Published on

Expert's Corner

Security Engineer: Tugas dan Tanggung Jawab, Skill-set Beserta Kisaran Gajinya di Tahun 2022

Algonz D.B. Raharja

H1_Security_Engineer.jpg

Dalam dunia siber dan perkembangan teknologi informasi saat ini, peran Security Engineer menjadi cukup vital. Industri teknologi informasi menjadi roda penggerak yang kini diyakini menjadi tren industrialisasi baru dengan lebih modern. Namun, apa sih yang sebenarnya dimaksud dengan Security Engineer ini? Mari kita simak ulasannya berikut ini.

Definisi Security Engineer


Security Engineer berperan teknis dalam mengelola sistem keamanan informasi (Sumber: Pexels)

Dilansir dari Cyber Security Guide, Security Engineer diartikan sebagai peran teknis dalam sebuah perusahaan yang bertugas untuk menerapkan dan memantau protokol keamanan komputer dan jaringan dengan tujuan melindungi informasi sensitif dari peretasan atau pencurian data.

Security Engineer memiliki tanggung jawab sesuai ukuran perusahaan atau ukuran tim teknologi dan informasi dalam suatu perusahaan tertentu.

Secara umum, Security Engineer adalah insinyur teknik yang menjaga dan menjalankan sistem keamanan perusahaan. Security Engineer melibatkan penerapan dan pengujian fitur keamanan digital bagi data informasi perusahaan dengan berbagai cara. Beberapa cara atau strategi tersebut dapat berupa peningkatan komputer dan jaringan, pemecahan masalah, dan menanggapi insiden keamanan dengan cepat serta solutif.

Baca juga: Definisi Cyber Security? Cara Kerja, 4 Contoh Cyber Threats

Tugas dan tanggung jawab Security Engineer


Security Engineer memiliki tanggung jawab untuk mengidentifikasi masalah keamanan (Sumber: Pexels)

Seperti yang sudah tersirat di atas, seorang Security Engineer memiliki tugas dan tanggung jawab umum seperti menjaga stabilitas sirkulasi data atau informasi di sebuah perusahaan. Secara umum, Security Engineer memiliki beberapa tugas dan tanggung jawab seperti berikut.

1. Mengidentifikasi langkah keamanan dan respons

Salah satu tugas dan tanggung jawab utama seorang Security Engineer adalah mengidentifikasi langkah-langkah keamanan dan melakukan respons cepat terhadap insiden keamanan yang terjadi di sebuah perusahaan.

Seorang Security Engineer diharapkan tanggap terhadap insiden dan segera melakukan koordinasi dengan seluruh tim TI atau tim terkait. Hal ini dilakukan agar sistem keamanan dapat segera dibenahi dan dipahami secara holistik oleh seluruh anggota tim secara koordinatif.

2. Melakukan penilaian atau evaluasi dan audit

Security Engineer juga bertugas dan bertanggung jawab dalam proses penilaian, evaluasi, dan audit tingkat keamanan data atau informasi di sebuah perusahaan. Hal ini dilakukan demikian karena penyesuaian kapasitas dan kinerja seorang Security Engineer secara teknis.

Sebagai teknisi utama dalam keamanan informasi, Security Engineer diharapkan mampu berperan besar dalam hal menemukan kejanggalan atau kekurangan dari seluruh sistem keamanan informasi di sebuah perusahaan secara khusus.

3. Mengembangkan solusi teknis dan meneliti kerentanan

Seorang Security Engineer diharapkan mampu mengembangkan solusi teknis terkait keamanan informasi dan meneliti adanya potensi kerentanan atau potensi serangan/ancaman terhadap sistem keamanan tersebut. Hal ini dilakukan agar sistem keamanan dapat diproyeksikan bertahan lama dan siap dengan solusi tertentu jika sewaktu-waktu mendapat serangan tertentu. Hal terutama yang diharapkan dari seorang Security Engineer adalah proses otomatisasi peningkatan keamanan.

Baca juga: 6 Alasan Pentingnya Menjaga Keamanan Data Pribadi

Skill-set yang harus dimiliki seorang Security Engineer


Seorang Security Engineer diharapkan memiliki kemampuan mumpuni dalam bidang teknis dan coding (Sumber: Pexels)

Dilansir dari GitLab, seorang Security Engineer umumnya membangun kariernya dengan menjadi anggota tim keamanan dan seiring waktu dapat mengembangkan kemampuannya. Adapun beberapa kemampuan dan kapasitas yang harus dimiliki seorang Security Engineer sebagai berikut.

