Published on

startup

Tahukah Anda, 2 merek terbesar dunia berasal dari Tiongkok?

Widyanto Gunadi

alibaba.jpg

Deretan merek termahal di dunia, yaitu BrandZ Top 100 telah dirilis. BrandZ merupakan daftar yang dikeluarkan setiap tahun oleh lembaga periklanan dan relasi publik WPP, bekerja sama dengan lembaga riset pasar Kantar. 

Dua di antara sepuluh daftar merek paling bernilai teratas tahun ini berasal dari Tiongkok untuk pertama kalinya. Dua merek tersebut adalah Alibaba yang menempati posisi ke-9 dan Tencent di nomor ke-5.

 

Alibaba

Perusahaan Alibaba yang dimotori Jack Ma memiliki nilai US$ 113 miliar atau setara dengan Rp 1,582 kuadriliun. Angka tersebut cukup wajar diperoleh Alibaba. Sebab, perusahaan ini sedang merambah lini bisnis lain, yakni pembayaran seluler dan komputasi awan.

 

Tencent

Sementara itu, Tencent, perusahaan yang berfokus di bidang game online, aplikasi, layanan pesan instan, dan pembayaran online ini berhasil meraih nilai US$ 490 miliar atau setara dengan Rp 6,86 kuadriliun. Angka tersebut menjadikan Tencent lebih bernilai daripada bank ternama Amerika, JPMorgan Chase.

 

10 daftar merek termahal dunia

Untuk lebih jelasnya, berikut ini daftar merek paling termahal di dunia:

  1. Google
  2. Apple
  3. Amazon
  4. Microsoft
  5. Tencent
  6. Facebook
  7. Visa
  8. McDonald’s
  9. Alibaba
  10. AT&T

 

Tiongkok siap saingi Amerika

Kepala BrandZ, Doreen Wang mengatakan, keberadaan Tencent dan Alibaba dalam sepuluh peringkat teratas ini membuktikan Tiongkok sudah siap bersaing dengan Amerika untuk menguasai pasar dunia. “Tantangan yang dihadapi merek Tiongkok di pasar sama sekali tidak sepele,” ujarnya.

Di satu sisi, kesadaran yang terbatas di pasar dunia, kurangnya kualitas, serta keengganan merek dalam negeri Tiongkok untuk berinvestasi, masih menjadi tantangan tersendiri. Meski demikian, kondisi tersebut telah menghadirkan  peluang baru bagi para pengusaha setempat. Sehingga, perlahan-lahan sikap konsumen pun berubah, dan mulai memilih merek Tiongkok.

 

Ekspansi ke luar negeri

Alibaba telah menancapkan kakinya di Brazil, Chile, dan beberapa negara bagian Amerika Latin. Situs penjualan AliExpress juga memimpin pasar e-commerce dunia. Sementara itu, menurut Wang, Tencent terus mendapat respons baik dari pasar Asia, khususnya di Thailand dan Singapura.

Secara keseluruhan, ada 14 perusahaan asal Tiongkok yang berada dalam daftar 100 peringkat teratas. Di samping Alibaba dan Tencent, dua perusahaan lainnya adalah situs belanja online JD dan perusahaan pengiriman kilat SF. Adanya perusahaan-perusahaan ini dalam daftar tersebut mengindikasikan iklim bisnis di Tiongkok sedang berkembang. Bukan tak mungkin, Tiongkok akan menjadi tempat lahirnya perusahaan raksasa baru seperti di Silicon Valley, Amerika Serikat.

Sumber:
cnn.com
fortune.com
people.cn
 

Tags

Share

Artikel Terkait

business-3462518__340.jpg

startup

Lawan Alibaba, Google investasi ratusan juta dolar di JD

Maria Yuniar

21 January 2022
0 min read
ebay-189065__340.png

Technology

EBay beli platform e-commerce Qoo10 Rp 8,3 triliun

Maria Yuniar

30 December 2021
4 min read
unicorn-startup-EKRUT.jpg

startup

Selain Unicorn Startup, ada juga Cockroach Startup. Apa arti keduanya?

Tsalis Annisa

12 November 2021
5 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh deskripsi diri sendiri yang profesional dan menarik HRD

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
02

Tips menyampaikan kata-kata perpisahan kerja yang berkesan

Maria Tri Handayani

23 September 2021
5 min read
03

6 Cara membalas email panggilan interview dan contohnya

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
04

12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

Tsalis Annisa

09 November 2021
5 min read
05

Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat

Maria Tri Handayani

01 December 2021
3 min read