Published on

startup

Startup punya segudang strategi buat mencegah karyawan resign

Widyanto Gunadi

startup_cegah_resign.jpg

Karyawan merupakan salah satu aset penting bagi perusahaan. Dengan adanya karyawan, maka roda usaha dapat berkembang dan bertumbuh pesat. Namun sebaliknya, tanpa adanya karyawan, maka usaha yang Anda jalankan bisa jadi hancur. 

Nah, bagaimana jika karyawan Anda mengajukan resign? Tentu Anda akan merasa kebingungan bukan? Ada berbagai strategi yang dilakukan perusahaan rintisan atau startup untuk mencegah karyawan resign. Anda juga bisa mempelajarinya, lho!

 

Keterbukaan 

Anda tentu tak menyangkal, komunikasi merupakan hal penting dalam suatu hubungan, baik itu personal maupun bisnis. Membangun komunikasi antara karyawan dan pimpinan juga merupakan hal yang krusial. Jangan sampai seorang pemimpin tidak dapat terbuka kepada karyawannya mengenai kondisi perusahaan. Ingat, karyawan juga manusia biasa yang mempunyai emosi dan perasaan.

Bicaralah baik-baik kepada mereka dan bangunlah komuikasi yang lebih intens. Jadilah seseorang yang bisa dipercaya, termasuk oleh karyawan. Buatlah karyawan merasa dapat berbagi mengenai masalah yang mungkin sedang dihadapi. Namun, Anda juga perlu memberikan batasan. Jangan sampai Anda terlalu mencampuri urusan pribadi mereka. Dengan cara seperti itu, maka biasanya karyawan akan lebih merasa dihargai.

 

Kepercayaan

Kepercayaan menjadi salah satu motivasi karyawan dalam bekerja. Karyawan mampu bekerja dengan baik, bahkan meningkatkan performa kerja, saat mendapt kepercayaan dari atasan. Pada akhirnya, perusahaan pasti akan berkembang.

Berikan juga informasi tentang perkembangan perusahaan, termasuk capaian dan target yang ada. Hal tersebut dapat membuat mereka semakin bangga dengan pekerjaan di perusahaan itu.

 

Keterlibatan

Sesekali, libatkan karyawan Anda saat mengambil keputusan untuk masa depan perusahaan. Ajaklah mereka untuk saling bertukar pendapat dan diskusi. Jangan terlalu kaku dan membuat batasan yang tinggi, antara karyawan Anda dengan perusahaan.

 

Tindakan tegas 

Di dalam sebuah organisasi, pasti tidak semuanya memiliki sifat dan pikiran yang sama. Setiap kepala pasti memiliki pemikiran tersendiri. Jadi, bersiaplah menghadapi karyawan dengan itikad negatif, yang dapat berdampak buruk bagi lingkungan pekerjaan.

Jika Anda diamkan, kondisi ini bisa berbahaya. Oleh karena itu, jangan ragu bertindak tegas. Anda bisa memberikan beberapa peringatan sebelum memberhentikannya dari perusahaan.

 

Reward

Dengan memberikan reward kepada karyawan terbaik, para pekerja akan merasa bangga dan dihargai perusahaan. Anda bisa memberi reward saat mereka mencetak prestasi. Hadiah berupa paket liburan karyawan beserta keluarga, dapat menjadi opsi reward.

Strategi-strategi startup tersebut layak Anda coba untuk mempertahankan karyawan. Mana yang Anda yakini lebih efektif?

Sumber:
techinasia.com
sleekr.co
mpsoft.co.id

Tags

Share

Artikel Terkait

H1-Jaminan_Kehilangan_Pekerjaan_(JKP)_Syarat_Kepesertaan_dan_Panduan_Pencairannya.jpg

Careers

Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP): Syarat Kepesertaan dan Panduan Pencairannya 2022

Lita Lia

25 May 2022
5 min read
contoh_surat_resign.jpg

Careers

3 Contoh surat resign kerja terbaik dan profesional 2022

Nelson Simbolon

04 March 2022
6 min read
cluttered-1295494__340.png

Careers

30% karyawan baru resign sebelum 90 hari

Widyanto Gunadi

21 January 2022
0 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh Deskripsi Diri Sendiri yang Profesional dan Menarik HRD

Maria Tri Handayani

07 April 2022
6 min read
02

Jadwal FYP TikTok 2022: Pelajari dan Terapkan Tren Terbaru Agar Kontenmu Ramai!

Nurina Ulfah

04 April 2022
5 min read
03

5 Cara Cek Nomor Smartfren Sendiri dengan Cepat dan Mudah 2022

Algonz D.B. Raharja

27 April 2022
5 min read
04

Tips Menyampaikan Kata-Kata Perpisahan Kerja yang Berkesan

Maria Tri Handayani

07 April 2022
5 min read
05

12 Jenis Strategi Pemasaran yang Paling Efektif Beserta Contohnya

Tsalis Annisa

07 April 2022
5 min read