Published on

Careers

Susah temukan kandidat untuk perusahaan? Lakukan 5 langkah ini

Maria Yuniar

kandidat.jpg

Sebagai perekrut, tentu kamu harus mampu mencari para kandidat yang tepat dan sesuai dengan misi serta visi perusahaan. Namun, proses untuk menemukan karyawan yang tepat juga ternyata tak mudah.

Tak hanya dalam melamar kerja dan mempersiapkan wawancara, merekrut karyawan pun membutuhkan teknik tersendiri. Dengan menggunakan cara-cara berikut, kamu bisa mendapatkan karyawan baru yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. (Baca juga: 8 hal dari kandidat yang disukai HRD)

 

Eksis di media sosial untuk temukan kandidat

Buatlah akun media sosial atas nama perusahaanmu di Twitter, Facebook, dan Instagram. Kamu juga bisa membuat video-video untuk YouTube dan tulisan di blog untuk menjaga relasi dengan calon karyawan dan meningkatkan kredibilitas perusahaan.

Dalam medsos tersebut, kamu bisa menyelipkan pesan bahwa perusahaanmu merupakan tempat yang paling tepat untuk belajar dan berkembang bersama. Tawarkan pula pelatihan-pelatihan bagi karyawanmu untuk menarik hati kandidat yang memang betul-betul ingin belajar.


Sumber: memegenerator.net

 

Referensi

Mencari referensi dari karyawan merupakan salah satu cara paling ampuh untuk menemukan kandidat talenta baru. Karena karyawan sudah terlebih dahulu memahami standar dan kultur di perusahaan, tentu referensi yang diberikan dapat lebih dipercaya. (Baca juga: Apa sih bedanya rekrutmen zaman dulu dan sekarang?)

 

Manfaatkan konten

Dengan mengunggah pengumuman lowongan kerja yang menarik, kamu juga dapat menemukan kandidat potensial. Kamu pun bisa membangun reputasi perusahaanmu dengan baik. Sebagai contoh, kamu dapat menggunakan email, medsos, dan situs online lainnya untuk menjadwalkan pertemuan dengan calon karyawan baru.

 

Perbarui syarat pekerjaan

Gunakan pendekatan tertentu yang mampu menyoroti keuntungan ketika bekerja di perusahaanmu. Misalnya, fasilitas berupa makan siang gratis, perawatan kesehatan, pelatihan, dan liburan kantor. 

Hal ini lebih efektif daripada sekadar mencantumkan 15 daftar syarat yang harus dimiliki calon karyawan untuk mengisi posisi yang sedang dibutuhkan. (Baca juga: 6 tips dapatkan kandidat sesuai visi perusahaan)

 

Merekrut lulusan baru

Bila kamu ingin mendapatkan lamaran yang banyak, kamu dapat menargetkan para kandidat muda yang baru saja lulus dari kampus mereka. Kamu dapat membuat program khusus untuk mencari pemagang dan lulusan baru.

Para mahasiswa yang membutuhkan kesempatan magang dan lulusan baru yang ingin menemukan peluang kerja pun akan tertarik dengan program-program semacam ini. Tak hanya itu, kamu pun juga bisa menemukan kandidat baru yang masih memiliki semangat tinggi. 

Temukan kandidat-kandidat terbaik bagi perusahaanmu di talent marketplace EKRUT. Ada ribuan kandidat berpotensi disana yang siap berkontribusi untuk perusahaanmu.

Sumber:
fastcompany.com

Tags

Share

Artikel Terkait

H1_Human_Capital.jpg

Careers

Apa itu Human Capital? Inilah Pengaruhnya Bagi Ekonomi dan Pembangunan Sumber Daya Manusia

Algonz D.B. Raharja

29 April 2022
5 min read
employee_background.jpg

Expert's Corner

7 Cara melakukan employee background check yang efektif dan tepat guna

Sylvia Rheny

17 March 2022
7 min read
data_dalam_rekrutmen.png

Expert's Corner

10 Manfaat data dalam rekrutmen bagi proses rekrutmen HRD

Maria Yuniar

04 March 2022
8 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh Deskripsi Diri Sendiri yang Profesional dan Menarik HRD

Maria Tri Handayani

07 April 2022
6 min read
02

Jadwal FYP TikTok 2022: Pelajari dan Terapkan Tren Terbaru Agar Kontenmu Ramai!

Nurina Ulfah

04 April 2022
5 min read
03

5 Cara Cek Nomor Smartfren Sendiri dengan Cepat dan Mudah 2022

Algonz D.B. Raharja

27 April 2022
5 min read
04

Tips Menyampaikan Kata-Kata Perpisahan Kerja yang Berkesan

Maria Tri Handayani

07 April 2022
5 min read
05

12 Jenis Strategi Pemasaran yang Paling Efektif Beserta Contohnya

Tsalis Annisa

07 April 2022
5 min read