Published on

Technology

15 Free image websites yang menyediakan ikon vektor untuk desain

Maria Yuniar

situs-ikon-vektor-gratis_1-EKRUT.jpg

Bagi kamu yang menyukai dunia desain, tentu kamu sudah akrab vektor. Vektor merupakan gambar yang fleksibel dan kualitasnya akan tetap stabil saat ukurannya diperbesar melebihi ukuran normal. Berkat keunggulan ini, gambar vektor dapat digunakan dalam membuat desain poster, situs, dan lain-lain. Meski begitu, tak semua gambar vektor bisa didapatkan secara gratis. Namun, ada beberapa situs yang menyediakan gambar vektor secara gratis.

Mengenal ikon vektor dalam desain 

Mengenal ikon vektor dalam desain
Ikon vektor membantu proses pembuatan desain - EKRUT

Dalam pembuatan sebuah desain, kamu akan membutuhkan alat visual yang bisa membantu merepresentasikan kata atau suatu hal yang ingin dimaksud tanpa harus meletakkan teks dalam jumlah yang banyak. Apalagi di zaman yang hampir semua menggunakan visual untuk menjelaskan informasi. Penggunaan teks dalam jumlah banyak saat ini kurang diminati dan justru tidak menarik minat pembaca. Sehingga gambar atau ikon vektor adalah solusinya. 

Sebagai contoh, ketika kamu mendesain poster untuk diposting di Instagram, penggunaan visual seperti ikon vektor lebih disarankan untuk menarik perhatian pengguna dan memberikan pemahaman lebih cepat. Hal ini dikarenakan ikon vektor cenderung memiliki arti yang bisa langsung dimengerti dan membuatnya menjadi sangat berguna dalam komunikasi. 

Saat mencari ikon vektor, tidak semua free image dapat digunakan secara efektif, sehingga kamu perlu mencari ikon vektor yang lebih menonjol dan jelas sesuai kebutuhan desainmu. Selain itu, format file vektor dan gambar juga menentukan validitas ikon vektor. Misalnya, format vektor yang paling umum digunakan adalah EPS, EMF dan SVG, sedangkan PNG, TIF, dan JPG digunakan untuk file gambar. 

Lalu bagaimana caranya mendapatkan ikon vektor untuk membantu proses desainmu? Berikut adalah beberapa free image websites yang menyediakan ikon vektor secara gratis. 

15 Free image websites yang menyediakan ikon vektor

situs ikon vektor gratis - EKRUT
Situs ikon vektor dapat membantumu dalam membuat desain - EKRUT

Agar memudahkanmu dalam membuat desain, berikut ini adalah beberapa situs ikon vektor gratis untuk kamu. 

1. Freepik (freepik.com)

Freepik menyediakan layanan pencarian gambar secara gratis. Gambar di Freepik pun tersedia dalam bentuk vektor, ilustrasi, ikon, PSD, dan foto, yang dapat diunduh dalam format AI (Adobe Illustrator), EPS (Encapsulated PostScript), dan SVG (Scalable Vector Graphics). Situs ini juga menjadi rujukan banyak desainer karena mampu menyediakan lebih dari 815.100 gambar, baik secara gratis maupun berbayar.

2. FlatIcon (flaticon.com)

Sedikit lebih unggul dari Freepik, FlatIcon menyediakan lebih dari 961 ribu gambar vektor gratis. Berkat ini, FlatIcon dikenal sebagai situs yang menyediakan gambar vektor paling banyak. Gambar-gambar di FlatIcon tersedia dalam bentuk PNG, SVG, EPS, PSD, dan BASE 64. 

Baca juga: Ini skills yang kamu butuhkan untuk menjadi UX designer mahir

3. Iconfinder (iconfinder.com)

Iconfinder memiliki lebih dari 2.592.445 ikon SVG dan menjadikannya situs pencarian gambar ikon gratis yang paling unggul. Dengan Iconfinder, kamu dapat menemukan gambar-gambar ikon gratis untuk berbagai keperluan. 

4. Icons8 (icons8.com)

Icons8 juga menyediakan lebih dari 74.600 ikon untuk beragam platform, seperti Android, iOS, dan Windows. Untuk mengunduh, kamu hanya perlu memilih ikon dan mengarahkan ikon ke fitur edit di sisi layar. Selain itu, Icons8 juga mendukung format PNG, SVG, PDF, dan EPS.

5. Iconninja (iconninja.com)

Iconninja merupakan situs penyedia gambar gratis yang dengan lebih dari 1 juta ikon. Iconninja juga menyediakan informasi detail mengenai format gambar, lebar, tinggi, ukuran dokumen, dan sebagainya. Gambar-gambar di Iconninja tersedia dalam bentuk PNG dan SVG.

6. Vector.me (freedesignfile.com)

situs ikon vektor gratis EKRUT 
Vector Me jadi salah satu penyedia gambar gratis untuk klip, logo dan vektor - EKRUT

Vector Me merupakan situs penyedia gambar gratis untuk vektor, logo, dan klip. Situs ini menyediakan lebih dari 280 ribu ikon vektor. Namun, untuk menggunakan gambar-gambar dari Vector.me, kamu dianjurkan untuk memberikan atribusi atau memberikan keterangan pemilik gambar pada desainmu.

Baca juga: Cara menjadi desainer grafis handal tanpa kuliah

7. Vector4free (vector4free.com)

Dibanding situs-situs lain, stok di Vector4free relatif sedikit, yaitu hanya sekitar 1.500 gambar vektor dan ikon. Namun, kualitas gambar yang ditawarkan terbilang cukup baik. Semua gambar yang tersedia pun dapat digunakan secara gratis untuk keperluan pribadi.

