Published on

Lainnya

Tren Rekrutmen Tahun 2021: Dampak Baik di Balik Pandemi

Nadroh Nur Amalia

ID_Hiring_Trends.png

Pandemi COVID-19 telah memengaruhi ekosistem bisnis di hampir sebagian besar industri, termasuk industri rekrutmen. Berdasarkan data dari Kementerian Tenaga Kerja, 19.09 juta penduduk usia kerja terdampak pandemi.

Merujuk data Badan Pusat Statistik, angka pengangguran turun sejumlah 670.000 pencari kerja pada triwulan III 2021 dibandingkan data pada Agustus tahun lalu. Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia menyatakan bahwa tingkat rekrutmen tumbuh menjadi 18,55% pada kuartal kedua tahun 2021 dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama. Hal ini juga berhubungan dengan kemampuan perekrut yang semakin mahir dalam beradaptasi dengan kondisi industri selama pandemi.

Rekrutmen di berbagai bidang industri mengalami peningkatan sejak paruh pertama tahun 2021. Dalam lintas sektor, industri manufaktur terdampak secara signifikan oleh naik dan turunnya tingkat pandemi COVID-19. Namun, industri digital dan teknologi mengalami peningkatan yang cukup signifikan dalam rekrutmen. Hal ini didorong oleh berbagai inisiatif transformasi digital di banyak perusahaan di berbagai bidang industri.

Beberapa sektor industri yang harus beradaptasi dengan menerapkan digitalisasi di antaranya industri pendidikan, pelayanan kesehatan, asuransi, logistik, dan e-commerce. Berbagai industri dari berbagai sektor tersebut harus mampu membaca perilaku konsumen yang kini lebih banyak melakukan transaksi dan kegiatan ekonomi dari rumah sejak pandemi. Ekosistem digital yang terbangun otomatis membuat permintaan tenaga kerja yang berhubungan dengan bidang tersebut meningkat. Selanjutnya, EKRUT sebagai pelaku industri rekrutmen telah menyediakan platform bagi perusahaan untuk menemukan talenta terbaik yang dapat beradaptasi dengan era digital.

Tren kerja remote dan hybrid


Sistem kerja remote dan hybrid. (sumber: data internal EKRUT)

Inisiasi transformasi digital mendorong terbentuknya iklim kerja yang memungkinkan pekerjaan dikerjakan dengan sistem remote working (jarak jauh) atau hybrid (sistem gabungan kerja jarak jauh dan di kantor). Berdasarkan laporan analisis dari 15 negara oleh Linkedin, bidang pekerjaan dengan minat tinggi pada tahun 2021 dapat dikerjakan secara remote.

Berdasarkan grafik di atas, lebih dari separuh persentase pekerja telah mengadopsi sistem kerja secara remote 14% dan hybrid 37,2%. Hal ini berpengaruh pada pasar tenaga kerja dan tren rekrutmen pada tahun 2021 dengan meningkatnya permintaan bidang kerja yang sudah didukung sistem teknologi dan digital yang memadai.

Sejalan dengan laporan Future Jobs World Economic Forum, yang menyebutkan bahwa 84% penyedia kerja siap mendigitalkan proses kerja dengan cepat, termasuk perluasan signifikan kerja jarak jauh dengan potensi memindahkan sebagian besar tenaga kerja untuk beroperasi secara remote.

Sektor industri rekrutmen


Sektor industri rekrutmen. (sumber: data internal EKRUT)

Bidang informasi dan teknologi masih mendominasi pasar rekrutmen pada tahun 2021. Berdasarkan data internal EKRUT, sektor industri rekrutmen saat ini meliputi berbagai bidang industri mulai dari manufaktur hingga jasa.

Berdasarkan grafik tersebut, teknologi informasi menjadi sektor industri dengan jumlah rekrutmen terbanyak sejumlah 28,9%. Keuangan dan asuransi menjadi salah satu sektor industri yang memiliki kenaikan pada tahun 2021. Sektor-sektor tersebut umumnya terhubung dengan industri startup, e-commerce, dan finance.


Tenaga kerja yang paling banyak diminati pada tahun 2021. (sumber: data internal EKRUT)

Pernyataan tersebut sesuai dengan grafik permintaan tertinggi tenaga kerja di perusahaan-perusahaan yang terdaftar dalam survei EKRUT. Posisi sales menjadi menjadi tenaga kerja yang paling banyak dibutuhkan pada tahun 2021. Frontend Engineer adalah pekerjaan yang paling banyak diminati pada tahun 2021 dibandingkan tahun lalu dengan peningkatan lebih dari 110%.

Nah, untuk kamu yang ingin tahu dan juga penasaran dengan informasi di kategori pekerjaan dan sektor industri lainnya, kamu bisa mengakses EKRUT Journal lebih lanjut di sini.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk karier kamu ke depan, ya!

Sumber:

  • The Future of Jobs Report - The World Economic Forum
  • Talent Trends 2021 Report: The Indonesia Salary Guide - Michael Page
  • Workforce Dynamics during COVID-19 Report - SMERU
  • Hiring Rate Report - BKPM
  • Employment in Data 2021 - Ministry of Manpower
  • Labor Force Situation in Indonesia August 2020–2021 - Indonesia Statistic Agency
  • Emerging Job Report - LinkedIn
  • EKRUT Internal Data

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    ID_Top_Practical.png

    Lainnya

    10 Skill yang Paling Dibutuhkan Pada Tahun 2022

    Natasya Primatyassari

    31 May 2022
    5 min read
    ID_Recruitment_Trends.png

    Lainnya

    Tren Rekrutmen Tahun 2022: Dari Era Perekrutan Jarak Jauh hingga Strategi Rekrutmen Kreatif

    Nadroh Nur Amalia

    23 February 2022
    5 min read
    ID_Most_In-Demand.png

    Lainnya

    Talenta Teknologi Paling Banyak Diminta Tahun 2021: Rekayasa Perangkat Lunak Adalah Peringkat Teratas

    Sylvia Rheny

    11 February 2022
    5 min read

    Video