Published on

Careers

7 Jenis vitamin untuk pekerja keras yang wajib kamu konsumsi

Maria Tri Handayani

Vitamin-untuk-pekerja-keras---EKRUT.jpg

Menyelesaikan tumpukan tugas dan menjalani aktivitas yang padat selama seharian bekerja tentu akan menguras stamina. Apalagi, jika kamu adalah workaholic yang  selalu lembur hampir setiap harinya. 

Nah, agar kamu memiliki tenaga untuk menjalani segala aktivitas yang melelahkan selama bekerja, pastikan untuk selalu rutin berolahraga, menjaga pola makan, dan memerhatikan asupan vitamin dalam tubuh.

Misalnya, dengan mengonsumsi beberapa jenis asupan vitamin untuk pekerja keras berikut yang dikenal dapat membantu tubuh memproduksi energi lebih maksimal dan menjaga kekebalan tubuh dari risiko penyakit.

Vitamin B12

Vitamin untuk pekerja keras - EKRUT
Asupan vitamin B12 bisa kamu dapatkan dari sumber protein hewani - EKRUT

Jika kamu adalah workaholic, maka asupan vitamin B12 harus kamu perhatikan. Sama seperti jenis vitamin B lainnya, vitamin B12 dibutuhkan untuk mengubah makanan yang kamu makan menjadi energi yang dapat digunakan tubuh. 

Vitamin B12 juga akan membantu kamu menghindari risiko anemia yang membuat kamu cepat merasa lelah dan lemah saat bekerja.   

Selain dengan mengonsumsi suplemen, pada dasarnya kamu juga bisa menemukan kandungan vitamin B12 dalam berbagai sumber protein hewani, seperti ikan, daging dan susu. 

Baca juga: Jangan dibiasakan, ini 9 tanda kamu workaholic!

Vitamin D

Vitamin untuk pekerja keras - EKRUT
Dapatkan sumber vitamin D dari paparan sinar matahari atau dengan mengonsumsi suplemen vitamin D - EKRUT

Salah satu jenis asupan vitamin untuk pekerja keras lainnya yang harus kamu konsumsi adalah vitamin D. Pasalnya, pekerja kantoran berisiko kekurangan vitamin D karena aktivitasnya yang banyak di dalam ruangan dan jauh dari paparan sinar matahari. 

Sebuah studi yang dilakukan Alberta University di Canada fmenemukan bahwa 91% orang yang bekerja di kantor tidak mendapatkan cukup vitamin D, sementara 75% di antaranya kekurangan vitamin D. 

Perlu diketahui bahwa kekurangan vitamin D berkaitan dengan berbagai masalah kesehatan seperti risiko osteoporosis, penyakit kardiovaskular, dan bahkan kanker. 
Karena itu pekerja kantoran sebetulnya dianjurkan untuk meluangkan waktu berada di bawah sinar matahari sekitar 30 menit agar mendapatkan sumber vitamin D yang dibutuhkan tubuh. 

Kamu bisa mengakalinya dengan memilih makan siang di tempat terbuka yang mendapat sinar matahari atau berjalan-jalan sejenak ke luar gedung kantor saat jam istirahat. 

Namun, jika kamu memang tidak bisa meluangkan waktu untuk berjemur sebentar, cobalah mengonsumsi salmon, jamur, cod liver oil atau suplemen lainnya yang mengandung cukup vitamin D. 

Zat besi

Vitamin untuk pekerja keras - EKRUT
Daging dan makanan laut adalah contoh sumber makanan yang kaya zat besi - EKRUT

Tahukah kamu bahwa kekurangan zat besi akan membuat sel darah merah kamu tidak dapat membawa oksigen ke jaringan tubuh secara efektif? Akibatnya, kamu pun cenderung mudah mengalami anemia yang berujung pada kelelahan. 

Tentu hal ini harus kamu hindari agar kamu tetap bertenaga menyelesaikan semua pekerjaan setiap harinya. Itu sebabnya kamu harus menjaga asupan zat besi dalam tubuh.

Selain mengonsumsi suplemen atau vitamin, kamu bisa mendapatkan asupan zat besi dari makanan seperti daging dan makanan laut. 

