Media

Sepenting apa sih, branding untuk perusahaan teknologi?
By Widyanto Gunadi - 31 May 2018
150 Views

Umumnya, seseorang tak akan mengingat sebuah merek atau brand jika tak ada kesan yang tercipta. Oleh karena itu, branding perlu dilakukan, terutama bagi Anda yang berencana atau sedang merintis sebuah perusahaan teknologi. Secara garis besar, branding merupakan upaya untuk membuat publik mengingat kesan dari barang atau jasa tertentu. 

Dalam bidang teknologi, sudah banyak perusahaan yang melakukan hal ini. Misalnya, Apple dengan logo buah apel yang tergigit. Kini, banyak orang yang dapat menjawab nama dari perusahaan atau produk keluaran Apple hanya dengan melihat logonya. Ada pula Nokia yang sudah lebih dahulu menggunakan nada dering khas dalam setiap ponsel keluarannya. Dilansir hackernoon.com, setidaknya ada tiga alasan pentingnya merek dalam bisnis di bidang teknologi.

 

Ikatan emosional

Peran suatu merek dalam masyarakat terus berkembang karena para konsumen selalu mencari merek yang selaras dengan nilai-nilai yang mereka anut dan membawa efek emosional. Lebih jauh lagi, di era penuh informasi ini, rata-rata konsumen terpapar sekitar 3.000 merek sehari. Mereka pun memiliki sikap yang selektif untuk memilih merek yang sesuai dengan kepribadian masing-masing.

 

Keunikan

Investor-investor besar dapat mendanai bisnis dengan merek yang telah terbukti kiprahnya. Misalnya, Facebook yang dapat menyalip Snapchat dengan mudah, Amazon yang masih memimpin situs belanja daring, dan perusahaan-perusahaan lain. Untuk itu, Anda perlu menemukan peluang bisnis baru dengan merek yang juga unik, agar bisa menelurkan produk popular, seperti halnya Facebook dan Amazon.

 

Membangun kesadaran konsumen

Tantangan terbesar untuk perusahaan rintisan saat ini adalah menumbuhkan kesadaran publik. Semua orang kini dapat memasarkan produk melalui Instagram dan mendistribusikannya melalui Amazon. Akan tetapi, kesadaran dan kesetiaan konsumen lah yang tak ternilai harganya.

Memang, pada dasarnya, investor besar tak terlalu memikirkan soal merek karena nilainya tak terlalu terukur. Akan tetapi, kisah sukses dari perusahaan rintisan Revolut dan Robinhood yang berhasil mencapai nilai miliaran dolar, menandakan bahwa merek memainkan peranan penting dalam pertumbuhan perusahaan.

Oleh karena itu, sebelum merintis sebuah bisnis di industri teknologi, ada baiknya Anda pikirkan merek yang bisa membawa dampak-dampak positif di atas.

 

Rekomendasi bacaan:
Pilihan cara pembayaran di zaman digital, sudah coba semua?
Ingin dapatkan mobile app terbaik? Ini tipsnya
Daya tarik startup baru sebagai tempat kerja

 

Sumber:
hackernoon.com

Tags:

  • Facebook
  • Nokia
  • Apple
  • perusahaan teknologi
  • branding
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang