Published on

Technology

Kamu Sering Main Instagram? Cek 'Your Activity' Sekarang!

Nelson Simbolon

update_instagram_terbaru.jpg

Instagram sudah meluncurkan update terbaru bernama “Your Activity” yang memuat informasi durasi penggunaan aplikasi Instagram

Bertajuk “Your Activity”, fitur terbaru Instagram ini dapat kamu akses di menu kanan atas. Dengan fitur ini, kamu dapat mengetahui berapa banyak waktu yang kamu gunakan untuk membuka Instagram dalam sehari.

Selain bisa mengetahui berapa lama waktu yang dihabiskan, kamu juga bisa membatasi penggunaan Instagram. Dengan fitur baru ini, kamu bisa mengatur batas waktu harian penggunaan Instagram kamu.

 

Rilis bersamaan dengan fitur serupa dari Apple dan Google

Fitur “Your Activity” pertama kali muncul pada bulan Juni dan sebulan kemudian Instagram mengonfirmasi bahwa fitur tersebut akan muncul di Instagram. Fitur ini sendiri diluncurkan bersamaan dengan perilisan fitur Screen Time milik Apple dan Digital Wellness milik Google yang bertujuan untuk membantu pengguna mengatur waktu mereka menggunakan aplikasi dengan lebih baik.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu hanya perlu masuk ke halaman profile, kemudian tap ikon tiga garis di sisi kanan atas layar, dan pilih fitur “Your Activity” atau “Aktivitas Anda”. Kemudian, kamu akan melihat grafik aktivitas kamu selama mengakses Instagram. 

 

Bisa atur batas waktu penggunaan

Untuk mengatur pengingat pemakaian Instagram, kamu harus menekan tombol set daily reminder atau “setel pengingat harian”. Pada fitur tersebut, kamu bisa memilih berapa jam dan menit alarm akan diaktifkan. Pada fitur ini, Instagram memberikan durasi hingga 23 jam dan 55 menit yang bisa kamu sesuaikan. Setelah batas waktumu habis, kotak dialog akan muncul dan memberitahumu bahwa kamu telah mencapai batas waktu yang kamu tentukan.

Dengan adanya fitur ini, diharapkan pengguna bisa merefleksikan kembali seberapa besar ketergantungan mereka dengan aplikasi-aplikasi besar ini. Karena beberapa tahun belakangan, muncul berbagai anggapan bahwa ketergantungan bermain media sosial dapat berdampak buruk pada kesehatan mental.

Di samping itu, perusahaan induk Instagram, Facebook, dikabarkan akan meluncurkan fitur serupa “Your Activity” di Instagram. Namun, belum ada kejelasan kapan fitur tersebut akan diluncurkan.

Baca juga:  Fitur Swipe Up Instagram Masih Relevan 2022? Simak Ulasan Lengkapnya di Sini!

Sumber:

  • sea.mashable.com
  • www.theverge.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-cottonbro-7595266.jpg

    Technology

    YouTube Desktop Dashboard: Cara Mengukur Performa Konten Video yang Efektif di Tahun 2022

    Chrissila Jessica

    06 October 2022
    5 min read
    Mengenal_Dampak_Negatif_dari_Penggunaan_Media_Sosial_yang_Berlebihan.png

    Technology

    5 Dampak Negatif dari Penggunaan Media Sosial yang Berlebihan

    Sylvia Rheny

    06 October 2022
    5 min read
    H1-H1-Cara_Share_Screen_di_Zoom_Via_(Desktop__Laptop_dan_HP)_2022.jpg

    Technology

    Cara Share Screen di Zoom Via (Desktop, Laptop, dan HP) 2022

    Lita Lia

    05 October 2022
    5 min read

    Video