Published on

Careers

Tips nabung anti gagal untuk kamu dengan gaji 5 juta

Nelson Simbolon

tips_nabung.jpeg

Gaji kecil bukan jadi alasan bagimu untuk tak menabung. Ada banyak cara lain yang masih bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan hari tua meski dengan gaji seadanya. Banyak orang menjadikan gaji kecil sebagai alasan untuk tidak menabung. Namun, segala sesuatunya selalu bisa disiasati dengan bijak. Kamu tetap bisa menabung untuk mempersiapkan hari tua meski gajimu masih kecil.

Karena bisa atau tidaknya menabung tidak bergantung pada besarnya gaji, melainkan masalah niat. Kalau kamu memiliki niat yang besar, gaji sekecil apa pun pasti bisa kamu gunakan sebagian untuk ditabung. Lantas, bagaimana caranya agar tetap bisa menabung dengan gaji seadanya?

 

Catat pemasukan dan pengeluaran

Pertama-tama, kamu harus tahu berapa banyak uang yang kamu dapat dan habiskan dalam satu bulan. Setelah itu, kamu perlu merinci pengeluaran tersebut kamu gunakan untuk apa saja. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui kebutuhan apa saja yang harus kamu penuhi beserta jumlah tabungan yang kamu miliki. Bila terlalu sulit, kamu bisa menggunakan aplikasi khusus mencatat pemasukan dan pengeluaran yang tersedia di Android atau iOS.

 

Menabung saat dapat gajian

Ketika kamu mendapatkan gaji, selalu usahakan untuk menyisihkan sebagian gajimu untuk ditabung. Jangan menyisihkan uang untuk ditabung belakangan karena bila gaji bulananmu sudah habis, kamu tidak akan jadi menabung.

 

Sisihkan uang untuk berbagai keperluan

Pastikan kamu tidak lupa untuk menganggarkan gajimu untuk berbagai keperluan lain, misalnya untuk kebutuhan sehari-hari (30%), mengambil kursus atau membeli buku (15%), bersosialisasi (10%), liburan (15%), asuransi (10%), dana darurat (10%), dan investasi (10%). Anggaran tersebut dapat kamu sesuaikan dengan prioritas dan apa yang ingin kamu capai.

 

Hindari membuat kartu kredit

Kecuali memang diperlukan, jangan sampai membuat kartu kredit kecuali untuk tagihan tertentu yang memang masih sanggup kamu lunasi. Karena bila kamu menggunakan kartu kredit sampai lupa daratan, kamu bisa terjebak utang dan membuat masalah baru. Hal ini biasanya terjadi karena anggapan bahwa kartu kredit merupakan uang tambahan. Padahal, kenyataannya, kamu sama saja seperti sedang menabung utang.

 

Mencari pekerjaan sampingan

Kalau gajimu ternyata belum mencukupi untuk mencapai tujuan finansialmu meski kamu sudah mengaturnya, ini tandanya kamu harus menimbang-nimbang untuk mencari penghasilan tambahan.

Tak ada salahnya untuk membuat usaha kecil di rumah atau sekadar mencari pekerjaan lepas di internet. Dari hasil bekerja sampingan tersebut, kamu bisa mengalokasikan dana lebih untuk ditabung.

 

Rekomendasi bacaan:

 

Sumber:

  • liputan6.com
  • cermati.com
  • qerja.com
  • ekonomi.kompas.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    Kenali_Investasi_Reksa_Dana_Pendapatan_Tetap_(RDPT)_beserta_Kelebihan_dan_Kekurangannya.png

    Lainnya

    Kenali Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap (RDPT) beserta Kelebihan dan Kekurangannya

    Sylvia Rheny

    28 June 2022
    6 min read
    H1_Honorarium.jpg

    Lainnya

    Honorarium: Definisi, Ketentuan Hukum, dan Bedanya dengan Gaji

    Algonz D.B. Raharja

    27 June 2022
    5 min read
    H1_Total_Cost_Definisi__Manfaat__Jenis__Hingga_Rumus_dan_Contohnya.jpg

    Lainnya

    Total Cost: Definisi, Manfaat, Jenis, hingga Rumus dan Contohnya

    Sartika Nuralifah

    22 June 2022
    5 min read

    Video