Vitamin C

Vitamin untuk pekerja keras - EKRUT
Vitamin C baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh - EKRUT

Vitamin C adalah salah satu jenis asupan vitamin untuk pekerja keras lainnya yang sebaiknya kamu konsumsi. 

Tubuh membutuhkan vitamin C untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu produksi kolagen dan penyembuhan luka, hingga bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi sel dari kerusakan karena radikal bebas.  

Perlu diketahui bahwa manusia tidak dapat mensintesis vitamin C sendiri. Itu sebabnya kamu harus mendapatkan cukup asupan vitamin C ini dari suplemen atau sayur dan buah-buahan. 

Beberapa contoh sayuran dan buah-buahan yang kaya vitamin C  seperti kiwi, jeruk, brokoli, stroberi, paprika merah, tomat, dan lain-lain.

Magnesium 

Vitamin untuk pekerja keras - EKRUT
Pilihlah suplemen yang mengandung 300 hinggga 320 mg magnesium - EKRUT

Magnesium adalah jenis nutrisi penting lainnya yang kamu butuhkan agar semakin tangguh menghadapi jam-jam lembur dan tumpukan pekerjaan sehari-hari.

Magnesium tidak hanya baik untuk kesehatan tulang, namun juga dikenal karena manfaat penting lainnya, seperti untuk produksi energi, menyeimbangkan kadar gula darah, mengatur fungsi otot dan saraf, meringankan masalah tidur, menenangkan sistem saraf, dan mengurangi stres. 

Untuk mendapatkan asupan magnesium yang cukup, pilihlah sumber makanan yang tinggi magnesium seperti labu, bayam, kedelai, kacang-kacangan, tahu, dan beras merah. 

Selain itu kamu bisa mendapatkan sumber magnesium dengan mengonsumsi suplemen vitamin. Untuk hasil yang efektif, kamu sebaiknya memilih suplemen yang mengandung 300 - 320 mg magnesium

CoQ10

Vitamin untuk pekerja keras - EKRUT
Mengonsumsi suplemen vitamin CoQ10 dapat membantu kamu agar tidak cepat lelah - EKRUT

Sel tubuh kamu membutuhkan CoQ10 atau Coenzyme Q10 untuk menghasilkan energi dan mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Ketika kadar CoQ10 menurun, sel tubuh kamu tidak dapat menghasilkan energi yang dibutuhkan sehingga menyebabkan kelelahan. 

Untuk mendapatkan CoQ10 yang cukup kamu harus makan makanan seperti ikan, daging, biji-bijian, dan kacang-kacangan. 

Namun, CoQ10 pada jenis makanan ini terbilang masih tidak dalam jumlah cukup besar untuk meningkatkan kadar CoQ10 dalam tubuh secara signifikan.  Itu sebabnya suplemen vitamin CoQ10 bisa menjadi solusi yang harus kamu konsumsi untuk mengurangi kelelahan akibat bekerja.

Baca juga: Tips menjaga kesehatan untuk kamu yang workaholic

Ashwagandha 

Vitamin untuk pekerja keras - EKRUT
Studi menunjukkan bahwa ekstrak ashwaganda membantu mengurangi stres, kecemasan dan kelelahan - EKRUT

Ashwagandha adalah salah satu tanaman obat dalam Ayurveda India, sebuah sistem pengobatan tertua di dunia. 

Ashwagandha terbukti dapat meningkatkan energi dengan mengurangi level kortisol di dalam tubuh yang juga dikenal sebagai hormon stres yang dapat membahayakan kesehatanmu.

Banyak studi telah menunjukkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi vitamin dari ekstrak ashwagandha memiliki skor yang lebih baik dalam tes yang mengukur level stres, kecemasan, dan kelelahan. 

Itulah beberapa jenis asupan vitamin untuk pekerja keras yang sebaiknya kamu konsumsi agar kamu tetap bertenaga dan tidak gampang sakit meski di tengah padatnya pekerjaan.

Seimbangkanlah asupan vitamin tersebut dengan pola makan yang sehat dan olahraga yang rutin agar manfaatnya semakin terasa pada tubuh kamu. 

Vitamin untuk pekerja keras - EKRUT

Sumber: 

  • healthline.com
  • avogel.ca
  • holtraceuticals.com
  • takecareof.com

Tags

Share