Media

Saat karyawan komplain, ini yang harus dilakukan HRD
By Maria Yuniar - 26 September 2018
4 min read 174 Views

Setiap karyawan memiliki kehidupan yang berbeda-beda dan permasalahan masing-masing. Karena itu, sebagai bagian dari tim HRD, kamu perlu bersikap terbuka agar karyawan mau berbagi cerita.

Tak hanya mendengarkan cerita, kamu juga harus menawarkan solusi. Sebab dari komplain, isu, atau peristiwa tak menyenangkan yang dialami karyawan, HRD dapat melakukan analisis lebih lanjut demi kemajuan perusahaan. Dalam menangani keluhan karyawan, ada beberapa tips yang dapat kamu terapkan untuk memberikan penanganan yang tepat bagi mereka, antara lain.

 

Kenali karyawan

Kamu harus mengenali setiap karyawan dan cara kerja mereka di kantor. Dengan memantau dari jauh misalnya, kamu bisa melihat kebiasaan seorang manager saat mendelegasikan tugas kepada anggota timnya. Kamu pun dapat memperhatikan kebiasaan seorang staf yang hobi ke pantry. (Baca juga: 5 cara melamar kerja ini bisa bikin HRD terkesan)

 

Gali persoalan karyawan

Ketika seorang karyawan menyampaikan keluhan padamu, tanyakan kembali mengapa ia merasa seperti itu. Mengapa hal itu menjadi masalah baginya? Cari tahu kondisi yang sebenarnya.Misalnya, seorang karyawan berkata, “Manajer saya selalu mengawasi saya, hal itu membuat saya tak nyaman.” Setelah melakukan pengamatan, mungkin saja kamu menemukan fakta bahwa karyawan tersebut memang tak pernah melakukan tugasnya dengan teliti. Intinya, kamu tak akan pernah tahu apa yang sedang terjadi tanpa bertanya dan melakukan pengamatan langsung. (Baca juga: 8 hal dari kandidat yang disukai HRD)


Sumber: pinterest.com

 

Tawarkan bantuan

Terkadang, kepenatan bekerja di kantor dapat membuat seorang karyawan merasa jenuh dan frustasi. Karena itu, ia bercerita kepadamu hanya untuk melampiaskan energi negatifnya. Untuk itu, kamu perlu bertanya, “Apa yang bisa saya bantu?” (Baca juga: HRD harus bagaimana menghadapi "perang harga" kandidat?)

 

Bersikap terbuka

Penting bagimu untuk membuka pintu selebar-lebarnya bagi setiap karyawan untuk bercerita atau menyampaikan opini mereka. Karena, kamu bisa saja kehilangan informasi berharga yang justru menjadi penghambat kemajuan perusahaan selama ini jika mereka tidak bercerita.

 

Saring informasi

Tak semua kasus perlu kamu bicarakan dengan manager atau pimpinan karyawan tersebut. Dalam beberapa kasus, khususnya yang bersifat pribadi, karyawan akan merasa dikhianati karena ceritanya kamu bongkar. Namun, bila keluhan yang disampaikan bersifat pelecehan atau diskriminasi rasial, kamu harus membentuk tim untuk menyelidiknya.

Sesungguhnya, pekerjaan HRD lebih membutuhkan seni daripada sains. Sebab, kamu tak selalu dapat melakukan hal yang sempurna setiap saat, mengingat kamu juga berurusan dengan karyawan yang tidak sempurna. Mendengarkan dan meluangkan waktu untuk karyawanmu adalah kunci keberhasilanmu.

 

Rekomendasi bacaan:
Siapkan resolusi sebelum tahun baru, ini alasannya!
Bagaimana cara menyusun email penolakan bagi kandidat?
Dengan strategi konten dan SEO, website milikmu akan berkembang

 

Sumber:
thebalancecareers.com
gadjian.com
portalhr.com

Tags:

  • perusahaan
  • karyawan
  • HRD
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang