Published on

Careers

Manfaat talent marketplace EKRUT untuk mendapatkan pekerjaan impian

Maria Yuniar

Manfaat_talent_marketplace_EKRUT_untuk_mendapat_pekerjaan_impian.jpg

Apakah kamu termasuk salah satu pencari kerja yang sampai sekarang belum mendapatkan pekerjaan sesuai impianmu? Tahukah kamu, ternyata salah satu penyebab para kandidat sulit memperoleh pekerjaan adalah kurangnya networking dan informasi. Seperti dilansir idntimes.com, selagi kamu mampu membangun networking dan mendapatkan berbagai informasi terpercaya, kamu pasti akan memperoleh posisi yang kamu inginkan.

Saat ini, bukan hanya kandidat seperti kamu lho yang mencari informasi mengenai berbagai perusahaan yang menawarkan posisi-posisi menjanjikan. Namun, banyak juga perusahaan yang ternyata beradu cepat mendapatkan informasi dan merekrut kandidat sesuai kualifikasi mereka melalui talent marketplace. 

Salah satu cara terbaru dan efisien untuk menemukan pekerjaan impian tersebut ialah melalui talent marketplace. EKRUT memberikan layanan ini secara gratis untuk kandidat berkualitas seperti kamu! Nah, jika saat ini kamu sedang mencari karier impian, maka EKRUT dapat menjadi platform yang patut dicoba. Berikut tahap-tahap yang perlu kamu lakukan untuk mulai mencari kerja di EKRUT:

Tahap 1: Registrasi di sini

Di tahap pertama ini, kamu hanya perlu memasukkan nama lengkap, nomor telepon, link akun LinkedIn, serta statusmu. Ada tiga status yang bisa kamu pilih. Pertama, 'Actively looking for job', buat kamu yang memang sedang mencari pekerjaan. Kedua, kamu bisa memilih 'Open for opportunities' jika kamu sudah bekerja, tapi terbuka untuk peluang baru. Ketiga, ada pilihan 'Not looking for job'. Meski memilih opsi ini, data kamu tetap terekam pada platform talent marketplace EKRUT.

 

 

Tahap 2: Lengkapi data diri (resume kerja)

Pada tahap selanjutnya, yaitu tahap kedua, kamu diminta melengkapi pilihan posisi yang diinginkan. Ada delapan kategori posisi yang bisa kamu pilih, yaitu software engineering, design, data science, product management, sales, marketing, recruiting/people ops, serta finance/operations.

Kamu hanya bisa memilih satu kategori. Namun tenang saja. Untuk setiap kategori, akan ada berbagai sub-kategori yang spesifik buat kamu. Di sini, sistem kurasi talent marketplace EKRUT mulai bekerja. Selanjutnya, ada kolom gaji saat ini dan ekspektasi gaji untuk kamu isi.

 

 

Di kolom-kolom berikutnya, kamu bisa memilih notice period di tempat bekerja saat ini, serta preferensi lokasi bekerja. Selain itu, kamu dapat memilih satu dari empat jenis posisi pekerjaan, yaitu full-time, freelance, intern, maupun part-time. Kamu bisa memilih lebih dari satu jenis posisi.

Nah, setelah itu ada kolom jenis lapangan pekerjaan pilihan kamu. Kamu bisa memilih hingga tiga dari puluhan jenis lapangan pekerjaan. Di talent marketplace ini, kamu juga dapat memilih jenis perusahaan berdasarkan jumlah pekerja. Jadi, kamu sendiri yang menentukan perusahaan mana saja yang bisa mendekatimu. Terakhir, ada tiga kategori level posisi buat kamu. Silakan pilih salah satunya ya!

 

Tahap 3: Menunggu proses verifikasi

Di tahap ini, kamu mesti melengkapi informasi mengenai latar belakang pendidikan dan pekerjaan. Tenang saja, kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan tenaga jika kamu mempunyai sederetan panjang rekam jejak di dunia pekerjaan dan akademik. Sebab, talent marketplace EKRUT hanya meminta informasi tentang riwayat pendidikan dan pekerjaan terakhir. 

 


 

Proses on-boarding atau pengisian data kamu di talent marketplace EKRUT sudah selesai. Begitu data kamu terverifikasi, kamu akan mendapatkan empat manfaat.

 

Coaching

Talent advocate EKRUT akan membimbing kamu menyeleksi perusahaan yang sesuai dengan minatmu. Ingat, bukan hanya perusahaan lho, yang bisa memilih kandidat. Kamu sebagai kandidat pun berhak memilih perusahaan.

 

Persiapan wawancara

Kamu memang bisa mendapatkan informasi mengenai persiapan menghadapi wawancara kerja dari berbagai bacaan di Internet. Namun, talent advocate EKRUT yang berpengalaman tetap akan mendampingimu dalam persiapan. Kamu bisa menanyakan berbagai hal tentang wawancara kerja. Mulai dari pertanyaan-pertanyaan yang biasa dilontarkan perekrut, hingga pakaian yang sebaiknya dikenakan waktu wawancara.

 

Job market

Di talent marketplace EKRUT, kamu juga bisa memperoleh gambaran mengenai rincian data di profesi incaran kamu. Jadi, kamu bisa yakin, perusahaan yang mendekati kamu memang menawarkan penghasilan yang kompetitif.

 

Dukungan tak terbatas

Meski tak pernah bertemu secara langsung, talent advocate EKRUT tetap akan mendampingimu dalam proses mendapatkan peluang baru. Mulai dari melengkapi profil di platform, mempersiapkan wawancara, hingga akhirnya kamu mendapatkan pekerjaan incaranmu,

Setelah mengetahui kelebihan-kelebihan tersebut, kapan kamu akan bergabung dengan talent marketplace EKRUT? Ada ratusan perusahaan yang menanti kamu! Daftarkan dirimu di sini.

Tags

Share

Artikel Terkait

Cari_kerja_via_talent_marketplace_EKRUT.jpg

Careers

Cari kerja via talent marketplace lebih mudah, efisien dan modern

Widyanto Gunadi

21 January 2022
3 min read
recruitment_IT.jpg

Careers

5 jurus merekrut anak IT

Widyanto Gunadi

21 January 2022
0 min read
izin-tidak-masuk-kerja---EKRUT.jpg

Careers

Penyebab karyawan sering izin tidak masuk kerja dan cara mengatasinya

Maria Tri Handayani

17 January 2022
3 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh deskripsi diri sendiri yang profesional dan menarik HRD

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
02

Tips menyampaikan kata-kata perpisahan kerja yang berkesan

Maria Tri Handayani

23 September 2021
5 min read
03

6 Cara membalas email panggilan interview dan contohnya

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
04

12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

Tsalis Annisa

09 November 2021
5 min read
05

Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat

Maria Tri Handayani

01 December 2021
3 min read