Published on

Technology

Router adalah: Fungsi, cara kerja, bedanya dengan modem, dan 6 jenisnya

Algonz D.B. Raharja

router_adalah.jpg

Internet merupakan kebutuhan yang cukup penting di era teknologi saat ini. Keberadaan dan ketersediaan internet dapat menunjang komunikasi hingga dunia kerja. Dan tentu beberapa dari kita tak asing lagi dengan apa yang disebut “router” bukan? Ya, router adalah perangkat yang mendukung jaringan internet dengan membagikan koneksi internet ke perangkat lain. Tapi, apa sih sebenarnya router itu? Mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: 4 Cara update Windows 10 paling mudah dan cepat

Apa itu router?

Apa itu router?
Router dapat mempermudah akses internet yang bersumber pada modem maupun jaringan lain kepada setiap perangkat tersambung. (Sumber: Pexels)

Sebagai permulaan, router secara mendasar memiliki data tabel lokasi dari alamat internet protocol (IP) yang dapat berkomunikasi dengan router lain untuk mencari jalur terbaik agar sebuah paket internet dapat mencapai tujuan kecepatan jaringan tertentu.

Secara umum, router dapat didefinisikan sebagai perangkat jaringan internet fisik atau virtual yang dirancang untuk menerima, menganalisis, dan meneruskan paket data antar jaringan komputer. Router melakukan aktivitas ini dengan memeriksa alamat IP tujuan dari paket data internet yang diberikan dengan menggunakan tabel header dan lantas pengalihan dilakukan untuk transfer paket internet kepada perangkat-perangkat yang tersedia.

Dilansir Cloudflare.com, router juga dapat diartikan sebagai perangkat yang menghubungkan dua atau lebih jaringan atau sub-jaringan paket data berseling. Dalam artian lain, router melayani pengelolaan lalu lintas antar jaringan dengan meneruskan paket data ke alamat IP yang dituju. Setelahnya, router memungkinkan beberapa perangkat untuk menggunakan koneksi internet yang sama. 

Fungsi router

Fungsi router
Router berfungsi pula sebagai transmisi informasi dari jaringan ke berbagai perangkat sebagai networking bridge (Sumber: Pexels)

Seperti yang telah disebut di atas, router secara umum berfungsi untuk mengelola lalu lintas jaringan dan membagikan koneksi internet ke beberapa perangkat lain. Router juga berfungsi untuk menganalisis atau mengubah apa pun dengan melakukan transfer data. Analisis yang dilakukan router akan membuatnya mampu memodifikasi data internet lalu membagikannya ke jaringan lain. Hal ini memungkinkan adanya jaringan tunggal antar beberapa perangkat.

Adapun fungsi-fungsi lain dari router adalah sebagai berikut,

1. Menghubungkan jaringan

Secara khusus, fungsi router adalah untuk menghubungkan beberapa jaringan internet kepada satu atau lebih perangkat. Hal ini dilakukan agar users dapat melakukan pembagian paket data internet antar jaringan. Proses ini berlangsung dengan adanya distribusi alamat IP kepada setiap perangkat dalam jaringan tertentu. Umumnya, alamat IP jaringan internet ini dapat dilihat dalam perangkat Wi Fi dengan dua jenis yaitu statis dan Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP).

2. Mentransmisikan informasi

Router juga berfungsi untuk melakukan transmisi informasi dari suatu jaringan ke jaringan lain. Hal ini dilakukan dengan pola networking bridge atau menjembatani jaringan internet agar data dari suatu jaringan dapat dipakai oleh jaringan lain. Hal ini memungkinkan router untuk membuat lalu lintas internet mandiri meski berasal dari jaringan utama yang sama. 

3. Menghubungkan jaringan ke DSL

Menghubungkan jaringan ke DSL
Router menghubungkan jaringan DSL untuk memperluas jangkauan internet di suatu tempat (Sumber: Pexels)

Selain transmisi informasi, router juga dapat menghubungkan suatu jaringan lokal dengan koneksi digital subscriber line (DSL). Fungsi yang umum disebut dengan DSL router ini memungkinkan penggunaan router untuk tidak terpaku dalam pemakaian kabel local area network (LAN) dan dapat membagikan jaringan internet secara nirkabel.

Baca Juga: Coding adalah: Pengertian, manfaat, dan cara mulai belajar coding

4. Packet filtering

Router juga dapat berfungsi untuk menyaring paket data internet yang beroperasi pada suatu jaringan. Hal ini dilakukan dengan menggunakan aturan penyaringan untuk filtrasi paket melalui alamat IP, opsi IP, port Transmission Control Protocol (TCP) dan User Datagram Protocol (UDP), serta penggunaan jenis pesan ICMP (Internet Control Message Protocol). Proses filtrasi ini akan menunjang kinerja jaringan internet serta mencegah adanya broadcast storm yang memperlambat jaringan internet.

5. Peripherals and file sharing

Router juga berfungsi untuk memungkinkan user dalam berbagi sumber daya jaringan internet kepada perangkat-perangkat tertentu seperti printer, faximile, scanner, dan pelbagai layanan penyimpanan berkas dalam suatu kantor. Administrator jaringan dapat mengatur semua perangkat tadi dengan router untuk dapat digunakan oleh seluruh organisasi dengan berbasis jaringan internet. Fungsi ini dapat menghemat biaya pengadaan mesin cetak dengan mengalihkan pada sistem terpusat melalui jaringan internet lewat router.

Baca Juga: Hosting adalah: Kenali pengertian, fungsi, 5 jenis web hosting

Apa bedanya router dengan modem?

Apa bedanya router dengan modem?
Router dan modem memiliki perbedaan berdasarkan fungsi dan cara kerjanya (Sumber: Pexels)

Beberapa penyedia layanan internet umumnya menggabungkan router dan modem dalam satu perangkat. Meski begitu beberapa penyedia layanan internet lainnya memisahkan kedua perangkat ini karena keduanya memiliki peran berbeda dalam penghubungan jaringan internet. 

Router membentuk jaringan dan mengelola aliran data di dalam dan di antara suatu jaringan. Di sisi lain, modem menjalin koneksi ke internet dengan mengubah sinyal dari penyedia layanan internet menjadi sinyal digital yang dapat ditafsirkan oleh perangkat-perangkat pengguna. 

Satu perangkat miliki user dapat terhubung ke modem untuk mendapatkan jaringan internet. Namun, router dapat membantu distribusi sinyal digital pada modem ke beberapa perangkat di dalam jaringan dan memungkinkan semua perangkat dapat terhubung ke internet secara bersamaan. 

Hal ini dimisalkan seperti Si A memiliki router, tetapi tidak memiliki modem. Si A akan dapat membuat jaringan local area network dan mengirim data antar perangkat di jaringan itu. Namun, Si A tidak akan dapat menghubungkan jaringan itu ke internet. Di sisi lain, Si B memiliki modem tetapi tidak memiliki router. Si B akan dapat menghubungkan satu perangkat ke internet, tetapi tidak dapat mendistribusikan koneksi internet itu ke beberapa perangkat.

Jika Si A dan Si B melakukan sinergi dan menggabungkan router dan modem miliknya masing-masing, maka si A dan si B dapat berbagi jaringan internet untuk beberapa perangkat mereka secara luas.

Baca Juga: Domain adalah: Kenali fungsi, cara Membuat, 5 tipe beserta daftar harganya

Cara kerja router

cara kerja router
Contoh cara kerja router membagikan internet dari modem (Sumber: Javatpoint.com)

Menurut Cisco ,cara kerja router adalah memandu dan mengarahkan jaringan data. Router melakukannya dengan menggunakan paket yang berisi berbagai jenis data seperti berkas, komunikasi, dan transmisi sederhana seperti interaksi web

Paket data ini memiliki beberapa lapisan atau bagian, salah satunya membawa informasi pengenal seperti pengirim, tipe data, ukuran, dan alamat IP tujuan. Router membaca tiap lapisan ini lalu memprioritaskan data ,dan lalu memilih rute terbaik yang akan digunakan untuk setiap transmisi. 

Secara khusus, router bekerja sebagai pengontrol lalu lintas jaringan internet. Router memandu pengarahan paket data ke dalam alamat IP yang akan dituju dengan efektif dan efisien untuk tiap tujuan unik dari paket data tersebut. Router membaca header paket data untuk menentukan ke mana ia akan pergi. Selanjutnya, router berkonsultasi dengan tabel routing untuk mencari tahu jalur paling efisien ke tujuan tersebut. Lantas, router pun meneruskan paket data ke jaringan berikutnya melalui jalur tersebut.

Dalam proses komunikasi dengan perangkat lain dan internet, router membutuhkan modem baik itu modem kabel, serat (fiber), atau digital subscriber line ( DSL). Sebagian besar router memiliki beberapa port untuk menghubungkan perangkat yang berbeda ke internet secara bersamaan. Hal ini dibantu oleh tabel routing untuk lantas menentukan ke mana router harus mengirim data dan dari mana lalu lintas internet datang.

6 Jenis router

6 Jenis router
Router hardware adalah jenis paling umum dari router yang digunakan di berbagai tempat (Sumber: Pexels)

Jenis router dibedakan berdasarkan bentuk dan konfigurasinya. Adapun jenis-jenis router dalam membentuk jaringan internet adalah sebagai berikut,

1. Router aplikasi

Router jenis aplikasi ini merupakan router yang dapat diunduh lewat sistem operasi perangkat komputer seperti Windows, Mac OS, atau Linux. Router jenis ini dapat dipakai sebagai aplikasi terunduh dalam suatu perangkat dan penggunaannya tergantung pada perangkat yang tersedia. Router jenis ini masuk ke dalam tipe router berdasarkan bentuknya.

2. Router hardware

Berdasarkan bentuknya, router hardware merupakan router berbentuk perangkat keras yang  bertugas membagikan alamat IP kepada setiap jaringan internet yang tersambung. Router jenis ini cukup mudah dijumpai karena paling umum dipakai, beberapa contoh router jenis ini adalah Mikrotik dan Cisco.

3. Router PC

Sama halnya dengan router aplikasi, router jenis PC adalah router yang diunduh lewat perangkat personal computer (PC) dan digunakan sebagai router. Jenis router berdasarkan bentuknya ini dapat diunduh dan digunakan lewat komputer dengan prosesor minimal Intel Pentium 2.

4. Static router

Router statis merupakan jenis router berdasarkan konfigurasinya. Router jenis ini dapat melakukan routing jaringan secara manual yang konfigurasinya dilakukan secara manual pula. Router statis umumnya diterapkan pada jaringan multi akses atau akses titik ke beberapa titik (multipoint). Router statis merupakan pengaturan paling sederhana dalam jaringan komputer karena adanya administrator yang mengisi tabel entri pada setiap router yang terhubung pada jaringan tersebut. Penggunaan router statis ini cocok untuk jaringan internet berskala kecil. 

5. Router dinamis

Router dinamis
Router Dinamis dapat dikelola secara otomatis dan mudah dikonfigurasikan dan cocok untuk internet skala besar (Sumber: Pexels)

Jenis router dinamis adalah router yang memiliki kemampuan untuk membuat tabel routing secara otomatis berdasarkan lalu lintas jaringan router yang terhubung. Hal ini dapat diartikan pula bahwa router dinamis dapat berubah, begitu pula dengan alamat IP-nya. Router dinamis mempelajari sendiri arah dari rute terbaik untuk meneruskan satu paket data dari suatu jaringan ke jaringan lainnya. Router jenis ini cocok untuk internet skala besar.

Berkebalikan dengan router istatis, router dinamis tidak digerakkan oleh administrator secara manual. Router dinamis dilakukan dengan protokol routing atau pengaturan secara otomatis sehingga dapat menunjang komunikasi satu perangkat dengan perangkat lain untuk saling memberikan informasi antar router. Otomatisasi ini membuat router dinamis dapat dikonfigurasikan dalam waktu cepat dan lebih aman jika ada jalur yang rusak.

6. Wireless router

Router nirkabel (wireless) adalah jenis router yang menawarkan konektivitas Wifi ke perangkat pengguna dengan berbasis pada jaringan internet dari Wifi tersebut. Router jenis ini juga dapat menyediakan routing ethernet standar untuk sejumlah sistem jaringan kabel. Router nirkabel mampu menghasilkan sinyal nirkabel di rumah dan kantor secara efektif dan menjangkau sejumlah perangkat. Router jenis ini dapat pula digunakan untuk router bisnis dengan memanfaatkan kinerja nirkabel dan kontrol konektivitas serta keamanan yang baik.

Baca Juga: Cara reset Windows 10 tanpa khawatir kehilangan data

Itulah tadi apa dan bagaimana cara kerja router dalam mendistribusikan jaringan kepada perangkat-perangkat komputer. Router secara umum akan menghubungkan beberapa jaringan dan menentukan sumber paket data dan tujuan paket data yang akan ditransmisikan kepada jaringan yang sama maupun berbeda. Melalui router inilah sebuah komputer akan dapat berhubungan dengan jaringan, baik lokal maupun jaringan luas.

sign up EKRUT

Sumber:

  • What is Router - javatpoint
  • How to Find Proxy Server Settings
  • What is a router? | Router definition

Tags

Share