Published on

Careers

Cara menulis rekomendasi di LinkedIn agar lebih profesional

Nelson Simbolon

menulis_rekomendasi_linkedin.jpg

Di Indonesia, media sosial bernama LinkedIn memang tidak sepopuler Facebook, Instagram ataupun Twitter. LinkedIn, merupakan jejaring sosial khusus yang dirancang berbeda dari yang lainnya dan cenderung digunakan untuk kalangan profesional atau pekerja. 

Di sini kamu bisa memaparkan keahlian agar perusahaan lebih mudah untuk melakukan proses rekrutmen. Salah satu bagian di LinkedIn yang membuat profil kita tampak profesional adalah rekomendasi. 

Nah, untuk kamu yang masih bingung mau nulis apa untuk merekomendasikan rekan kerja, berikut EKRUT Media berikan tutorial penulisan yang bisa jadi rujukan.

Cara menulis rekomendasi di LinkedIn 

cara menulis rekomendasi LinkedIn - EKRUT
Jelaskan peran orang yang akan kamu berikan rekomendasi di LinkedIn - EKRUT

Agar terlihat lebih profesional, pastikan kamu memperhatikan beberapa tips ini sebelum menulis rekomendasi untuk rekan kerja di LinkedIn

1. Jelaskan hubungan profesional kedua pihak

Langkah awal ini mungkin terlihat serius, tetapi sebenarnya cukup mudah dilakukan dalam konteks sebagai kalimat pembuka.

Memulai menulis rekomendasi di Linkedin dengan menjelaskan hubungan kedua pihak tentu lebih terlihat meyakinkan dan profesional. Untuk lebih meyakinkan dan dapat dibaca oleh semua orang dari berbagai negara, maka sebaiknya tulislah dalam Bahasa Inggris.

Contoh:  I've worked alongside Ezra for close to three years now. 

2. Berikan penjelasan detail mengenai posisi orang yang diberikan rekomendasi

Cara menulis rekomendasi di LinkedIn yang harus kamu perhatikan lainnya adalah menjelaskan mengenai lingkup dan kelebihan orang tersebut dengan detail dan menarik.
Kamu dapat memberi rekomendasi tentang bagaimana orang tersebut menjalankan pekerjaannya dalam satu posisi. Atau kamu juga bisa menuilskan tentang bagaimana rekan kerjamu tersebut dapat menangani berbagai jenis pekerjaan tertentu.

Contoh: In those three years, I was particularly impressed by Ezra's ability not only at the core elements of his job like copywriting and editing but also other tasks that extend well beyond the scope of his role, like event planning, email marketing and even championing our company's internal communications. 

3. Jelaskan bagaimana dia berkembang dalam perusahaan

Rekomendasi di LinkedIn bertujuan untuk menjelaskan kelebihan dari orang yang diberikan rekomendasi tersebut. Jadi, sebaiknya kamu perlu menuliskan perkembangan dan prestasi dari si penerima rekomendasi ini ketika kalian berada dalam suatu perusahaan.

Misalnya kamu bisa menambahkan bagaimana responnya dalam menghadapi masalah hingga mencapai kesuksesan dalam kolom rekomendasi.

Contoh: Ezra has grown as quickly as our business has, and his willingness to learn and take on these new responsibilities is something to be desired in any professional.

4. Jelaskan perannya dalam membantu mengembangkan tim atau perusahaan

Kamu bisa menjelaskan bagaimana performa rekan kerjamu dalam mencapai sasaran dan mendemonstrasikan kontribusi dan berbagai kendala yang ditemui. Hal ini akan menambah nilai tambah karena biasanya perusahaan lebih percaya dengan pekerja yang punya relasi baik di kantor sebelumnya.

Contoh: Ezra's mastery for both his core role and the projects that extend beyond it, has been critical to the company's growth. In fact, his taking on internal company communication aligned with a sharp increase in employee happiness.

5. Jelaskan prestasi dan pencapaiannya

Dengan menjelaskan secara spesifik mengenai prestasi dan pencapaian saat kerja bersama, secara tidak langsung kamu membantu profile LinkedIn temanmu menjadi lebih terpercaya.

Bagaimana tidak? Prestasi dan pencapaian merupakan salah satu penilaian penting sebagai bukti bahwa rekan kerjamu memiliki rekam jejak yang bagus.

