technology

Strategi pemasaran online yang efektif di tahun 2020

Nelson Simbolon

07 March 2020

strategi-pemasaran-online---EKRUT.jpg

Pemasaran online atau online marketing memang menjadi salah satu cara paling cepat menjangkau pasar yang lebih luas. 

Meski begitu, agar tetap berjalan lancar dan efektif, kamu membutuhkan strategi pemasaran online yang selalu menyesuaikan terhadap perubahan tren yang ada. 

Itu sebabnya bila kamu sedang  menyusun strategi pemasaran online yang efektif untuk tahun 2020 ini, ada baiknya kamu perhatikan beberapa hal berikut.

Format video lebih menarik

strategi pemasaran online - EKRUT
Video  dapat membantu audiens memahami produk dan brand kamu - EKRUT

Dalam urusan membuat konten yang menarik, terutama konten-konten video, kamu harus bisa menciptakan konsep visual yang menarik bagi pengguna. Karena tampaknya konten berbentuk video akan mendominasi tren media sosial pada tahun 2020 sebagaimana yang telah terjadi pada 2019.

Jumlah brand yang menggunakan video dalam strategi pemasaran online juga terus meningkat selama beberapa tahun terakhir termasuk di tahun 2020 ini. Jadi tak ada salahnya untuk terus mengembangkan konten video di strategi pemasaran online kamu.

Manfaatkan fitur ‘Live’

strategi pemasaran online - EKRUT
Dengan fitur video live kamu bisa berinteraksi langsung dengan audiens - EKRUT

Fitur video yang disiarkan secara langsung sudah hadir di Facebook dan Instagram.

Fitur-fitur seperti ini bisa menjadi wadah yang potensial untuk dikembangkan sebagai ‘ladang konten’ bagi para marketer di tahun 2020 ini karena interaktivitas dalam video yang disiarkan langsung dapat menjadi senjata ampuh untuk membangun kedekatan dengan pengguna media sosial.

Instagram Stories masih dicari

strategi pemasaran online - EKRUT
Konten Stories harus menjadi strategi pemasaran online di 2020 - EKRUT

Dengan jumlah pengguna yang besar, bukan tak mungkin konten-konten yang singkat seperti Instagram Stories tetap menjadi primadona di tahun 2020 ini.

Millenial dan Gen Z masih sering memanfaatkan konten Stories untuk melihat informasi terkait brand maupun info produk. Itu sebabnya konten Instagram Story masih diminati oleh marketer untuk beriklan. 

Meski demikian kamu harus menyiapkan strategi pemasaran online yang solid untuk bisa menjangkau para pengguna media sosial dengan konten singkat seperti ini.  Pasalnya, kamu harus dapat membuat konten yang meskipun singkat namun dapat langsung menarik perhatian pengguna sejak kesempatan pertama 

Popularitas TikTok

strategi pemasaran online - EKRUT
Manfaatkan popularitas TikTok dalam strategi pemasaran online -EKRUT

TikTok menjadi salah satu media sosial dengan popularitas yang terus meningkat. Itu membuatnya sebagai salah satu saluran potensial yang perlu kamu pertimbangkan di dalam strategi pemasaran online 2020 kamu. Manfaatkan komunitas dan user generated content di platfom ini untuk mengarahkan percakapan ke brand kamu.

Beberapa brand juga telah memuat saluran mereka sendiri di platform ini dengan mengunggah konten yang telah disesuaikan dengan audiens TikTok. Salah satunya seperti NFL yang beriklan di platform ini sejak September 2019 dan berhasil mengumpulkan 541 ribu penggemar. 

Baca juga: CEO Snapchat prediksikan TikTok akan salip Instagram

Conversational Marketing tak kalah lebih penting 

strategi pemasaran online - EKRUT
Chatbot dapat dimanfaatkan untuk membangun loyalitas pelanggan - EKRUT

Conversational marketing menjadi salah satu strategi yang efektif dalam pemasaran online di tahun 2020 ini. Kamu dapat menerapkannya melalui chatbots, program loyalitas pelanggan atau dengan email marketing

Dengan menerapkan strategi pemasaran online ini, kamu dapat menggunakan feedback dan data pelanggan untuk mendorong konversi dan membangun loyalitas. Selain itu kamu juga bisa menciptakan kesan ramah terhadap target audiens. 

Manfaatkan micro-influencer 

strategi pemasaran online - EKRUT
Micro influencer akan lebih sering digunakan dalam strategi pemasaran online - EKRUT

Dalam tiga tahun terakhir,  jumlah pencarian google untuk "influencer marketing" telah meningkat sebesar 1500%. Ini menunjukkan bahwa peluang pemasaran dengan influencer masih besar di tahun 2020 ini. 

Meski begitu di tahun 2020, tampaknya micro influencer akan menjadi bagian integral dari strategi pemasaran online. Pasalnya banyak brand besar akan lebih memilih micro influencer karena kenaikan harga dan penurunan tingkat engagement di macro influencer

Kamu dapat memanfaatkan micro influencer untuk menjangkau audiens yang lebih spesifik dan sesuai dengan niche dari brand atau perusahaanmu. 

Itu tadi beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan dalam menyusun strategi pemasaran online di tahun 2020 ini. Dengan menyusun strategi pemasaran yang efektif serta memanfaatkan saluran yang tepat tentunya hasil pemasaran online yang kamu inginkan dapat tercapai.  

tahun baru kantor baru - EKRUT

Last updated: 22 January 2020

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags

Share