Media

Plus minus bahasa pemrograman Java, apa saja ya?
By Maria Yuniar - 26 September 2018
4 min read 203 Views

Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang umum digunakan oleh pengembang untuk merancang aplikasi. Salah satu pengguna terbesar Java adalah pengembang aplikasi Android. Di samping itu, Java juga diaplikasikan oleh Kotlin, Scala, Clojure, Groovy, JRuby, dan Jython. (Baca juga: Bahasa pemrograman Go ternyata tak serumit C atau Java)

Bahasa pemrograman Java juga akrab dengan bidang akademik dan sains. Buktinya, Java seringkali digunakan sebagai alat bantu untuk membuat produk akhir pada skripsi atau tugas akhir dengan topik seputar kecerdasan buatan, data mining, aplikasi seluler, dan sebagainya. Namun seperti halnya programming language lain, Java pun memiliki kelemahan dan kelebihan. Apa saja ya kelemahan dan kelebihan tersebut?

 

Kelemahan Java

Sebagai sebuah bahasa pemrograman, Java juga memiliki batasan-batasan. Misalnya, Java mudah didekompilasi. Dekompilasi merupakan sebuah proses membalikkan kode menjadi kode sumbernya. Kode akhir Java merupakan bytecode dengan atribut bahasa tingkat tinggi. (Baca juga: 3 bahasa pemrograman terpopuler tahun ini)

Selain itu, Java juga memakan memori yang cukup banyak dibandingkan C/C++ dan Pascal (Delphi dan Object Pascal). Hal ini jelas merugikan bagi pengguna komputer dengan waktu pakai yang sudah lama.

Terakhir, Java juga membutuhkan waktu untuk kompilasi sebelum dijalankan. Proses ini berbeda dengan bahasa pemrograman Python yang tidak perlu menjalankan proses compiling.


Sumber: makeameme.org

 

Kelebihan Java

Di samping kekurangannya, Java juga memiliki banyak kelebihan yang membuatnya diminati banyak pengembang. Misalnya, Java bisa diaplikasikan pada beberapa sistem operasi. Karena itu, programmer hanya perlu menulis sebuah program Java, lalu mengkompilasikannya menjadi bahasa mesin.

Selain itu, Java  memiliki Object Oriented Programming. Dengan begitu, semua aspek yang ada pada Java merupakan obyek. Segala tipe data yang diturunkan dari kelas dasar disebut Object dan memudahkan para pemrogram untuk membuat, mendesain, mengembangkan, dan memeriksa kesalahan dengan cepat.

Dibanding bahasa pemrograman yang lain, Java juga memiliki pustaka yang lengkap. Pustaka ini tentu akan memudahkan pemrogram untuk membangun aplikasi.

Dengan segala kelebihan dan kekurangan Java, bahasa pemrograman ini masih diminati oleh para pengembang karena penggunaannya yang simpel. Alhasil, Java masih menjadi bahasa pemrograman yang paling diminati berdasarkan TIOBE Index.

Baru-baru ini, beredar pula kabar bahwa Java akan merilis versi terbarunya yang bernama Java 11. Menurutmu, apakah Java 11 akan tetap bisa mengungguli bahasa pemrograman lainnya?

 

Rekomendasi bacaan:
Kenapa sih karyawan biasanya benci HRD?
Saat karyawan komplain, ini yang harus dilakukan HRD
Siapkan resolusi sebelum tahun baru, ini alasannya!

 

Sumber:
garudacyber.co.id
codepolitan.com
teknojournal.com
mastekno.com

Tags:

  • Java
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang