Published on

Technology

Trojan pencuri cryptocurrency ini sudah masuk ke Mac

Maria Yuniar

hacker-2300772__340.jpg

Saat ini pengguna Mac memiliki masalah keamanan potensial, dengan berita bahwa Lazarus, kelompok hacker Korea Utara yang terkenal, telah memanfaatkan cryptocurrency untuk mesuk ke macOS lewat malware.  Seperti dilansir lembaga Computerworldsafety, para peneliti Kaspersky menemukan adanya marketing campaign dengan nama 'AppleJeus', serta malware yang dikenal sebagai Fallchill. Apa saja dampak dari trojan tersebut? Simak ulasannya berikut ini. 

Infeksi mesin macOS

Mesin macOS yang terkontaminasi trojan, dapat mengalami infeksi. Berdasarkan catatan Kaspersky, ada penggunanya yang terkontaminasi oleh aplikasi jual-beli mata uang virtual atau cryptocurrency bernama Trojanized. Aplikasi ini diunduh dari sebuah website. Nah, pengembang sah aplikasi tersebut ternyata telah diretas oleh Lazarus. Jadi, kelompok yang menjual malware inilah yang mengendalikan sistem operasi aplikasi itu.

Perusahaan penyedia fitur keamanan komputer menemukan, Trojan Fallchill kini telah beradaptasi, sehingga mampu menginfeksi mesin macOS. Bukan hanya PC Windows, seperti yang sudah-sudah. 

Lazarus makin agresif

Kaspersky pun mengamati, belakangan ini Lazarus semakin agresif. Bahkan, macOS menjadi sasaran utamanya. Selain itu, muncul peningkatan investigasi untuk macOS dari para peggunanya, terutama perusahaan IT. Sebab, banyak developer dan engineer yang sudah beralih menggunakan macOS. Cepat atau lambat, para pengguna macOS pun harus semakin waspada.

Setelah mengetahui trojan tersebut, kamu pun harus ekstra hati-hati. Apalagi jika kamu menggunakan Mac. Sebab kini, sudah banyak malware yang mengincar macOS.

Sumber:

techradar.com
techtodaywala.com
itnews.today

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-steve-johnson-13078553.jpg

    Technology

    Animasi: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

    Tio Derma

    21 September 2022
    8 min read
    0-youtube-dashboard.jpg

    Technology

    Apa Itu YouTube Dashboard? Berikut Penjelasan dan Cara Menggunakannya

    Arin Khurota

    21 September 2022
    5 min read
    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu Twibbonize? Berikut Fungsi dan Panduan Membuatnya 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read

    Video