Published on

jobs

4 Sertifikasi JavaScript untuk skill yang lebih teruji

Maria Tri Handayani

sertifikasi-JavaScript---EKRUT.jpg

JavaScript tidak hanya menjadi bahasa pemrograman yang populer dan banyak digunakan, tapi juga jadi salah satu skill yang banyak dicari di bidang IT. 

Itu sebabnya jika ingin membuka peluang kerja yang lebih baik sebagai developer, cobalah untuk terus  mengembangkan skill JavaScript agar kamu mampu menjadi kandidat dengan skill yang banyak dicari tersebut.

Kamu juga bisa mengambil sertifikasi sebagai salah satu cara menonjolkan skill JavaScript yang telah teruji untuk menarik perhatian recruiter. Misalnya, melalui beberapa sertifikasi JavaScript berikut ini. 

Microsoft Technology Associate (MTA) Exam 98-382: Introduction to Programming Using JavaScript

sertifikasi javascript - EKRUT
Sertifikasi JavaScript dari Microsoft dapat diikuti dalam tes berdurasi kurang dari satu jam - EKRUT

Untuk mendapatkan sertifikasi JavaSCript dari Microsoft kamu bisa mengikuti ujian Microsoft Technology Associate (MTA) 98-382: Introduction to Programming Using JavaScript. 

Ujian dengan 39 total pertanyaan dan durasi 45 menit tersebut akan menilai dan memverifikasi pengetahuan dan kemampuan kamu dalam beberapa hal, yaitu: 

  • Membaca, memahami dan menulis program JavaScript
  • Pengetahuan tentang tipe data JS, fungsi, kata kunci, metode, operator dan variabel. 
  • Kemampuan menerapkan dan menganalisis keputusan dan loop
  • Interaksi dengan DOM dan formulir HTML

Certified JavaScript Developer 

sertifikasi javascript - EKRUT
Kredibilitas sertifikasi dari International JavaScript Institute terjamin - EKRUT

Sertifikasi JavaScript lainnya yang dapat kamu ikuti adalah yang dikeluarkan oleh International JavaScript Instittue (IJSI). Dengan mendapatkan sertifikasi ini, maka kamu akan dianggap memiliki kemampuan yang teruji terutama dalam:

  • Prinsip umum pemrograman
  • Dasar-dasar JavaScript seperti syntax, struktur kontrol, tipe data, operators.
  • JavaScript arrays, fungsi dan koleksi yang diindeks
  • JavaScript  Web APIs
  • Pemrograman berorientasi objek, kelas dan objek berbasis prototipe
  • JavaScript di web browser, AJAX, DOM, Browser Object Model, grafik dan event handling

Program sertifikasi ini tidak hanya akan menilai kemampuan kamu dalam menggunakan JavaScript tersebut tapi juga menawarkan kamu kesempatan untuk mempelajari konsep lanjutan tentang bahasa pemrograman web yang populer tersebut.  

Itu sebabnya sertifikasi ini akan sangat bermanfaat bagi para developer JavaScript profesional yang juga ingin meningkatkan kemampuan  mereka. Perlu diketahui juga bahwa kredibilitas penilaian dan ujian sertifikasi JavaScript ini dijamin kredibilitasnya karena dipantau oleh para pengawas IJSI melalui video call

Baca juga: Mengenal sejarah JavaScript dan kelebihannya

The JavaScript Developer Certificate - W3Schools

sertifikasi javascript - EKRUT
Kamu bisa memilih pengawas saat mengikuti sertifikasi dari W3Schools - EKRUT

W3Schools merupakan salah satu platfom belajar teknologi website yang menawarkan sertifikasi JavaScript bagi para developer yang tertarik untuk mendapatkannya. 

Untuk mendapatkan sertifikasi ini, kamu harus mengikuti tes berdurasi sekitar 70 menit dengan pertanyaan yang didasarkan pada tutorial dan kuis JavaScript yang pada platform tersebut. 

Kamu pun bisa memilih pengawas sendiri untuk mencegah praktik curang saat ujian, misalnya guru, bos, atau programmer JavaScript berpengalaman lainnya. Nantinya nama dan gelar pengawas tersebut juga akan dicetak dalam sertifikat yang kamu dapatkan. 

CIW JavaScript Specialist 

sertifikasi javascript - EKRUT
Sertifikasi dari CIW cocok untuk diikuti oleh software dan web developer - EKRUT

Salah satu sertifikasi yang bisa kamu ambil lainnya adalah sertifikasi JavaScript dari CIW atau Certified Internet Web Professional,salah satu penyedia sertifikasi terkemuka di Amerika serikat. 

Sertifikasi spesialis JavaScript dari CIW ini akan menguji keahlian dalam beberapa hal, seperti: 

  • Berkomunikasi dengan user
  • Mengubah Document Object Model 
  • Mengontrol program flow
  • Mengubah HTML
  • Berkomunikasi dengan database
  • Menganimasikan gambar
  • Memvalidasi dokumen 
  • Menguasai alat dan teknik untuk debugging dan mengoreksi kode JavaScript, 
  • Aplikasi web interaktif lanjutan  dengan AJAX
  • Web APIs
  • JavaScript framework dan libraries 

Jenis sertifikasi ini cocok diikuti oleh kamu yang memiliki latar belakang sebagai software developer, web desainer, web developer, dan full-stack developer

Baca juga: 6 JavaScript charting library untuk visualisasi data

Selain beberapa sertifikasi di atas, kamu juga bisa menunjukkan skill JavaScript kamu yang teruji dengan mengikuti JavaScript Challenge EKRUT Contest yang akan diadakan pada 25 - 27 November 2020  nanti. 

EKRUT Contest

Sebab, dengan mengikuti JavaScript Challenge tersebut, kamu bisa mendapatkan badge khusus pada profil EKRUT kamu yang dapat menarik perhatian recruiter karena banyak perusahaan mencari kandidat dengan skill JavaScript yang telah teruji. 

Lagipula tidak hanya dapat membuktikan kemampuan, dengan mengikuti kompetisi ini kamu juga bisa berkesempatan merebut total hadiah senilai Rp2.500.000. Informasi lebih lengkap mengenai EKRUT Contest klik di sini

Meski sertifikasi JavaScript bukan merupakan kewajiban, tapi tidak ada salahnya kamu mengambilnya loh. Pasalnya, cara ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk menonjolkan skill kamu yang teruji di mata recruiter sehingga  kamu pun dapat membuka peluang kerja yang lebih baik lagi. 

EKRUT

Sumber:

  • hackr.io


 

Tags

Share