Media

Perbedaan langkah dalam mengembangkan produk internal dan eksternal
By Tsalis Annisa - 22 February 2019
3 min read 209 Views
Q:

Apakah langkah yang dilakukan untuk mengembangkan sebuah produk internal berbeda dengan pengembangan produk eksternal? Kalau iya, langkah apa saja yang dilakukan, dan bagaimana cara mengukur metrik kesuksesan untuk produk internal?

 
A:

Ada beberapa perbedaan, misalnya saja pada Validation Step. Untuk produk eksternal, langkah validasinya mungkin akan lebih hati-hati dibandingkan dengan produk internal. Di mana produk eksternal perlu melalui serangkaian proses sepeti design validation, whitelisting atau rollout ke populasi spesifik secara ketat sebelum diluncurkan ke semua populasi. Sedangkan untuk produk internal mungkin akan lebih memerlukan requirement gathering dan eksekusi change management atau perubahan manajemen yang jelas.

Guna mengukur metrik kesuksesan produk internal dapat diukur dari beberapa faktor, misalnya seperti SLA, cost-saving, maupun peningkatan produktivitas dari pengguna produk internal tersebut.

winahyu anggoro tokopedia - EKRUT
Winahyu Anggoro

Head of Product at Tokopedia

About the expert

Winahyu Anggoro adalah Head of Product Tokopedia. Ia merupakan lulusan Universitas Indonesia, dan memiliki pengalaman sekitar 8 tahun di bidang IT. Sebelum berada di posisinya sekarang, Winahyu Anggoro bergabung dengan Tokopedia sebagai Product Owner.

Tags:

  • produk
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang