Published on

Technology

Pilihan cara pembayaran di zaman digital, sudah coba semua?

Widyanto Gunadi

digital_payment.jpg

Banyak orang yang saat ini tak lagi terbiasa membawa uang tunai dalam jumlah banyak. Apakah Anda salah satunya? Oleh karena itu, pilihan pembayaran dalam bertransaksi pun makin beragam. Ada berbagai opsi yang tersedia. Hal ini pun mengubah kebiasaan masyarakat saat melakukan transaksi. Selain kenyamanan dan keamanan, Anda akan memperoleh akses yang lebih luas dan akhirnya menekan biaya. Apa saja sih metode pembayaran yang ada di zaman digital ini? Simak ulasan berikut ini untuk Anda. 

 

Kartu berbentuk fisik

Memiliki kartu fisik itu nyaman, aman, dan memberi akses ke dana Anda melalui ATM . Anda pun dapat menggunakannya langsung untuk melakukan pembayaran. Sebagian besar dari kita mungkin sudah memiliki kartu debit yang terhubung ke rekening bank. Masyarakat juga telah familiar dengan penggunaan kartu kredit dalam transaksi sehari-hari.

 

Perangkat seluler 

Anda memiliki ponsel pintar yang siaga selama 24 jam setiap harinya. Jika ponsel ini dapat menjadi alat komunikasi sekaligus menggantikan fungsi dompet, pasti sangat menarik ya! Dengan teknologi near field communication (NFC), Anda bisa melakukan maupun menerima pembayaran dari aplikasi yang terpasang di smartphone Anda. NFC sebenarnya bukan teknologi baru. 

Sekarang, ada teknologi serupa, yaitu Apple Pay. Melalui Apple Pay, Anda bisa melakukan pembayaran menggunakan kartu debit maupun kredit, dengan sekedar membawa ponsel di dekat terminal pembayaran. Meski menjanjikan kemudahan, Apple Pay dikritik karena dinilai kurang aman. Teknologi ini bisa digunakan via iPhone, yang memiliki pemindai sidik jari. Namun sayangnya, sidik jari ini belum terhubung pada kartu pembayaran pelanggan, melainkan hanya ke akun Apple Pay. 

 

On-chain payments

Aplikasi seperti Venmo maupun Paypal memang memberikan kemudahan. Namun, keduanya tetap bergantung pada pihak ketiga untuk melakukan verifikasi, serta pengiriman uang secara tepat waktu. Oleh karena itu, TenX hadir dengan jaringan COMIT. TenX sendiri merupakan sistem pembayaran dengan token. Sistem ini memanfaatkan platform blockchain Ethereum. 

Jika diilustrasikan, TenX adalah sebuah dompet digital, sekaligus kartu fisik yang bisa Anda gunakan untuk bertransaksi dengan cryptocurrency.  Bahkan, Anda bisa memakainya untuk toko yang tidak menerima pembayaran dengan cryptocurrency sekalipun. Anda dapat mengakses cara pembayaran ini melalui Android, iOS, serta website.

Melalui penjelasan tersebut, Anda kini memiliki gambaran mengenai kemajuan cara bertransaksi di era digital, bukan? Bagaimana pendapat Anda? 

 

Rekomendasi bacaan:
6 aplikasi penunjang ibadah Anda di bulan Ramadan
Blockchain jamin keamanan pemilu, Indonesia sudah siap?
Mirip XBMC lama, Kodi bantu Anda kelola foto dan video

 

Sumber:
hackernoon.com
digination.id
kompas.com
coinsmarketcap.net
dobrebitcoin.com
 

Tags

Share