8. Vecteezy (vecteezy.com)

Vecteezy merupakan situs penyedia gambar yang rutin memperbarui gambar-gambarnya setiap hari. Beberapa gambar vektornya dapat digunakan secara gratis.

9. Thenounproject (thenounproject.com)

The Noun Project menyediakan pustaka gambar yang dapat digunakan dalam kualitas HD. Banyak desainer dari seluruh dunia yang memasukkan gambar mereka ke situs ini hampir setiap hari. Namun, gambar yang tersedia di The Noun Project hanya dalam bentuk SVG, sehingga kamu harus menggunakan Adobe Illustrator atau CorelDraw untuk memproses gambar-gambar ini.

10. Pictonic (Pictonic.co)

situs ikon vektor gratis EKRUT 
Pictonic memiliki sekitar 2725 ikon vektor yang desainer bisa coba - EKRUT

Situs ikon vektor di daftar yang ke sebelah adalah Pictonic. Pictonik merupakan generator font ikon yang inovatif dan ringan dengan lebih dari 2725 ikon vektor yang bisa kamu pilih. Ikon yang terdapat Pictonic dapat ditata dengan CSS. Tak hanya itu, situs ini juga memiliki blog yang akan memberikan kamu perincian tentang rilis ikon baru dan memberikan tips bagi para desainer.  

11. Dribbble (dribbble.com)

Sebagai layanan berbagi gambar antara desainer terbesar, Dribbble menyediakan gambar-gambar berkualitas tinggi hampir setiap hari. Dengan kata kunci yang tepat, kamu bisa menemukan gambar-gambar yang tak dapat kamu temukan di situs berbagi gambar lainnya.

Baca juga: Catat, ini 10 tips desain UI/UX yang ‘menjual’

12. Free Vector (freevector.com)

Di website ini kamu bisa mencari dan mengunduh free image dalam bentuk vektor, logo merek, dan ikon. Ada lebih dari 35 kategori tersedia yang bisa kamu akses di bagian bawah website. Fitur ini mempermudah kamu dalam mencari free image seperti yang kamu butuhkan hanya dengan sekali klik. Ada juga free image unggulan di bagian atas dan vektor terbaru minggu ini di bagian tengah halaman. Hal lain yang memudahkan pengguna adalah kamu tidak perlu membuat akun untuk mengunduh free image yang kamu inginkan.

13. Vector Stock (vectorstock.com)

Ada sebanyak 25.798.944 free image, art, clipart, ilustrasi dan grafis dengan resolusi tinggi lainnya yang bebas royalti tersedia di website ini. Vector Stock adalah salah satu situs web vektor khusus gambar yang paling populer dan mudah dalam pencarian. 
Dengan paket vektor gratis kamu bisa mengakses 916.499 free image di website ini. Ada juga pilihan paket langganan, paket pembelian per gambar, dan paket pembelian per kredit foto. 

14. Vector Portal (vectorportal.com)

Situs ini menyediakan lebih dari 30.000 free image dalam bentuk grafis, clip art, ikon, ilustrasi, latar belakang dan template dalam format EPS dan AI. Sebagian besar koleksi di sini dapat diunduh dan digunakan untuk penggunaan pribadi atau komersial, yang membuatnya menjadi salah satu tempat terbaik untuk menemukan elemen untuk pembuatan logo, latar belakang, hingga desain ikon. 

15. Wow Patterns (wowpatterns.com)

Website ini memiliki lebih dari 3.000 pola vektor gratis dalam banyak kategori seperti binatang, kota, festival, makanan dan minuman, anak-anak, musik, buah-buahan, musim, sayuran dan masih banyak lagi. Kategori tersebut dapat kamu akses dengan mudah melalui opsi menu di bagian kanan atas website. Tidak hanya itu, ada juga pilihan untuk membuat pola kamu sendiri hanya dalam waktu lima menit. 

Semua pola vektor di sini dapat kamu unduh secara gratis untuk penggunaan pribadi. Kamu bisa membayar atau menghubungi kontak di website untuk keperluan komersial.

Tips memilih ikon vektor yang tepat

Tips memilih ikon vektor yang tepat
Memilih ikon vektor yang telat dari website free image - EKRUT

Ketika kamu sedang mendesain web atau mengerjakan proyek desain lainnya, kamu pasti membutuhkan aset visual untuk digunakan, baik itu foto atau pun vektor. Sebelum mengunduh free image tersebut, perhatikan dulu hal-hal berikut ini ya:

  • Gunakan ikon yang relevan dan sesuai dengan subjek desain kamu.
  • Pilih vektor yang mencerminkan gaya dan branding dari desain yang kamu kerjakan.
  • Pikirkan mengenai berapa banyak ikon yang kamu butuhkan.
  • Pertimbangkan mengenai ukuran dan fleksibilitas vektor untuk diedit.
  • Carilah vektor yang tidak terduga dan berbeda dari vektor yang umum dipakai orang.

Jika kamu punya bakat dalam bidang desain tapi kamu tidak tahu harus bekerja di mana, kamu bisa langsung mendaftar di EKRUT, lho. Semua proses dan bantuan professional di talent marketplace EKRUT tersedia gratis. Daftar sekarang di sini.

Saat kamu harus menciptakan satu desain tapi kamu kesulitan untuk mendapatkan ikon vektor atau gambar penunjang lainnya, cobalah untuk mencari yang tepat dari beberapa situs di atas. Jangan biarkan kreativitasmu terhambat, ya!

Tonton juga video berikut ini mengenai tips membuat visualisasi data yang efektif untuk proyek desain kamu. 

situs ikon vektor gratis - EKRUT 

Baca Juga:

Sumber:

  • hackernoon.com
  • thearthunter.com
  • mockplus
  • smashingmagazine
  • webdesign.tutsplus.com 
  • freepik.com

Tags

Share