1. Kemampuan teknis

Kemampuan teknis seorang Security Engineer umum meliputi pengetahuan tentang security libraries, kontrol keamanan, dan penggunaan aplikasi Ruby serta Rails. Selain itu, Security Engineer juga dituntut mampu melakukan proses evaluasi dan pembetulan terhadap SQLi, XSS, CSRF, SSRF, dan kelemahan lain seperti otentikasi dan otorisasi keamanan.

Selanjutnya, Security Engineer juga harus mengetahui cara mencari kerentanan keamanan berbasis web seperti OWASP Top 10 dan lainnya. Pengetahuan lain yang diharapkan dari seorang Security Engineer adalah:

  • OAuth
  • SAML
  • CAs
  • OTP/TOTP
  • CSP
  • HSTS
  • XFO
  • Arachni
  • Brakeman
  • BurpSuite

2. Kemampuan pengodean

Menjadi Security Engineer berarti harus memiliki kemampuan coding atau pengodean secara umum terhadap sistem keamanan data informasi. Security Engineer dituntut aktif untuk mengidentifikasi dan mengurangi risiko keamanan lewat penemuan kode-kode rentan atau kedaluwarsa.

Selain itu, seorang Security Engineer juga harus memiliki pemahaman dan performa bagus dalam menulis kode. Kode dalam sistem keamanan diharapkan tidak hanya aman tetapi juga berskala ke sejumlah besar pengguna sistem tersebut secara menyeluruh.

Baca juga: Mengenal Kode OTP (One Time Password)

3. Kemampuan komunikasi

Tak kalah penting dari urusan teknis dan coding, kemampuan komunikasi juga harus dikuasai oleh seorang Security Engineer. Hal ini meliputi kepentingan konsultasi antara Pengembang (Developer) dan Product Manager dalam hal analisis, standardisasi, metode, dan arsitektur aplikasi keamanan di sebuah perusahaan.

Seorang Security Engineer juga dituntut dapat berkomunikasi dengan peneliti kerentanan untuk identifikasi kerentanan sistem. Tak hanya itu, untuk dapat membangun tim keamanan sistem informasi yang baik, maka dibutuhkan kemampuan untuk menjelaskan secara efektif dan efisien kepada anggota tim. Hal ini juga berlaku untuk komunikasi dengan pihak eksternal perihal teknis sistem keamanan.

Baca juga: 11 Skills yang Dibutuhkan Setiap Ahli Cybersecurity

Kisaran gaji Security Engineer di tahun 2022


Umumnya Security Engineer memiliki gaji tinggi seiring besarnya tanggung jawab yang dimiliki (Sumber: Pexels)

Untuk menjadi seorang Security Engineer, seseorang bisa diganjar dengan besaran gaji tertentu. Adapun besaran gaji bagi seorang Security Engineer atau IT Security Specialist menurut Indeed berkisar pada Rp10.346.063 per bulan untuk kawasan DKI Jakarta.

Nah, itulah tadi perihal Security Engineer yang perlu kamu ketahui dan besaran gajinya. Menarik, bukan?

Baca juga: Peran Penting Ethical Hacking dan Skills yang Dibutuhkan

Kini, kamu hanya perlu sesuaikan kemampuan dan kapasitasmu dengan beberapa syarat kemampuan yang dibutuhkan oleh profesi incaranmu. Jika kamu memerlukan informasi seputar karier, maka EKRUT bisa menjadi rujukanmu.

Tak hanya itu, EKRUT juga membuka potensi kesempatan kerja bagi para pencari kerja. Kamu hanya perlu menyiapkan CV terbaikmu lalu mendaftar lewat EKRUT dengan klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan berbagai kesempatan kerja dari berbagai perusahaan bonafide di Indonesia.

Sumber:

  • cybersecurityguide.org
  • coursera.org
  • id.indeed.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cover_(1).jpg

    Technology

    10 Rekomendasi Software Animasi 3D Terbaik di Tahun 2022

    Detty Risetya

    06 July 2022
    6 min read
    Apa_itu_Database-Berikut_Pengertian__Manfaat__Jenis_Serta_Fungsinya.jpg

    Technology

    Apa Itu Database? Berikut Pengertian, Manfaat, Jenis, serta Fungsinya

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    06 July 2022
    6 min read
    cover_(10).jpg

    Careers

    10 Tools Wajib yang Dikuasai DevOps Engineer [2022]

    Detty Risetya

    05 July 2022
    6 min read

    Video