Media

Rencana marketing seperti apa sih, yang paling jitu?
By Maria Yuniar - 18 September 2018
6 min read 420 Views
Q:
Hai! Saat ini, tren sulit untuk diprediksi. Nah, rencana pemasaran apa yang paling jitu untuk bisa winning campaign?

Terima kasih
 
Dinda Seniwati
 
A:

Saat ini, marketers memiliki lebih banyak tantangan dan pilihan dari sebelumnya mengenai bagaimana dan di mana, untuk mempromosikan produk dan layanan. Selain itu juga banyak faktor eksternal yang dapat menentukan kampanye untuk sukses, seperti situasi pasar dan tren yang berubah lebih cepat dari rencana.

Untuk itu, pebisnis dan marketers terus belajar lebih keras untuk melihat cara promosi yang efektif, apa yang berjalan dengan baik dan apa yang tidak bekerja dengan baik, baik itu di konvensional maupun di digital.

Meskipun tidak ada satu formula pasti untuk menciptakan kampanye marketing terpadu yang sukses atau menjadi pemenang di dalam kampanye, ada langkah-langkah yang dapat diambil oleh bisnis dan marketers untuk memaksimalkannya:

 

Pahami target audiens Anda

Penting untuk mengidentifikasi dengan jelas siapa target audiens Anda dengan demografi dan psikografis (sikap, minat dan perilaku). Ini membantu mengembangkan pesan-pesan kunci dan mengidentifikasi saluran komunikasi terbaik untuk menjangkau mereka.

Tanyakan pada diri Anda, atau tim marketing Anda: "Siapa target Anda? Apa motivasi mereka? Bagaimana mereka suka berkomunikasi? Koran atau majalah mana yang mereka baca dan situs mana yang mereka kunjungi secara teratur? Saluran mana yang mereka gunakan? Dan jika mereka menggunakan media sosial, apa yang mereka bicarakan? Semua pertanyaan ini perlu dijawab sebelum mengembangkan strategi marketing terpadu Anda.

 

Pilih channel Anda

Tidak semua orang menggunakan Facebook, atau membaca majalah. Selain bertanya, "Channel mana yang digunakan pelanggan saya?" tanyakan pada diri Anda, "Apa saja kekuatan dan kelemahan channel atau media ini? Bagaimana mereka akan membantu saya mencapai tujuan bisnis saya?". Jadilah kejam dalam memilih (dan menolak saluran). Lebih baik berkonsentrasi pada channel yang lebih efektif daripada berusaha berada di mana saja sepanjang waktu.

 

Konten dan visual yang konsisten, dapat diadaptasi di berbagai saluran media

Pastikan identitas visual Anda konsisten. Identitas visual akan memiliki peranan penting dari logo Anda. Seseorang yang membaca e-newsletter, brosur, billboard ataupun seluruh promosi komunikasi Anda harus melihat koneksi visual langsung ketika mengunjungi situs web/aplikasi. setiap konten yang Anda kembangkan, baik itu blog, studi kasus atau video, seharusnya dapat digunakan di berbagai tempat.

Kuncinya di tiga C dalam mengkomunikasikan pesan Anda, yaitu Communication harus dengan menggunakan Bahasa yang jelas/tidak membingungkan, Compelling yaitu membuat pesan tersebut menarik untuk penerima/audiens, dan Consistent di mana pun pesan Anda ditampilkan (website, toko, iklan, dll).

 

Pastikan pesan Anda terintegrasi

Pastikan setiap elemen dari kampanye pemasaran Anda disiapkan untuk mengarahkan lalu lintas ke target akhir Anda, apakah target Anda adalah situs web (untuk pembelian, reservasi, berlangganan buletin email, langganan RSS blog, dll.) atau jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter. Sertakan tautan tujuan akhir Anda di dalam siaran pers dan di beberapa materi marketing Anda. Selain itu, pastikan untuk menggunakan kata kunci dan frasa yang sama di seluruh kampanye pemasaran terpadu Anda.

 

Jangan lupa untuk tracking kegiatan marketing Anda

Aspek terpenting dari setiap kampanye adalah terus menganalisa hal-hal yang terjadi untuk mencapai konversi atau memberikan hasil, khususnya bagi marketers yang ingin mendorong penjualan, maka menggunakan platform tracking di dalam digital akan membantu Anda untuk melihat kampanye mana yang memiliki performa terbaik dari sudut pandang ROI.

Terakhir, selalu ada faktor "X" yang tidak dapat kita tentukan untuk membuat kampanye hebat menjadi viral dan menjadi winning campaign, tetapi sebuah akhir kampanye yang sukses tidak hanya ditentukan oleh viral atau tidak tetapi yang paling penting adalah ketika Anda dapat memberikan pesan Anda kepada orang yang tepat dengan cara yang benar dan anggaran efektif untuk mempromosikan bisnis atau produk Anda.

Diga Simorangkir

GM Marketing of BBM

About the expert

Diga Simorangkir saat ini bekerja sebagai GM Marketing di BBM, dengan pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang teknologi, digital dan marketing baik di perusahaan dalam dan luar negeri. Diga lulusan jurusan Computer, Information Sciences and Support Services dari Universitas Gunadarma.

Tags: BBM, marketing, pemasaran

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang