Media

Tips kenali pelanggan a la Mailchimp
By Maria Yuniar - 7 October 2018
4 min read 77 Views
Photo by Joshua Ness on Unsplash
Photo by Joshua Ness on Unsplash

Bila ada saran yang paling baik untuk diberikan kepada para pengusaha, saran tersebut hanya satu: kenali pelangganmu. Hal ini penting karena pelanggan adalah orang yang membeli produk atau layananmu. (Baca juga: Pakai teknologi ini untuk bangun kepercayaan pelanggan)

Tanpa mengetahui cara mereka berpikir, kamu tak dapat membangun bisnis yang sukses. Hal ini pun sudah dibuktikan oleh Mailchimp. Sejak awal, Mailchimp memutuskan harus berinovasi dengan cepat dan membiarkan pelanggan mendikte fokus mereka sebagai perusahaan. Karena itu, mengenal pelanggan merupakan hal kecil yang dapat berdampak luar biasa bagi bisnismu. Berikut ini beberapa cara sederhana untuk melakukannya.

 

Mengunjungi pelanggan

Dengan mengunjungi pelanggan secara langsung, tentu kamu dapat membangun empati yang lebih dalam dan membangun kepercayaan di antara pelanggan dan bisnismu. Upaya semacam ini juga dapat menjaring masukan yang jujur dan langsung tentang yang dipikirkan oleh pelanggan terhadap bisnismu. 


Sumber: memegenerator.net

 

Undang pelanggan ke kantor

Untuk membangun empati dengan pelanggan, kamu memerlukan komunikasi dua arah. Ketika mengundang pelanggan untuk berkontribusi terhadap perkembangan bisnismu, kamu tidak hanya akan meningkatkan kepercayaan mereka, melainkan karyawanmu juga akan lebih terhubung dengan pekerjaan mereka. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan pemahaman dan apresiasi lebih jelas mengenai yang dilakukan pelangganmu sebelum bisa memperoleh produk atau layananmu. (Baca juga: Optimalkan chatbot AI untuk tingkatkan kepuasan pelanggan)

 

Menjadi pelanggan

Untuk memahami yang harus dilakukan pelanggan sebelum memperoleh produk atau layananmu dengan lebih baik, kamu perlu menempatkan diri sebagai pelanggan. Dengan begitu, kamu dapat memperoleh wawasan yang akan membantumu untuk mengembangkan produk atau layananmu. Karena pada prinsipnya, pelayanan pelanggan yang baik dapat membantumu untuk membedakan bisnismu dari bisnis pesaing.

 

Jangan takut membuat perubahan

Setelah berjuang untuk meraih empati pelanggan, tak akan ada gunanya bila kamu tak membuat perubahan yang berarti. Sebab, empati pelanggan merupakan kunci dalam keberhasilan bisnis apa pun. Koneksi personal juga akan membantu meningkatkan loyalitas pelanggan.

Jadi, dedikasikan waktumu dengan pelangganmu untuk mendengar pikiran dan perasaan mereka secara jujur. Bila tidak, kamu baru saja melewatkan kesempatan untuk membuat bisnismu lebih baik.

 

Rekomendasi bacaan:
9 barang wajib buat karyawan baru
5 kota terbaik dunia bagi perempuan karier
Apa sih tandanya kamu cocok dengan pekerjaanmu?

 

Sumber:
fastcompany.com
 

Tags:

  • pengusaha
  • produk
  • bisnis
  • pelanggan
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang