Published on

Technology

Mengenal smart city dan penerapannya di berbagai negara

Maria Tri Handayani

smart-city-adalah---EKRUT.jpg

Beberapa kota di berbagai negara mulai  mengadopsi dan menerapkan konsep smart city sebagai solusi dalam pertumbuhan populasi perkotaan. Namun, seberapa jauh kamu mengenal konsep dan penerapannya?

Apa itu smart city?

smart city adalah - EKRUT
Pengintegrasian teknologi dalam pengelolaan kota menjadi salah satu ciri smart city - EKRUT

Secara umum, smart city adalah kota yang menerapkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi operasional, berbagi informasi dengan publik dan meningkatkan kualitas layanan pemerintah dan kesejahteraan warganya.

Pada dasarnya tujuan smart city adalah untuk mengoptimalkan fungsi kota dan mendorong pertumbuhan ekonomi sambil meningkatkan kualitas hidup warganya dengan menggunakan teknologi pintar dan analisis data. 

Kenapa konsep smart city butuh diterapkan? 

smart city adalah - EKRUT
Pertumbuhan populasi dan urbanisasi jadi salah satu penyebab dibutuhkannya penerapan smart city - EKRUT

Populasi dunia terus bertumbuh dan urbanisasi terus meningkat. Peningkatan ini menyebabkan kepadatan di kota-kota besar di seluruh dunia. Akibatnya tantangan dalam pengelolaan kota pun semakin banyak. 

Untuk mengimbangi pertumbuhan penduduk tersebut, beberapa negara melihat kebutuhan akan keberlanjutan lingkungan serta sosial dan ekonomi butuh ditingkatkan, sehingga pengintegrasian teknologi dalam konsep smart city pun dianggap menjadi salah satu solusi yang diperlukan.

Penerapan konsep smart city sendiri dinilai mampu membantu mengatasi masalah perkotaan seperti kesehatan dan keamanan. Laporan McKinkey Global Institute (MGI) menyebutkan bahwa penerapan konsep smart city dapat meningkatkan beberapa indikator kualitas hidup utama seperti kesehatan dan keamanan 10 hingga 20 persen. 

Baca juga: Masa depan dunia digital di tangan AI dan big data

Bagaimana penerapan teknologi dalam smart city? 

smart city adalah - EKRUT
Contoh penerapan teknologi IoT pada smart city ada pada pengaturan lampu jalan secara cerdas atau smart lighting - EKRUT

Smart city menggunakan kombinasi perangkat Internet of Things (IoT), solusi perangkat lunak, antar muka pengguna (UI dan jaringan komunikasi. Namun teknologi yang disebut-sebut paling fundamental pada smart city adalah IoT. 

IoT sendiri adalah sistem perangkat komputasi yang saling terkait, mesin mekanik dan digital, objek, hewan, atau orang yang dilengkapi dengan pengidentifikasi unik dan kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi antar manusia atau manusia dan komputer.

Smart city memerlukan analitik big data agar dapat diterapkan pada sebuah kota. IoT kemudian akan menghasilkan kumpulan big data tersebut untuk kemudian dianalisis dan diproses demi diimplementasikan dalam berbagai layanan smart city.

Dengan IoT dan teknologi yang terhubung tersebut, smart city dapat meningkatkan kualitas, kinerja dan interaktivitas layanan perkotaan, mengoptimalkan sumber daya dan mengurangi biaya.

Beberapa contoh penerapan IoT dalam smart city seperti smart infrastructure (smart parking, smart lighting dan jalan yang terkoneksi), smart energy management, smart water management, smart waste management hingga smart city services.  

daftar EKRUT

Contoh kota yang menerapkan smart city

smart city adalah - EKRUT
Seoul adalah contoh kota yang menerapkan konsep smart city - EKRUT

Seperti yang dijelaskan di awal, beberapa negara mulai dan sudah menerapkan konsep smart city. Contoh beberapa kota yang telah menerapkan konsep smart city adalah sebagai berikut: 

1. Seoul 

Seoul menjadi smart city terbaik  ke-7 menurut IESCE Cities in Motion Index. Seoul telah menggabungkan data sinyal LTE dari operator seluler dan data publik pemerintahan kota untuk menghasilkan Daily Population Data yang bisa digunakan untuk berbagai bidang misalnya analisis distrik komersial, kegiatan pemasaran, kesejahteraan, transportasi dan berbagai kebijakan kota lain.

Pemerintah metropolitan Seoul juga telah mengambil langkah lebih lanjut untuk memasang 50.000 sensor pintar IoT yang tertanam di seluruh kota pada tahun 2020 untuk mengumpulkan data kehidupan kota termasuk polusi, tingkat kebisingan, lalu lintas, getaran, sinar UV dan lain sebagainya.

Kota ini juga mulai merencanakan konsep layanan parkir bersama yang menggunakan sensor IoT untuk memungkinkan waraganya memeriksa ketersediaan parkir umum.

2. Singapura 

Dengan reputasinya sebagai salah satu negara yang terdepan dalam hal teknologi, tak heran bila negara ini sudah menerapkan konsep smart city. 

Singapura mulai meluncurkan program Smart Nation pada tahun 2014 dengan melibatkan pemasangan sensor di sekitar kota untuk mengambil sejumlah besar informasi tentang apa yang dilakukan warga setiap hari. Dengan cara ini mereka dapat mengukur seberapa bersih suatu area hingga seberapa ramai suatu acara.

Singapura juga meluncurkan sistem transportasi bertajuk One Monitoring yakni portal komprehensif di mana warga dapat mengakses informasi lalu lintas yang dikumpulkan dari kamera pengintai yang di pasang di jalan dan taksi menggunakan GPS.

Selain itu ada pula Parking Guidance System yang dikeluarkan Singapura untuk memberi informasi real time kepada pengemudi tentang ketersediaan parkir, serta smart bins sebagai bagian dari program pengelolaan limbah cerdas mereka. 

3. Toronto

Kota di Kanada ini juga telah membuat langkah signifikan dalam mendukung penerapan smart city. Salah satu pencapaian Kanada dalam penerapan smart city ada pada tata pmerintah dan perencanaan kota yang kuat. 

Contohnya seperti menciptakan smart waterfront development dengan kerja sama antara agen pemerintah Kanada dengan perusahaan Sidewalk Labs.

4. New York 

Kota ini disebut-sebut sebagai salah satu smart city paling maju di dunia. Sebagai bagian dari rencana smart city, Departemen Perlindungan Kota New York menerapkan sistem Automated Meter Reading skala besar untuk mendapatkan gambaran lebih baik tentang konsumsi air warganya. 

Kota ini juga menggunakan tempat sampah pintar bertenaga surya yang dapat memantau tingkat sampah dan memastikan pengambilan sampah dijadwalkan secara teratur. 

Baca juga: Segala hal yang harus kamu tahu tentang revolusi industri 4.0

Bagaimana dengan Indonesia?

Beberapa kota di Indonesia juga telah mulai mencoba menerapkan konsep smart city dalam tata kelola perkotaan mereka. Contohnya seperti Surabaya, Jakarta, Bandung, Tangerang, Bekasi, Bogor dan Binjai. 

Meski demikian, besar harapan agar penerapan konsep smart city benar-benar dapat diintegrasikan di berbagai kota lainnya yang ada di Indonesia. Dengan begitu secara tidak langsung  taraf kualitas hidup warga perkotaan di Indonesia pun dapat membaik. 

smart city adalah - EKRUT
Last update: 2 May 2021

Sumber:

  • internetofthingsagenda.techtarget.com
  • computerworld.com
  • einfochips.com
  • technologymagazine.com
     

Tags

Share