Contoh: This rare mix of productivity and ambition sets a great example for the rest of the team and explains why everyone loves working with Ezra-- no matter where they fall on the org chart. 

6. Tambahkan catatan mengenai aspek kerja personal

Dalam hal ini, buatlah penjelasan mengenai perasaan kamu ketika bekerja sama dengan orang tersebut dan harapanmu terhadap karirnya atau membuat semacam prediksi mengenai masa depannya. Di sini akan membuat penutup sekaligus poin plus bagi rekruter agar menilai perspektif personal.

Contoh: While Ezra's work has continued to pay dividends long past his tenure here, I certainly miss working with his every day. I have only optimistic predictions for his career trajectory.

Baca juga: 6 Cara membangun personal branding di LinkedIn

Contoh template penulisan rekomendasi di LinkedIn 

cara menuliskan rekomendasi di LinkedIn - EKRUT
Kamu bisa membuka rekomendasi dengan kalimat yang menarik perhatian - EKRUT

Agar kamu semakin mendapat gambaran yang jelas, berikut beberapa contoh template penulisan rekomendasi di LinkedIn yang bisa kamu perhatikan. 

"[Nama] is a [sebutkan sifat atau kemampuan unik yang membedakannya dari orang lain]. I had the pleasure of working with [nama] [sebutkan nama perusahaan dan waktu berapa lama kamu telah bekerja sama dengan orang tersebut]. During that time [tambahkan detail pendukung yang mengonfirmasi hubungan kamu, serta tunjukkan pengaruh orang tersebut pada dirimu/organisasi]. These [beri ringkasan tentang keterampilan dan kemampuan dari orang tersebut], would make [nama] a great asset to any organization."

" [Berikan kata atau frasa yang menggambarkan keunikan orang tersebut] is the phrase that comes to mind when I think about [nama]. I've had the pleasure of knowing [nama] for [lama waktu pengalaman bekerja sama], during which [ jelaskan hubungan profesional]. Above all, I was impressed with [nama]'s ability to [deskripsikan hal yang membuat orang tersebut unggul]. And, of course, his/her [sebut salah satu kepribadian yang menarik dari orang tersebut]. [Nama] would be a true asset for any position requiring [sebut 1 atau 2 skills yang dibutuhkan untuk posisi tersebut] and comes with my heartfelt recommendation."

"[Nama] is my favorite [jabatan]! She is always available to help us when needed, she strives for excellence and is a valuable team player. Her strongest qualities are [sebutkan salah satu keunggulan skill yang dimiliki orang tersebut], which were very helpful to the project we worked on together.
She has the ability to work on multiple tasks and still be focused and deliver quality work. I can easily say she is one of the best in her field.”

" [Nama] is the best at [sebutkan skill yang dimiliki orang tersebut]. He is well organized, diligent, and a fast learner. All these attributes were critical when trying to [sebut salah satu pekerjaan atau pencapaian orang tersebut], which involves reaching out to a lot of people. Being a fast learner helped him understand the market fit and quickly choose the right path to success. It was a pleasure to work with [nama]

Nah, setelah mengetahui cara menulis rekomendasi LinkedIn, kamu bisa mulai saling memberi rekomendasi dengan rekan kerja kamu di LinkedIn. Dengan mendapatkan rekomendasi dan memoles LinkedIn agar tampak semakin profesional, maka peluang kamu dilirik oleh perusahaan pun akan terbuka lebar. 

cara menulis rekomendasi LinkedIn - EKRUT
Last update: 10 Mei 2020

Source :

  • themuse.com
  • business.tutsplus.com
  • blog.hubspot.com
  • www.linkedjetpack.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_mrp_adalah.jpg

    Careers

    Mengenal MRP (Material Requirements Planning), dari Definisi hingga Tahapannya

    Alvina Vivian

    15 August 2022
    6 min read
    h1_system.jpg

    Careers

    System Administrator: Pengertian, Tanggung Jawab, dan Skill yang Harus Dimilikinya

    Tio Derma

    15 August 2022
    7 min read
    H1-30_Contoh_Kalimat_Aktif_dan_Pasif_beserta_Jenis_dan_Ciri-cirinya.jpg

    Careers

    30 Contoh Kalimat Aktif dan Pasif beserta Jenis dan Ciri-cirinya

    Lita Lia

    15 August 2022
    8 min read

    Video