Media

Siapkan staf ahli perusahaan untuk perangi serangan siber IoT
By Widyanto Gunadi - 23 May 2018
54 Views

Pesatnya perkembangan teknologi membuat benda-benda tertentu kini memiliki koneksi Internet. Sebut saja, jam tangan, kulkas, dan televisi, yang kini dapat terhubung ke Internet. Ekosistem ini dikenal dengan sebutan Internet of Things (IoT).

Namun sayangnya, ekosistem IoT rupanya tidak terhindarkan dari ancaman para hacker. Perusahaan pembuat perangkat lunak antivirus, Kaspersky Lab, mengungkapkannya dalam sebuah hasil riset.

 

Ribuan malware

Dilansir dari suara.com, berdasarkan catatan Kaspersky ada lebih dari 7.000 malware yang menargetkan perangkat IoT. Diperkirakan, terdapat 6 miliar perangkat pintar yang digunakan di seluruh dunia saat ini.

Security expert Kaspersky Lab, Vladimir Kuskov mengungkapkan, persoalan keamanan perangkat pintar merupakan masalah yang serius dan harus diwaspadai. Sebab, malware IoT mengalami peningkatan besar dan menjadi ancaman nyata. 

 

Cegah ancaman

Serangan siber di IoT bisa menjadi ancaman serius bagi perusahaan Anda bekerja. Oleh karenanya, semua elemen perusahaan, termasuk eksekutif, manajer, dan karyawan, harus menyadari hal ini. Untuk itu, Anda dapat mencegah ancaman ini dengan melatih orang-orang di perusahaan dengan menyadarkan mereka perlunya memasang fitur keamanan tambahan. Misalnya dengan menggunakan aplikasi manajemen kata sandi.

Anda juga dapat melatih orang-orang di perusahaan dengan mendatangkan ahli di bidang keamanan teknologi. Hal ini diperlukan untuk menjelaskan pentingnya kewaspadaan terhadap ancaman di dunia siber, mengidentifikasi kebijakan dan prosedur keamanan yang sesuai, serta memetakan risiko yang dapat terjadi bila kebijakan tak berjalan dengan baik.

Dilansir techrepublic.com, satu-satunya cara untuk membuat setiap anggota organisasi benar-benar bertanggung jawab atas cybersecurity di usia IoT adalah dengan menciptakan tenaga kerja yang teredukasi dan terlatih dengan baik. Sebab, ketika IoT sudah menyerang, perusahaan tidak bisa bersikap reaktif terhadap ancaman keamanan siber karena risikonya terlalu tinggi.

Sejumlah cara lain yang bisa dilakukan untuk mencegah serangan IoT adalah dengan rutin memperbarui perangkat lunak, mengganti kata sandi secara berkala, dan mematikan koneksi Internet bila tak digunakan. Jadi, bentengi perusahaan Anda dan siapkan staf-staf terbaik untuk mengantisipasi serangan siber di IoT!

 

Rekomendasi bacaan:
5 teknologi baru yang pengaruhi hidup Anda tahun 2030
6 tips eksplorasi AI untuk bisnis Anda
Promo-promo ini paling diminati selama Ramadan

 

Sumber:
suara.com
techrepublic.com

Tags:

  • Kaspersky
  • cyber security
  • serangan siber
  • Internet
  • Internet of Thing
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang