Media

Traveloka dan Tiket.com dominasi agen travel online
By Widyanto Gunadi - 4 May 2018
499 Views
Travelling atau bepergian kerap kali menjadi suatu aktivitas pelepas penat bagi para pekerja kantoran yang ingin melupakan sejenak stres dan beban kerja mereka. Destinasi wisata, baik domestik maupun luar negeri, dapat menjadi pilihan. Bahkan, tak jarang banyak yang rela memesan tiket jauh-jauh hari, demi mendapatkan harga yang murah. 

Nah, Anda tidak perlu repot mengunjungi loket untuk memesan tiket perjalanan kereta maupun pesawat. Startup penyedia jasa layanan pemesanan tiket, Traveloka dan Tiket.com banyak diminati. Keduanya mendominasi pasar Indonesia untuk layanan pemesanan tiket dan akomodasi.
 
Pergeseran gaya hidup
 
Masyarakat Indonesia, terutama yang kelasnya menengah ke atas sekarang mengalami pergesaran gaya hidup, yaitu dalam hal konsumsi dan pengeluaran. Mereka lebih mengutamakan pengalaman dibandingkan memiliki sebuah barang. Maka wajar saja, industri travel pun menikmati kenaikan pesat belakangan.

Traveloka dominasi pasar domestik
 
Dalam hal ini, Traveloka, sebagai salah satu agen perjalanan online di Indonesia adalah yang paling mendominasi pasar lokal.  Traveloka telah berhasil mendapatkan suntikan dana sebesar US$ 350 juta dari Expedia. Investasi ini menjadikan Traveloka sebagai unicorn pertama di Indonesia untuk bidang perjalanan.

Expedia pun kemudian meminta kerjasama Traveloka untuk turut mengembangkan bisnis hotel global bersama. Kesempatan kerjasama ini tentu saja tak disia-siakan oleh Traveloka untuk mengembangkan sayap bisnisnya di bidang perhotelan.

Konsumen pilih OTA
 
Lebih lanjut, menurut survei yang dilakukan oleh Dailysocial mengenai pola konsumsi masyarakat Indonesia terhadap Online Travel Agencies (OTA) pada tahun 2013 menemukan bahwa 71.44 persen responden menggunakan layanan OTA untuk memesan tiket reservasi perjalanan dan kamar hotel.

Penjualan Tiket.com naik tiga kali
 
Dominasi dari Traveloka dan Tiket.com juga bisa Anda lihat dari hasil survei yang sama. Sebanyak 50 hingga 70 persen dari responden menggunakan layanan dari kedua perusahaan tersebut untuk melakukan pemesanan tiket perjalanan dan hotel mereka.
 
CEO Blibli.com, Kusumo Martanto, berniat untuk membeli Tiket.com dan menggabungkannya dengan Blibli untuk membangun Blibli Travel. Ia menilai Tiket.com memiliki catatan yang bagus, meski belum terlalu lama berdiri. Berdasarkan tingkat kepuasan pelanggan serta konsistensi operasional bisnis dalam penjualan tiket pesawat, Tiket.com menjadi salah satu perusahaan layahan perjalanan terbesar di Indonesia. Semenjak 2016, Tiket.com gencar melakukan promosi dan mencatatkan kenaikan penjualan tiga kali lipat.
 

Tags: travel

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang