Published on

Careers

Tak bisa berhenti pikirkan masalah pekerjaan saat cuti? Coba cara ini!

Maria Yuniar

pekerjaan_4.jpg

Tak sedikit orang tetap memikirkan urusan kantor saat sedang cuti sekalipun. Bahkan, ada pekerja yang malah merasa lebih lelah saat cuti ketimbang sibuk di kantor. Mungkin saja ada ketakutan terhadap turunnya performa, maupun pengambilalihan tugas oleh rekan kerja. Kondisi ini  lumrah terjadi. Namun ternyata, tak baik lho, selalu memikirkan pekerjaan saat kamu semestinya bersenang-senang dan berlibur. Selain itu, cutimu akan sia-sia jika liburanmu malah terpakai untuk memikirkan pekerjaan. Lalu, bagaimana caranya agar pikiranmu tak selalu memikirkan pekerjaan? Coba langkah-langkah berikut ini. (Baca juga: 6 alasan karyawan meninggalkan pekerjaan yang disukainya)

 

Bicarakan beban pekerjaan dengan rekan kerja

Hal penting yang perlu kamu ingat adalah, rekan kerjamu akan mengambilalih pekerjaanmu sementara selagi kamu cuti. Jadi, pastikan kamu telah meminta bantuannya dan memberikan semua informasi yang diperlukan. Sertakan setiap dokumen yang diperlukan. Pastikan rekan kerjamu memahami yang harus dilakukan ketika kamu cuti. Yang tak kalah penting, pastikan kamu telah menyampaikan hal ini kepada atasanmu. (Baca juga: 10 pekerjaan incaran milenial lulusan baru)

 

Tenangkan diri

Aktivitas cuti tentu mengharuskan kamu beristirahat sejenak dari urusan kantor. Agar tidak terus menerus kepikiran mengenai pekerjaan, cobalah lakukan aktivitas yang menenangkan hati. Seorang penulis bernama Laura Vanderkam merekomendasikan untuk mendengarkan atau membaca sesuatu yang ringan, bahkan mendengarkan lagu favorit. Tak hanya itu, cobalah berkomunikasi dengan anggota keluarga dan saudara. Tanyakan kabar mereka. Dengan demikian, kamu bisa merasa lebih tenang. (Baca juga: Modal smartphone cukup buat 5 pekerjaan ini)


Sumber: memegen.com

 

Alihkan perhatian

Jika pikiran kamu masih berputar memikirkan pekerjaan setelah meninggalkan kantor, alihkan energimu untuk hal lain. Cobalah pikirkan, misalnya perabot rumah tangga yang belum dibeli. Atau rencanakan untuk mengecat ulang kamar mandi. Gunakan waktu libur kerja untuk memikirkan hal lain di luar pekerjaan. Jika kamu masih terganggu, mintalah seorang rekan kerja atau teman untuk membantumu menyelesaikan urusan pekerjaan.

 

Tunda urusan pekerjaan

Kamu boleh saja menunda rencana untuk menyelesaikan sederet pekerjaanmu yang menunggu di kantor. Misalnya dengan menahan diri dari keinginan membalas email yang berhubungan dengan pekerjaan. Kamu bisa membalas email tersebut setelah kamu selesai cuti. Jika kamu mudah lupa, jangan lupa untuk membuat sebuah catatan ya.

Empat tips tersebut patut kamu coba jika segala sesuatu tentang pekerjaan masih saja terlintas di pikiran saat sedang cuti. Bersenang-senanglah dengan keluarga dan beristirahat dari gadget. Selamat cuti!

 

Sumber:
themuse.com
detik.com
liputan6.com
sleekr.co

Tags

Share

Artikel Terkait

0-macam-macam-hobi.jpg

Lainnya

Macam-macam Hobi yang Membuatmu Semakin Percaya Diri dan Meningkatkan Self-Esteem

Arin Khurota

25 May 2022
5 min read
pexels-cottonbro-4861355.jpg

Lainnya

8 Pekerjaan yang Cocok untuk ISFJ, Kamu yang Mana?

Chrissila Jessica

25 May 2022
5 min read
H1_ISTJ_adalah.jpg

Lainnya

11 Pekerjaan yang Sesuai untuk Tipe Kepribadian ISTJ (2022)

Alvina Vivian

25 May 2022
5 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh Deskripsi Diri Sendiri yang Profesional dan Menarik HRD

Maria Tri Handayani

07 April 2022
6 min read
02

Jadwal FYP TikTok 2022: Pelajari dan Terapkan Tren Terbaru Agar Kontenmu Ramai!

Nurina Ulfah

04 April 2022
5 min read
03

5 Cara Cek Nomor Smartfren Sendiri dengan Cepat dan Mudah 2022

Algonz D.B. Raharja

27 April 2022
5 min read
04

Tips Menyampaikan Kata-Kata Perpisahan Kerja yang Berkesan

Maria Tri Handayani

07 April 2022
5 min read
05

12 Jenis Strategi Pemasaran yang Paling Efektif Beserta Contohnya

Tsalis Annisa

07 April 2022
5 min read