Published on

Careers

6 Cara lebih akrab dengan atasan

Maria Yuniar

akrab-dengan-atasan-EKRUT.jpg

Tak semua karyawan memiliki hubungan secair itu dengan atasan. Ada saja hal-hal yang membuat hubungan dengan atasan terasa sangat berjarak, bahkan membuat atasan terlihat sangat mengerikan. 

Padahal, membina hubungan yang sehat dengan atasanmu merupakan hal yang sangat penting. Karena bila kamu memiliki hubungan yang baik dengan atasan, hal itu bisa membuatmu lebih nyaman dalam bekerja dan bertukar pendapat. Untuk itu, simak enam cara berikut untuk mencairkan ketegangan dengan atasanmu.

Atur sesi khusus dengan atasan

akrab dengan atasan - EKRUT
Minta waktu untuk mengadakan sesi one-on-one dengan atasanmu - EKRUT

Salah satu cara bagimu bisa mengenal atasanmu lebih baik dan juga sebaliknya adalah dengan mengobrol empat mata dengannya. Kamu bisa meminta waktu atasanmu untuk mengatur sesi one-on-one. Tujuannya pun bisa bermacam-macam. Misalnya, untuk meminta masukan atas performa kerjamu selama ini.

Baca juga: 5 Tanda atasan tidak menyukaimu dan cara mengatasinya

Beri informasi penting

akrab dengan atasan - EKRUT
Sampaikan informasi mengenai kinerja kamu - EKRUT

Dalam sesi one-on-one, kamu juga dapat memberikan informasi penting mengenai kinerja perusahaan. Termasuk apa yang sudah kamu kerjakan, program kerja, dan hasil pekerjaanmu. Usahakan agar kabar yang kamu bagikan tak bertele-tele dan membuang-buang waktunya.

Tanya banyak hal

akrab dengan atasan - EKRUT
Jangan ragu untuk bertanya pada atasanmu - EKRUT

Selain itu, kamu dapat mendiskusikan banyak hal dengan atasanmu bila ada hambatan dalam pekerjaan yang membutuhkan keahliannya. Misalnya, kamu sedang mengalami kebuntuan ketika membuat proposal. Kamu dapat meminta masukan dari atasanmu atas draf proposal yang sudah kamu buat.

Namun, selalu pastikan bahwa kamu tak hanya memberikan pertanyaan kepada atasanmu tanpa solusi alternatif. Berikan juga idemu meskipun terlihat tak terlalu bagus. Hal itu lebih baik daripada kamu hanya menuntut jawaban dari atasanmu saja. 

Pahami gaya kerja atasan kamu 

akrab dengan atasan - EKRUT
Amati gaya kerja atasanmu untuk mengenal preferensinya - EKRUT

Fokuslah untuk memahami gaya kerja bos kamu. Identifikasi apa yang dia hargai dari karyawan. Apakah bos kamu suka berkomunikasi dengan sering, atau lebih suka jika karyawan lebih mandiri? Dengan memahami preferensi atasan, kamu bisa semakin mudah untuk mengakrabkan diri dengannya. 

Buat komitmen

akrab dengan atasan - EKRUT
Sampaikan tujuan yang ingin kamu capai ke atasan - EKRUT

Dalam sesi one-on-one dengan atasan, buatlah komitmen agar tujuan yang ingin kamu dan atasanmu capai menjadi lebih jelas. Bentuk komitmennya bisa beragam.

Contohnya, kamu meminta atasanmu untuk membagikan laporan lengkap mengenai kinerja perusahaan agar kamu bisa mengolah data tersebut untuk keperluan pekerjaanmu.

Baca juga: 7 Tips jitu ngobrol dengan atasan tanpa canggung

Proyeksi jangka panjang

akrab dengan atasan - EKRUT
Minta masukan untuk rencana karier kamu - EKRUT

Tak semua sesi one-on-one selalu membicarakan target perusahaan dan kinerjamu. Kamu juga bisa meminta masukan atasanmu agar kamu bisa lebih berkembang dan memberikan umpan balik pada dirimu. 

Terkait hal di atas, kamu dapat menyampaikan pertanyaan tersebut dari jauh-jauh hari agar atasanmu memiliki waktu yang cukup untuk menyiapkannya.

Pada akhirnya, keenam cara di atas tak hanya bisa membuat ketegangan dengan atasanmu mencair karena intensitas interaksi. Selain itu, cara-cara di atas diharapkan juga mampu meningkatkan performa kerjamu seiring dengan masukan atau apresiasi yang atasanmu berikan.

Baca Juga:

Sumber:

Tags

Share