Media

Update Instagram terbaru: Berapa lama kamu main Instagram? Coba cek 'Your Activity' sekarang!
By Nelson Simbolon - 7 December 2018
3 min read 25 Views

Instagram sudah meluncurkan update terbaru bernama “Your Activity” yang memuat informasi durasi penggunaan aplikasi Instagram

Bertajuk “Your Activity”, fitur terbaru Instagram ini dapat kamu akses di menu kanan atas. Dengan fitur ini, kamu dapat mengetahui berapa banyak waktu yang kamu gunakan untuk membuka Instagram dalam sehari.

Selain bisa mengetahui berapa lama waktu yang dihabiskan, kamu juga bisa membatasi penggunaan Instagram. Dengan fitur baru ini, kamu bisa mengatur batas waktu harian penggunaan Instagram kamu.

 

Rilis bersamaan dengan fitur serupa dari Apple dan Google

Fitur “Your Activity” pertama kali muncul pada bulan Juni dan sebulan kemudian Instagram mengonfirmasi bahwa fitur tersebut akan muncul di Instagram. Fitur ini sendiri diluncurkan bersamaan dengan perilisan fitur Screen Time milik Apple dan Digital Wellness milik Google yang bertujuan untuk membantu pengguna mengatur waktu mereka menggunakan aplikasi dengan lebih baik.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu hanya perlu masuk ke halaman profile, kemudian tap ikon tiga garis di sisi kanan atas layar, dan pilih fitur “Your Activity” atau “Aktivitas Anda”. Kemudian, kamu akan melihat grafik aktivitas kamu selama mengakses Instagram. 

 

Bisa atur batas waktu penggunaan

Untuk mengatur pengingat pemakaian Instagram, kamu harus menekan tombol set daily reminder atau “setel pengingat harian”. Pada fitur tersebut, kamu bisa memilih berapa jam dan menit alarm akan diaktifkan. Pada fitur ini, Instagram memberikan durasi hingga 23 jam dan 55 menit yang bisa kamu sesuaikan. Setelah batas waktumu habis, kotak dialog akan muncul dan memberitahumu bahwa kamu telah mencapai batas waktu yang kamu tentukan.

Dengan adanya fitur ini, diharapkan pengguna bisa merefleksikan kembali seberapa besar ketergantungan mereka dengan aplikasi-aplikasi besar ini. Karena beberapa tahun belakangan, muncul berbagai anggapan bahwa ketergantungan bermain media sosial dapat berdampak buruk pada kesehatan mental.

Di samping itu, perusahaan induk Instagram, Facebook, dikabarkan akan meluncurkan fitur serupa “Your Activity” di Instagram. Namun, belum ada kejelasan kapan fitur tersebut akan diluncurkan.

 

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags: Instagram, media sosial

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang