Published on

Lainnya

7 Peluang Usaha yang Jarang tapi Dibutuhkan di Indonesia 2022

Sylvia Rheny

7_Peluang_Usaha_yang_Jarang_tapi_Dibutuhkan_di_Indonesia_2022.jpg

Ide-ide baru dan kreatif biasanya dibutuhkan untuk menciptakan peluang usaha baru. Tidak hanya diperlukan kreativitas untuk menciptakan peluang usaha, namun kamu juga harus memastikan bahwa ide peluang usaha yang kamu miliki benar-benar dibutuhkan oleh target market tertentu. Nah, 10 peluang usaha yang jarang tapi dibutuhkan di bawah ini mungkin bisa menjadi referensi ide untuk kamu yang ingin membuka usaha baru.

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan


Sektor-sektor usaha yang jarang tapi dibutuhkan di Indonesia. (Sumber: Pexels)

Sebelum masuk kepada apa saja jenis usaha yang jarang tapi dibutuhkan, kamu perlu tahu macam-macam sektor usaha yang ada di Indonesia. Sektor usaha di Indonesia begitu banyak ragamnya dan setiap sektor usaha tersebut memiliki peluang untuk menghasilkan keuntungan.

Berikut ini beberapa macam sektor usaha yang ada di Indonesia:

  1. Kelautan dan perikanan
  2. Pertanian
  3. Lingkungan hidup dan kehutanan
  4. Energi dan sumber daya mineral
  5. Ketenaganukliran
  6. Perindustrian
  7. Perdagangan
  8. Pekerjaan umum dan perumahan rakyat
  9. Transportasi
  10. Kesehatan, obat dan makanan
  11. Pendidikan dan kebudayaan
  12. Pariwisata
  13. Keagamaan
  14. Pos, telekomunikasi, penyiaran, serta sistem dan transaksi elektronik
  15. Pertahanan dan keamanan
  16. Ketenagakerjaan
  17. Keuangan

7 Usaha yang jarang tapi dibutuhkan


Beberapa contoh usaha yang jarang tapi dibutuhkan. (Sumber: Pexels)

Setelah mengetahui apa saja sektor-sektor usaha yang ada di Indonesia, berikut ini adalah deretan usaha yang jarang tapi dibutuhkan di Indonesia.

1. Catering sehat


Catering sehat sebagai contoh usaha yang jarang tapi dibutuhkan. (Sumber: Pexels)

Contoh usaha yang jarang tapi dibutuhkan yang pertama adalah catering sehat. Banyak masyarakat Indonesia telah sadar pentingnya kesehatan dan salah satu cara menjaganya dengan memperhatikan gizi makanan dan jumlah kalori yang dikonsumsi ke dalam tubuhnya. 

Namun, tidak sedikit diantara mereka yang kesulitan dalam mempersiapkan makanan tersebut untuk sehari-hari di tengah rutinitas yang padat. Oleh karena itu, bisnis catering sehat ini bisa menjadi salah satu usaha yang jarang tapi dibutuhkan yang dapat kamu tekuni. Salah satu pangsa pasar yang bisa menjadi target utama bisnis catering sehat ini adalah pekerja kantoran.

2. Cold-pressed juice


Cold-pressed juice sebagai contoh usaha yang jarang tapi dibutuhkan. (Sumber: Pexels)

Contoh usaha yang jarang tapi dibutuhkan yang kedua adalah bisnis cold-pressed juice. Bisnis ini bisa menjadi komplementer dari ide bisnis catering sehat. Selain makanan yang mereka konsumsi, beberapa orang yang sadar akan pentingnya kesehatan tentu juga akan memperhatikan apa yang mereka minum.

Bersumber dari Naked Press, cold-pressed juice adalah teknik mendapatkan nutrisi sayur buah dengan perasan bertekanan tinggi (pressed) dan sangat minimal menghasilkan panas seperti blender atau metode jus lainnya sehingga vitamin dan mineral yang dihasilkan tetap hidup. Oleh karena itu, cold-pressed juice adalah salah satu peluang usaha yang jarang tapi dibutuhkan yang bisa kamu pertimbangkan.

3. Jasa pembuatan dan editing konten


Jasa editing konten sebagai contoh usaha yang jarang tapi dibutuhkan. (Sumber: Pexels)

Contoh usaha yang jarang tapi dibutuhkan yang ketiga adalah jasa pembuatan dan editing konten. Kamu tentu tidak asing dengan istilah Content Creator atau mungkin kamu kenal dengan sebutan Selebgram atau YouTuber. Banyaknya orang baru yang bermunculan menekuni bidang ini berimbas pada meningkatnya kebutuhan akan jasa pembuatan dan editing konten.

Untuk menekuni usaha yang jarang tapi dibutuhkan satu ini, kamu perlu menguasai terlebih dahulu hard skill yang dibutuhkan seperti Graphic Design, Adobe Products, Adobe Photoshop, social media, After Effects Design, video editing, videography, musical, dll.

4. Jasa rental barang


Jasa rental barang sebagai contoh usaha yang jarang tapi dibutuhkan. (Sumber: Pexels)

Contoh usaha yang jarang tapi dibutuhkan yang keempat adalah jasa rental barang. Jasa rental barang ini beragam jenisnya mulai dari jasa rental kamera, jasa rental mobil, jasa rental peralatan untuk bayi, jasa rental infokus, jasa rental untuk kebutuhan outdoor, dan masih banyak lagi.

