawah tekanan, termasuk tekanan karena situasi pandemi seperti sekarang.

Sementara, beberapa praktisi HR lain menganggap bahwa rutinitas ini tetap perlu dipertahankan karena beberapa pertimbangan: 

  • Banyak karyawan telah kehilangan umpan balik yang nyata karena kurangnya akses langsung ke manajer akibat kebijakan work from home. Padahal umpan balik adalah salah satu faktor yang dapat mendukung motivasi karyawan. 
  • Proses penilaian kinerja karyawan memberikan gambaran bahwa perusahaan tetap sehat dan peduli pada masa depan karyawannya.
  • Ini waktu yang tepat untuk melihat dan mengevaluasi performa karyawan, serta  menilai arah perusahaan di kemudian hari agar dapat menentukan standar kerja yang tepat. 

Lantas apa yang harus dilakukan perusahaan?

Semua tentu kembali pada pilihan dan prioritas perusahaan kamu masing-masing.Meski begitu beberapa praktisi HR mengatakan bahwa sekalipun penilaian kinerja karyawan tetap dilakukan, perlu adanya penyesuaian dalam strategi penilaian kinerja karyawan di tengah masa pandemi ini. 

Baca juga: Ketahui tujuan dan metode evaluasi kinerja karyawan yang efektif

Jadi, bagaimana cara penilaian kinerja karyawan di masa pandemi?

penilaian kinerja karyawan - EKRUT
Pastikan menyesuaikan kembali metrik penilaian kinerja karyawan saat pandemi - EKRUT

Terdapat beberapa hal yang bisa kamu jadikan pertimbangan dalam merancang strategi penilaian kinerja karyawan di masa pandemi ini, antara lain:

1. Pikirkan tujuan penilaian kinerja karyawan 

Langkah awal yang harus kamu pertimbangkan adalah memikirkan alasan mengapa kamu perlu melakukan penilaian kinerja karyawan tersebut terutama di tengah situasi pandemi seperti ini.

Alih-alih menggunakan penilaian kinerja sebagai cara untuk mengurangi karyawan berkinerja buruk, akan lebih baik untuk melihat tapahan ini sebagai cara untuk mendorong kemajuan karyawan dan memperkuat budaya organisasi. 

Pikirkan apa yang ingin kamu capai dengan evaluasi tersebut lalu diskusikan dengan atasan dan kolega tentang tujuan jangka pendek dan panjang perusahaan.
Komunikasikan pula hal ini pada karyawan sebagai bagian dari penilaian kinerja tersebut. 

2. Pertimbangkan metrik penilaian 

Di sebagian besar perusahaan, target yang ditetapkan tahun lalu atau sebelum krisis Covid-19 mungkin tidak akan lagi relevan dan sudah berubah. Tentu tidak akan adil bila kamu menilai karyawan masih dengan berpacu pada tujuan perusahaan di saat pra pandemi itu. 

Itu sebabnya cobalah cek kembali metrik seperti apa yang akan kamu lihat melalui penilaian kinerja tersebut. Sesuaikan dengan target baru yang dimiliki perusahaan saat ini. 

Mark Mortensen, profesor bidang perilaku organisasi di ISEAD berpendapat bahwa daripada berfokus pada aspek transaksional kinerja, kamu bisa menggunakan penilaian kinerja untuk melihat empati, ketahanan, dan kapasitas karyawan dalam beradaptasi selama periode yang menantang ini. 

3. Hindari sistem rating atau peringkat 

Di tengah situasi yang menantang saat ini, akan sangat sulit untuk memberi peringkat atau rating pada kinerja karyawan secara objektif. 

Sebagai gantinya, akan lebih baik bila kamu menciptakan sistem yang lebih fleksibel untuk melakukan penilaian kinerja karyawan seperti dengan cara melakukan penilaian secara naratif. 

Berikanlah ulasan dan gambaran spesifik tentang apa yang telah dilakukan karyawan dengan baik dan di bagian mana mereka bisa memperbaiki diri. 

Baca juga: 7 Faktor yang memengaruhi kinerja karyawan

4. Minta karyawan untuk evaluasi performa diri 

Cara lain melakukan penilaian kinerja karyawan remote di masa pandemi ini adalah meminta karyawan untuk melakukan self assessment. 

Dengan cara ini manajer akan mendapat wawasan tentang bagaimana karyawan mempersepsikan nilai mereka pada perusahaan dan bagaimana keinginan mereka untuk berkembang. 

Meminta karyawan untuk melakukan self assessment juga menjadi kesempatan bagi manajer untuk belajar memberi motivasi yang tepat bagi karyawan. 

5. Kumpulkan berbagai persepektif 

Untuk mendapatkan tinjauan menyeluruh, manajer dapat secara aktif meminta umpan balik dan perspektif rekan kerja yang dapat membantu penilaian kinerja karyawan. 

Dalam kaitannya dengan perubahan sistem kerja di masa pandemi misalnya, kamu dapat mengajukan beberapa pertanyaan berikut saat mengumpulkan perspektif rekan kerja karyawan:

  • Apakah karyawan tersebut efektif dalam berkomunikasi saat work from home? 
  • Apakah mereka responsif ketika dibutuhkan?
  • Pernahkah kamu melihat peningkatan atau penurunan kinerja mereka sejak penerapan sistem wfh?

6. Lakukan pendekatan dengan empati 

Saat melakukan penilaian kinerja karyawan terkadang manajer dan karyawan dihadapkan pada percakapan untuk membahas evaluasi kerja hingga harapan untuk mereka. 

Gunakan kesempatan ini dengan pendekatan empati. Manajer harus menyadari bahwa tidak semua orang berada dalam situasi yang sama.Kita tidak pernah tahu situasi yang mempengaruhi kinerja mereka selama situasi pandemi ini.

Karena itu bila ada anggota tim tidak memberikan performa maksimal, cobalah mencari tahu apa yang sedang mereka alami. Dengan begitu kamu pun bisa memberi saran dan masukan yang tepat bagi karyawan untuk memperbaiki diri..

7. Beri pengakuan 

Di sisi lain, tetap penting bagi manajer untuk  memberi pengakuan bagi karyawan yang telah memberi kinerja terbaik mereka. 

Tunjukkan penghargaan kepada mereka yang telah bekerja keras, terlibat, berkomitmen dan menawarkan dukungan pada sesama karyawan. Pujian akan sangat berarti bagi ketenangan pikiran pekerja kamu di masa-masa ini . 

Itulah beberapa pertimbangan yang bisa kamu gunakan bila perusahaan tetap memutuskan untuk melakukan penilaian kinerja karyawan di masa pandemi ini. Rancanglah semua dengan tepat agar penilaian kinerja yang dilakukan tetap sesuai dengan tujuannya diadakan. 

penilaian kinerja karyawan - EKRUT

Sumber: 

  • shrm.org
  • hbr.org
  • fastcompany.com

Tags

Share