Published on

Technology

Playable Ads, fitur Facebook untuk coba game

Maria Yuniar

twitter-292989__340.jpg

Pengguna Facebook kini dapat memainkan mobile game tanpa harus keluar dari laman mereka, melalui sebuah fitur baru. Oleh Facebook, fitur ini diberi nama Playable Ads.

Pengguna Facebook juga dapat mencoba beragam permainan tanpa perlu mengunduhnya terlebih dahulu. Jika biasanya iklan permainan di Facebook muncul dalam bentuk video, kini media promosinya hadir dalam format yang lebih interaktif. 

 

Game versi demo

Saat menjumpai  Playable Ads, pengguna hanya perlu meng-klik, menunggu proses loading sebentar, lalu mulai memainkan versi demo dari permainan tersebut. Selanjutnya, pengguna akan dibawa langsung ke laman permainan itu di Apple App Store atau Google Playstore.

 

Keuntungan dan penghematan

Facebook menjelaskan, pengembang permainan seperti Rovio yang membesarkan Angry Birds dan Bagelcode, game developer di balik permainan Casino, telah mendapatkan keuntungan dari fitur ini.

Keuntungan yang diperoleh Bagelcode dari Playable Ads meningkat sebesar 3,2 kali dari pengeluaran untuk iklan di Android dan 1,4 kali dari belanja iklan di iOS. 

Sementara itu, Rovio mencatatkan penghematan pengeluaran untuk setiap pengguna hingga 40 persen dengan fitur ini. Berkat Playable Ads, mereka juga mengalami kenaikan trafik iklan sebesar 70 persen.

 

Ikuti perkembangan mobile game

VP of Global Gaming di Facebook, Rich Kelly menyebut inisiatif yang hadir melalui fitur tersebut memang dibutuhkan. Sebab, industri mobile game semakin hari semakin besar. Oleh karena itu, game developer membutuhkan cara yang lebih efektif untuk menjangkau dan menarik lebih banyak audiens, ketimbang hanya menggarap konsep permainan yang keren.

 

Monetisasi game

Melalui Playable Ads, Facebook juga mengumumkan peluncuran fitur terbaru untuk mengoptimalkan monetisasi pernjualan permainan lewat iklan. Fitur ini memungkinkan pengembang permainan untuk menargetkan pengguna yang lebih relevan untuk produk-produk permainan mereka.

Bagaimana pendapatmu soal fitur Playable Ads di Facebook? Apakah kamu menyukainya?

 

 

Sumber:
mashable.com
dailysocial.com
engadget.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Firebase.jpg

    Technology

    Firebase: Definisi, Fungsi, Fitur, Serta Kelebihan dan Kekurangannya

    Algonz D.B. Raharja

    15 August 2022
    5 min read
    H1_aplikasi_video_call.jpg

    Technology

    17 Pilihan Aplikasi Video Call Terbaik [2022]

    Alvina Vivian

    15 August 2022
    8 min read
    H1_aplikasi_untuk_membuat_animasi.jpg

    Technology

    10 Rekomendasi Aplikasi Pembuat Video Animasi [2022]

    Alvina Vivian

    11 August 2022
    8 min read

    Video