Jasa rental ini menjadi salah satu usaha yang jarang tapi dibutuhkan oleh orang-orang yang lebih memilih untuk menyewa suatu barang karena hanya dibutuhkan dalam jangka tertentu saja. Namun, usaha jasa rental ini tentu membutuhkan keamanan yang ekstra dan membutuhkan jaminan paling tidak berupa KTP.

5. Jasa rental tempat


Jasa rental tempat sebagai contoh usaha yang jarang tapi dibutuhkan. (Sumber: Pexels)

Contoh usaha yang jarang tapi dibutuhkan yang kelima adalah jasa rental tempat. Mirip dengan jasa rental barang namun bedanya objek yang disewakan di sini adalah ruangan, space, atau tempat. Jasa rental tempat juga beragam mulai dari rental lapangan futsal, bulutangkis, studio foto atau video, dan masih banyak lagi.

Sebelum menentukan jasa rental tempat apa yang sesuai, kamu perlu mengetahui bagaimana apa yang paling dibutuhkan di areamu. Jasa penyewaan tempat ini merupakan usaha yang jarang tapi dibutuhkan yang membutuhkan modal cukup besar. Namun, ini bisa menjanjikan jika kamu bisa memilih tempat yang strategis.

6. Jasa foto produk


Jasa foto produk sebagai contoh usaha yang jarang tapi dibutuhkan. (Sumber: Pexels)

Contoh usaha yang jarang tapi dibutuhkan yang keenam adalah jasa foto produk. Dengan banyaknya produk-produk baru bermunculan dan semakin banyak usaha yang mengandalkan pemasaran digital, maka jasa foto produk akan semakin banyak dibutuhkan.

Kamu bisa mencoba menggeluti usaha ini dan memasarkan jasa foto produk ini secara online. Jasa foto produk sendiri bermacam-macam mulai dari produk makanan, pakaian, dan berbagai macam barang lainnya. Untuk melengkapi jasa yang kamu tawarkan, kamu juga bisa coba menekuni jasa pembuatan dan editing konten seperti yang telah dibahas sebelumnya.

7. Wedding Organizer


Wedding Organizer sebagai contoh usaha yang jarang tapi dibutuhkan. (Sumber: Pexels)

Contoh usaha yang jarang tapi dibutuhkan yang ketujuh adalah jasa Wedding Organizer atau biasa disingkat WO. Usaha ini bisa menjadi salah satu usaha yang menjanjikan karena acara pernikahan akan selalu ada hingga kemudian hari.

Wedding Organizer adalah sebuah tim yang bertugas untuk menjadi koordinator dan bekerja bersama untuk membantu pelaksanaan acara pernikahan mulai dari persiapan hingga hari H.

Untuk sukses menjadi Wedding Organizer, maka diperlukan kekompakan tim, attention to detail, dan memperbanyak relasi dengan vendor-vendor untuk acara pernikahan seperti catering dan sebagainya.

Itulah 7 ide usaha yang jarang tapi dibutuhkan yang bisa kamu pertimbangkan dalam menentukan usaha apa untuk ditekuni tahun 2022 ini. Selalu ingat untuk melakukan market research agar usaha yang dirikan menjadi salah satu yang sukses di pasar. Semoga bermanfaat!

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT OfficialNah, jika ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, kamu cukup sekali sign up di EKRUT untuk mendapatkan lebih dari satu kali undangan interview oleh berbagai perusahaan terkemuka!

sign up EKRUT

Sumber:

  • Kumparan
  • Zip Recruiter
  • Naked Press
  • Moota

Tags

Share

Artikel Terkait

H1_affiliate_marketing.jpg

Careers

7 Strategi Affiliate Marketing yang Efektif untuk Diterapkan di Tahun 2022

Alvina Vivian

27 May 2022
5 min read
H1-10_Bisnis_Online_Tanpa_Modal_Beserta_Kisaran_Penghasilannya.jpg

Careers

10 Bisnis Online Tanpa Modal beserta Kisaran Penghasilannya

Lita Lia

25 May 2022
5 min read
H1_tiktok_affiliate.jpg

Technology

Cara Daftar TikTok Affiliate Terbaru 2022 untuk Menambah Penghasilan

Alvina Vivian

24 May 2022
4 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh Deskripsi Diri Sendiri yang Profesional dan Menarik HRD

Maria Tri Handayani

07 April 2022
6 min read
02

Jadwal FYP TikTok 2022: Pelajari dan Terapkan Tren Terbaru Agar Kontenmu Ramai!

Nurina Ulfah

04 April 2022
5 min read
03

5 Cara Cek Nomor Smartfren Sendiri dengan Cepat dan Mudah 2022

Algonz D.B. Raharja

27 April 2022
5 min read
04

Tips Menyampaikan Kata-Kata Perpisahan Kerja yang Berkesan

Maria Tri Handayani

07 April 2022
5 min read
05

12 Jenis Strategi Pemasaran yang Paling Efektif Beserta Contohnya

Tsalis Annisa

07 April 2022
5 min read