Careers

Perlonggar persyaratan kerja perusahaanmu demi dapatkan kandidat yang sesuai

Published on
Min read
4 min read
time-icon
Maria Yuniar

Experienced Content Editor with a demonstrated history of working in the information technology and services industry. Skilled in News Writing, Headline Writing, Breaking News, Editing, and Feature Writing. Strong media and communication professional with a Graduate focused in Applied English Linguistics from Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

business-2584721__340.jpg

Perusahaan yang kesulitan menemukan kandidat yang pas, pasti akan menghadapi tantangan untuk berkembang. Tentu saja, ada biaya rekrutmen yang harus dipikirkan. Oleh karena itu, saat ini 32 persen perusahaan mewarkan berbagai benefit bagi kandidat. Mulai dari tunjangan tambahan, asuransi, hingga dana tambahan. Sementara itu, ada juga perusahaan yang memberikan kelonggaran dalam persyaratan rekrutmen, demi mendapatkan kandidat

70% pekerjaan tak butuh sarjana

Data dari lembaga riset pasar tenaga kerja, Burning Glass Technologies, seperti dikutip Wall Street Journal mengungkapkan, pada semester pertama 2018, hanya ada 30 persen jabatan pekerjaan yang membutuhkan gelar sarjana. Angka tersebut lebih kecil dari tahun 2012, yang sebesar 32 persen.

Sementara itu pada 2018, hanya ada 23 persen pekerjaan yang membutuhkan pengalaman bekerja tiga tahun atau lebih dari kandidat. Angka tersebut menurun dari angka pada tahun 2012 sebesar 29 persen. Mungkin penurunan persentase-persentase tersebut tak terlihat besar. Namun pada kenyataannya, penurunan persentase tersebut mewakili 1,2 juta pekerjaan.

Bank mulai lirik kandidat tanpa gelar 

Bank of America, misalnya, saat ini memiliki 7.500 peluang pekerjaan di seluruh dunia. Namun, hanya kurang dari 10 persen di antaranya yang memerlukan gelar sarjana. Antara lain untuk posisi teller bank dan layanan pelanggan. 

Bank tersebut juga berencana untuk mempekerjakan 10 ribu orang dari masyarakat berpenghasilan rendah dan menengah selama lima tahun ke depan, tanpa memandang gelar sarjana.

Dukung kontribusi perempuan pekerja

Melonggarkan persyaratan perekrutan pekerjaan juga dapat memberikan kesempatan untuk mencari kandidat yang berbakat, tapi belum terekspos. IBM dan GitHub misalnya, kini sedang mempekerjakan kandidat dari pelatihan-pelatihan. Mereka memang tidak memiliki pengalaman bekerja di perusahaan bergengsi, tapi keterampilan dan semangatnya tidak perlu diragukan.

Selain itu, berkurangan persyaratan untuk suatu posisi pekerjaan ternyata dapat menunjang peran perempuan dalam pekerjaan. Penelitian menunjukkan, pria akan melamar pekerjaan, meski hanya memenuhi 60 persen persyaratan. Sebaliknnya, perempuan tak akan melamar pekerjaan, sebelum memenuhi seratus persen persyaratannya.

Oleh karena itu, kebijakan perusahaan dalam melonggarkan persyaratan, akan memberikan peluang lebih pada kandidat perempuan yang berbakat. Yang perlu diingat, melonggarkan persyaratan bukan berarti menurunkan standar rekrutmen, lho! Sebab, meski kandidatmu belum memiliki pengalaman kerja yang mumpuni, selalu ada ruang untuk mengembangkan diri dan belajar. 

 

Sumber:
linkedin.com
 

0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1.jpg

    Careers

    Contoh Motivation Letter yang Profesional Beserta Panduan Membuatnya

    Felixitas Yolanda

    06 December 2022
    5 min read
    Assessment_adalah_Pengertian__tujuan__dan_12_jenis_untuk_rekrutmen.jpg

    Careers

    Assessment adalah: Tujuan, Fungsi, dan Persiapan untuk Menghadapinya

    Nur Lella Junaedi

    03 November 2022
    6 min read
    susah-mendapatkan-kandidat-EKRUT.jpg

    Careers

    Ini sebabnya kamu sulit mendapatkan kandidat terbaik

    Widyanto Gunadi

    06 October 2022
    4 min read

    Video