Published on

Careers

Skill yang harus dikuasai dalam digital marketing

Maria Yuniar

computer-3406108__340.jpg

Saat ini digital marketing tak hanya dilakukan oleh para pebisnis online, tapi juga perusahaan-perusahaan besar lainnya. Digital marketing atau pemasaran digital adalah suatu bentuk cara mempromosikan dan memasarkan sebuah merek (brand) dengan menggunakan media digital melalui Internet.

Sebagai dampak dari meningkatnya dunia Internet dan teknologi, digital marketing menjadi strategi yang sangat populer dan efektif bagi hampir sebagian besar tim pemasaran di seluruh dunia. Apakah kamu bekerja di bidang digital marketing? Pelajari enam skill di bawah ini.

Kemampuan analisis

Keterampilan pertama yang harus dikuasai oleh digital marketer adalah kemampuan Analisa terhadap setiap aktivitas marketing yang dilakukan. Kamu diharapkan bisa menganalisa setiap kebutuhan, keinginan dan juga pembelian dari sebuah halaman website yang dimiliki perusahaan. Kamu pun harus bisa menentukan strategi untuk meningkatkan penjualan mereka. Selain itu, kamu akan diminta untuk memberikan prediksi kebutuhan perusahaan selama beberapa tahun ke depan.

Aktif di media sosial 

Apakah seorang digital marketer harus aktif di media sosial? Tentu saja. Sebab, medsos menjadi ranah kamu dalam berkreasi, mencari, mengumpulkan dan menjaring pelanggan.

Kamu bisa memanfaatkan Google+, SlideShare, maupun Pinterest. Sebagai seorang digital marketer, kamu bertugas menyiapkan strategi untuk meningkatkan performa bisnis perusahan. Oleh karena itu, jika menemukan medsos baru, sebaiknya kamu cepat mempelajari dan memanfaatkannya. Tentunya, keaktifan kamu di medsos harus diimbangi dengan kemampuan copywriting, untuk menunjang promosi brand.

Visualisasi data

Masyarakat lebih menyukai data berupa gambar dan grafik atau visual, dibandingkan yang disajikan dalam narasi tulisan saja. Jadi, belajarlah untuk melakukan visualisasi data dalam bentuk gambar, termasuk diagram dan grafik.

Kamu bisa memanfaatkannya untuk menjelaskan traffic website. Saat kunjungan ke website mengalami peningkatan, kamu pun bisa menyusun datanya dan menuangkannya secara visual. Hal ini berguna ketika kamu harus memberikan laporan maupun presentasi kepada atasan, investor, maupun para pengunjung website.

Baca juga: Anda product manager baru? Perhatikan 5 hal ini

Kemampuan teknis

Tak ada ruginya bagi kamu untuk mempelajari kemampuan teknis. Misalnya, teknis menulis coding secara sederhana. Skill ini akan membantu kamu dalam memproduksi video pemasaran.

Selain itu, kamu pun jadi mampu berkomunikasi lebih baik dengan tim IT perusahaan. Sebab, kamu dan tim IT bisa bertukar pikiran dan mencari strategi bersama untuk memenuhi keinginan pelanggan. 

Bekerja sama dalam tim

Strategi pemasaran senantiasa berkembang. Oleh karena itu, kamu harus mampu bekerja sama dalam tim. Tujuannya bukan hanya untuk meringankan pekerjaan, tapi juga mendapatkan pemikiran maupun ide yang membangun. Tentunya, masukan-masukan tersebut akan membantu kamu dalam melakukan branding. 

Soft skills

Selain membutuhkan keterampilan dalam melakukan analisis, visualisasi data, dan bekerja sama dalam tim, seorang digital marketer perlu mengasah soft skill. Apa saja yang termasuk soft skill? Cara berkomunikasi, ramah tamah, dan bersikap fleksibel kepada pelanggan maupun rekan kerja. Kamu dituntut bisa menyeimbangkan hard skill dan soft skill.  

Itu dia enam skill yang setidaknya penting untuk kamu pelajari sebagai digital marketer.  Bersiaplah untuk membuat gebrakan dalam branding, dengan menguasai sederetan skill tersebut.

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags

Share