Published on

Technology

Siapkan staf ahli perusahaan untuk perangi serangan keamanan siber IoT

Widyanto Gunadi

serangan_siber_IoT.jpg

Pesatnya perkembangan teknologi membuat benda-benda tertentu kini memiliki koneksi Internet. Sebut saja, jam tangan, kulkas, dan televisi, yang kini dapat terhubung ke Internet. Ekosistem ini dikenal dengan sebutan Internet of Things (IoT).

Namun sayangnya, ekosistem IoT rupanya tidak terhindarkan dari ancaman para hacker. Perusahaan pembuat perangkat lunak antivirus, Kaspersky Lab, mengungkapkannya dalam sebuah hasil riset.

 

Ribuan malware

Dilansir dari suara.com, berdasarkan catatan Kaspersky ada lebih dari 7.000 malware yang menargetkan perangkat IoT. Diperkirakan, terdapat 6 miliar perangkat pintar yang digunakan di seluruh dunia saat ini.

Security expert Kaspersky Lab, Vladimir Kuskov mengungkapkan, persoalan keamanan perangkat pintar merupakan masalah yang serius dan harus diwaspadai. Sebab, malware IoT mengalami peningkatan besar dan menjadi ancaman nyata. 

 

Cegah ancaman

Serangan siber di IoT bisa menjadi ancaman serius bagi perusahaan Anda bekerja. Oleh karenanya, semua elemen perusahaan, termasuk eksekutif, manajer, dan karyawan, harus menyadari hal ini. Untuk itu, Anda dapat mencegah ancaman ini dengan melatih orang-orang di perusahaan dengan menyadarkan mereka perlunya memasang fitur keamanan tambahan. Misalnya dengan menggunakan aplikasi manajemen kata sandi.

Anda juga dapat melatih orang-orang di perusahaan dengan mendatangkan ahli di bidang keamanan teknologi. Hal ini diperlukan untuk menjelaskan pentingnya kewaspadaan terhadap ancaman di dunia siber, mengidentifikasi kebijakan dan prosedur keamanan yang sesuai, serta memetakan risiko yang dapat terjadi bila kebijakan tak berjalan dengan baik.

Dilansir techrepublic.com, satu-satunya cara untuk membuat setiap anggota organisasi benar-benar bertanggung jawab atas cybersecurity di usia IoT adalah dengan menciptakan tenaga kerja yang teredukasi dan terlatih dengan baik. Sebab, ketika IoT sudah menyerang, perusahaan tidak bisa bersikap reaktif terhadap ancaman keamanan siber karena risikonya terlalu tinggi.

Sejumlah cara lain yang bisa dilakukan untuk mencegah serangan IoT adalah dengan rutin memperbarui perangkat lunak, mengganti kata sandi secara berkala, dan mematikan koneksi Internet bila tak digunakan. Jadi, bentengi perusahaan Anda dan siapkan staf-staf terbaik untuk mengantisipasi serangan siber di IoT!

 

Sumber:
suara.com
techrepublic.com

Tags

Share

Artikel Terkait

H1.jpg

Technology

Kenali Apa Itu NFT, Aset Digital yang Sedang Booming di Tahun 2022

Anissa Trisdianty

27 May 2022
5 min read
H1_1._Mengenal_Rectangle_Tools__beserta_Fungsi_dan_Cara_Menggunakannya.jpg

Technology

23 Jenis Rectangle Tools beserta Fungsi dan Cara Menggunakannya

Anisa Sekarningrum

27 May 2022
5 min read
H1_Apa_itu_OneDrive.jpg

Technology

Apa itu OneDrive? Pengertian, Fungsi Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Natasya Primatyassari

27 May 2022
5 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh Deskripsi Diri Sendiri yang Profesional dan Menarik HRD

Maria Tri Handayani

07 April 2022
6 min read
02

Jadwal FYP TikTok 2022: Pelajari dan Terapkan Tren Terbaru Agar Kontenmu Ramai!

Nurina Ulfah

04 April 2022
5 min read
03

5 Cara Cek Nomor Smartfren Sendiri dengan Cepat dan Mudah 2022

Algonz D.B. Raharja

27 April 2022
5 min read
04

Tips Menyampaikan Kata-Kata Perpisahan Kerja yang Berkesan

Maria Tri Handayani

07 April 2022
5 min read
05

12 Jenis Strategi Pemasaran yang Paling Efektif Beserta Contohnya

Tsalis Annisa

07 April 2022
5 min read