Published on

Technology

Perang Apple dan Samsung usai, benarkah?

Widyanto Gunadi

apple-932128__340.jpg

Apple dan Samsung memang berseteru soal hak paten sejak lama. Akan tetapi, mulai ada titik terang. Pasalnya setelah tujuh tahun terlibat “perang” soal hak paten, kedua belah pihak sepertinya akan menemukan mencapai jalan tengah. Benarkah demikian? Berikut ini ulasannya untuk Anda! 

 

Perang hak paten 

Semua persoalan hak paten antara Apple dan Samsung bermula pada tahun 2011. Kala itu, produsen iPhone menuntut US$ 1 miliar kepada Samsung. Pihak yang terkena tuntutan tersebut secara langsung, adalah produsen lini produk Galaxy S dan Note. Selanjutnya, karena pihak Samsung tak bisa menerima tuntutan itu, diajukanlah banding. Pihak Apple pun tak mau mengalah. Akibatnya, terjadi perseteruan hak paten di antara keduanya selama tujuh lain.

 

Nilai tuntutan berkurang 

Samsung dituntut karena diduga mengambil hak paten teknis, dan desain iPhone tanpa seizin mereka. Salah satu contoh faktor teknis yang dicaplok Samsung, menurut Apple, adalah fitur zoom pada ponsel dengan menekan layar. Selanjutnya, dari hasil persidangan di bulan Mei 2018 lalu, hakim memutuskan untuk mengurangi nilai tuntutan menjadi US$ 539 juta. 

 

Apple puas dengan putusan pengadilan

Apple pun bergembira mendengar putusan akhir pengadilan tersebut. Pasalnya, kasus ini tidak hanya persoalan uang. Hal ini berkaitan erat dengan hak milik intelektual pihak Apple. Mereka mengakui bahwa Apple selalu berusaha memberikan inovasi baru pada produknya, sementara Samsung hanya meniru saja. Dengan begitu, kasus gugatan Apple yang telah bergulir selama tujuh tahun pun resmi ditutup.

 

Kasus paten lain diajukan 

Setelah mendengar putusan pengadilan, Samsung pun tak lantas diam. Mereka juga mengajukan tuntutan pada Apple atas kasus hak paten lain. Samsung menuntut Apple untuk membayar US$ 145 juta, atau sekitar Rp 2 triliun. Dengan begini, kasus tuntutan Apple yang bergulir selama tujuh tahun usai sudah, dan digantikan masalah baru.  

Michael Risch, seorang profesor hukum paten dari Universitas Villanova berpendapat, dalam kedua kasus ini tak ada pemenang yang jelas. Kedua pihak sama-sama telah mengeluarkan banyak uang untuk proses hukum. Berapakah angka akhir yang disepakati kedua belah pihak? Tunggu saja keputusan akhir hakim selanjutnya, ya! 

Sumber:
kompas.com
liputan6.com
medcom.id
 

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    10_Laptop_Terjangkau_Untuk_Desain_Grafis_Terbaik_Tahun_2022.jpg

    Technology

    10 Laptop Terjangkau untuk Desain Grafis Terbaik Tahun 2022

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    10 August 2022
    7 min read
    Cara_Refresh_Laptop_yang_Tepat_agar_Tidak_Lemot-2022.jpg

    Technology

    Cara Refresh Laptop yang Tepat agar Tidak Lemot (2022)

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    21 June 2022
    5 min read
    H1_Artificial_Intelligence.jpg

    Technology

    Artificial Intelligence (AI): Definisi, Cara Kerja, dan Contohnya

    Natasya Primatyassari

    14 June 2022
    5 min read

    Video