Media

10 peran penting dalam tim data science
By Maria Yuniar - 6 August 2018
4 min read 181 Views

Untuk membuat tim data science yang sempurna, kamu tak bisa hanya bergantung pada mesin. Sebab sesungguhnya, ilmu data terapan merupakan ilmu yang interdisipliner dan membutuhkan keragaman perspektif. 

Jika kamu ingin memiliki tim data science yang dapat bekerja secara efektif dan efisien, simak pendapat Chief Decision Intelligence Engineer dari Google, Cassie Kazyrkov, mengenai peran-peran yang diprioritaskan untuk mengembangkan tim kamu.

 

Data engineer

Pertama-tama, kamu harus pastikan tim memiliki kemampuan untuk mendapatkan data. Seseorang dalam tim kamu harus bertanggung jawab untuk menangani aspek rekayasa data rumit dalam mengirimkan data yang dapat digunakan oleh anggota lain dalam tim.

 

Decision maker

Sebelum mempekerjakan ilmuwan data, pastikan kamu memiliki anggota tim yang dapat membuat keputusan berdasarkan data. Pastikan ia bertanggung jawab untuk merancang metrik hingga menentukan tingkat analitis yang diperlukan bagi bisnis.

 

Analyst

Pada tahap ini, pastikan bahwa semua orang yang bekerja di tim kamu dapat membaca data dan menganalisisnya dengan baik.

 

Expert analyst

Anggota tim ini akan membantu kamu untuk mendapatkan sebanyak mungkin data. Sehingga, decision maker dapat membuat keputusan dengan lebih hati-hati. Pastikan bahwa anggota tim yang mendapat tugas ini adalah orang yang terbiasa dengan kecepatan dan memiliki banyak wawasan.

 

Statistician

Para ahli statistik dapat membantu decision maker untuk mencapai kesimpulan dengan aman di luar data yang dianalisis. Sebagai contoh, jika sistem machine learning kamu berjalan dalam satu data set, kamu dapat menyimpulkan bahwa sistem tersebut bekerja dalam dataset tersebut. 

Namun, apakah sistem tersebut akan berjalan dalam proses produksi? Apakah kamu harus menjalankannya? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, kamu membutuhkan keterampilan statistik.

 

Applied machine learning engineer

Tentu, dalam teknologi yang menerapkan kecerdasan buatan, kamu akan butuh teknisi pembelajaran machine atau machine learning yang dapat mengoperasikan teknologi tersebut.

 

Data scientist

Data scientist adalah seseorang yang mampu menguasai tiga bidang sekaligus, antara lain analyst, statistician, dan machine learning.

 

Analytics manager/data science leader

Analytics manager adalah seseorang yang memegang kunci utama dalam. Tugas mereka merupakan gabungan dari tugas data scientist dan decision maker. Keberadaan analytics manager dalam tim berfungsi untuk menggandakan kekuatan tim kamu, sekaligus memastikan bahwa tim kamu menyelesaikan tugasnya dengan baik.

 

Qualitative expert/social scientist

Terkadang, decision maker kurang terampil membuat keputusan dengan baik. Sebagai alternatif, kamu bisa mencari seorang qualitative expert yang memiliki latar belakang di ilmu sosial dan data. Mereka biasanya lebih baik dibandingkan ilmuwan data dalam hal menerjemahkan intuisi dan niat dari decision maker ke dalam metrik konkret.

 

Researcher

Jangan terburu-buru membawa seorang peneliti ke dalam tim. Sebab, kamu mungkin tak akan memiliki lingkungan yang tepat untuk memanfaatkannya dengan baik. Lebih baik kamu menunggu hingga timmu cukup berkembang untuk mengetahui kebutuhan akan seorang peneliti.

Selain peran-peran di atas, ada beberapa peran lain yang dapat kamu masukkan sebagai bagian dari tim. Mereka adalah domain expert, software engineer, reliability engineer, UX designer, desainer grafis, data collection specialist, data product manager, dan program manager.

Apakah kamu memiliki keterampilan dan kualifikasi dalam profesi-profesi di atas tapi masih bingung untuk mencari peluang? Kamu bisa bergabung dengan talent marketplace EKRUT, untuk bertemu dengan ratusan perusahaan yang menawarkan banyak peluang untukmu. Kamu tidak perlu menyiapkan CV satu per satu untuk setiap perusahaan. Sebab kamu hanya butuh satu aplikasi untuk menarik perhatian banyak perusahaan di sana.

 

Rekomendasi bacaan:
Apa itu back-end, front-end, dan full-stack developer?
Talent marketplace: apa itu dan bagaimana cara kerjanya?
Kok mata uang digital bisa diretas?

 

Sumber:
hackernoon.com

Tags:

  • qualitative expert
  • researcher
  • manager
  • analytics
  • engineer
  • statician
  • expert analyst
  • analyst
  • decision maker
  • data engineer
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang