Published on

Careers

7 Game virtual team building saat remote working

Maria Tri Handayani

virtual-team-building---EKRUT.jpg

Sistem kerja remote yang belakangan semakin banyak diadopsi perusahaan di masa pandemi membuat karyawan yang baru bergabung dalam perusahaan tidak dapat bertemu secara langsung dengan timnya. 

Hal ini tentu dapat membuat karyawan baru merasa tidak dekat dengan anggota tim yang sudah saling mengenal sebelumnya.

Agar hal tersebut tidak memengaruhi kerja sama tim di kemudian hari maka, sebagai manajer tidak ada salahnya kamu menggunakan beberapa ide game virtual team building ini untuk membangun kekompakan bersama seluruh anggota tim yang masih bekerja secara remote tersebut. 

1. Photo of your life

virtual team building - EKRUT
Pilih game yang bisa digunakan untuk saling mengenal anggota tim - EKRUT

Ide virtual team building ini dapat bertindak sebagai icebreaker terutama untuk karyawan yang baru bergabung dengan tim atau perusahaan agar saling mengenal satu sama lain dan menciptakan suasana santai di antara tim. 

Cara bermain:

Mintalah setiap anggota tim untuk mengambil foto apapun yang dapat menceritakan kisah mereka masing-masing. Foto tersebut bisa jadi hewan peliharaan mereka, baju favorit, buku favorit, keluarga mereka, atau bahkan pemandangan dari rumah mereka.

Setelah itu ajaklah anggota tim untuk melakukan konferensi video dan mintalah setiap karyawan membagikan cerita dari balik gambar yang mereka bagikan.

2. Three truths and a lie

virtual team building - EKRUT
Hilangkan kecanggunan antara anggota tim baru dan lama dengan permainan yang seru - EKRUT

Selain menjadi cara untuk mengenal satu sama lain, ide game virtual team building yang satu ini dapat menghilangkan kecanggungan antar anggota tim karena ringan dan menyenangkan ketika dilakukan. 

Cara bermain:

Dalam konferensi video bersama tim, mintalah setiap anggota tim untuk mengatakan tiga kebenaran dan satu kebohongan tentang diri mereka sendiri.  Rancanglah agar kebohongan tersebut terlihat realistis. 

Nantinya, anggota tim yang lain harus menebak dari empat pernyataan yang kamu berikan manakah yang merupakan kebohongan tersebut. Siapa pun yang berhasil menebak dengan benar akan mendapatkan poin. 

3. Aliens have landed

virtual team building - EKRUT
Selain kekompakan pilih game yang dapat mendorong kreativitas - EKRUT

Jenis game virtual team building ini sangat bagus untuk mendorong komunikasi antar anggota tim jarak jauh, dan membantu melatih kreativitas mereka. 

Cara bermain:

Bagi anggota tim menjadi tiga atau empat kelompok. Beri tahu semua anggota tim bahwa alien telah mendarat di bumi dan tertarik untuk mengenal perusahaan kamu. 

Karena alien tidak dapat berbahasa seperti manusia bumi, setiap tim harus menjelaskan kepada alien tentang perusahaan kamu dalam lima simbol atau gambar. 

Sebagai manajer kamu akan bertindak seperti juri dan melihat bagaimana masing-masing tim menggambarkan perusahaan melaui simbol atau gambar tadi. Tim yang dapat mengunggah gambar atau simbol yang paling menggambarkan perusahaan yang menjadi pemenang. 

Baca juga: 6 Ide games team building untuk bangun kekompakan tim

4. Sketch it 

virtual team building - EKRUT
Virtual team building juga dapat digunakan untuk membangun efektivitas komunikasi - EKRUT

Tujuan game virtual team building ini adalah membangun komunikasi yang jelas dan efektif antar tim. 

Cara bermain

Kumpulkan anggota tim dalam konferensi video. Tugaskan satu seorang anggota tim untuk mendeskripsikan seseorang atau objek, sementara anggota tim lainnya harus menggambar berdasarkan deskripsi tersebut. 

Setelah beberapa menit anggota tim harus menunjukkan gambar-gambar tersebut dan kamu dapat menilai seberapa dekat gambar mereka dengan hal yang dideskripsikan. Games ini seru untuk dimainkan karena kesalahpahaman mengartikan deskripsi biasanya menghasilkan gambar-gambar yang lucu. 

5. Tebak kata 

virtual team building - EKRUT
Jadikan virtual team building untuk membangkitkan semangat anggota tim selama kerja remote - EKRUT

Permainan tebak kata bisa jadi alternatif untuk melibatkan anggota tim dan membangunkan semangat mereka. 

Cara bermain:

Tentukan tema tebak kata, misalnya binatang, film, dan lain-lain. Ajak semua anggota tim untuk bergabung dalam panggilan video, lalu bagi tim menjadi dua kelompok yang akan bersaing. 

Setiap anggota tim akan mendapatkan kesempatan untuk memerankan objek, adegan atau gerakan tertentu dari tema-tema tadi lalu sisa anggota tim akan menebaknya. 

Orang yang menjawab dengan benar akan memenangkan satu poin untuk tim mereka. 

6. Virtual bingo

virtual team building - EKRUT
Carilah template kartu bingo untuk game virtual team building - EKRUT

Virtual bingo adalah ide game menyenangkan lainnya yang dapat digunakan untuk melibatkan semua orang dalam tim secara remote

Cara bermain:

Sebelum mulai, buatlah setiap kartu bingo yang berisi nama-nama anggota tim dalam susunan acak acak lalu bagikan kepada tim melalui email agar mereka dapat mencetaknya sebelum pertemuan dimulai. 

Setelah itu buat daftar pernyataan tertentu yang menggambarkan berbagai aspek dari anggota tim kamu, seperti berambut cokelat, suka tidak mandi, tidak suka durian, dan lain-lain.

Kumpulkan anggota tim dalam panggilan video dan sebutkan daftar pernyataan yang kamu buat tadi satu per satu. Anggota tim kemudian harus menyilangi kotak berisi nama anggota tim yang dianggap sesuai dengan pernyataan yang disebutkan tadi. Pemain yang berhasil membuat satu baris atau deret dari tanda silang tadi kartu bingo dengan cepat akan menjadi pemenangnya. 

7. X atau Y

virtual team building - EKRUT
Dengan game kamu bisa semakin mengenal preferensi anggota tim - EKRUT

Tujuan dari game virtual team building ini adalah mengetahui preferensi anggota tim satu sama lain dan memancing diskusi. 

Cara bermain:

Setiap minggu, pilihlah pertanyaan X atau Y yang berbeda. Misalnya bubur diaduk atau tidak diaduk? Kucing atau anjing? Alien nyata atau tidak nyata?

Kemudian, unggah pertanyaan ini di saluran komunikasi yang biasa kamu gunakan bersama tim. Bisa ketika melakukan panggilan videoa atau dalam grup pesan teks. Setelah itu, berikan kesempatan pada setiap anggota tim untuk mendiskusikan jawaban mereka. 

Baca juga: 10 Tips membangun kerja sama tim yang wajib diterapkan

Kembangkanlah kreativitasmu dalam merancang game virtual team building lainnya yang dapat kamu gunakan untuk mengakrabkan anggota tim yang lama dengan yang baru selama bekerja remote.

Jika dilakukan dengan benar, maka karyawan yang baru bergabung ke dalam timmu tidak akan lagi merasa asing dan lebih cepat beradaptasi dengan suasana maupun kerjasama tim kamu sehari-hari. 

virtual team building - EKRUT

Sumber:

  • connecteam.com
  • quizbreaker.com

Tags

Share