Media

3 tips sebelum kamu melakukan nego gaji
By Maria Yuniar - 3 October 2018
4 min read 3820 Views
Photo by rawpixel on Unsplash
Photo by rawpixel on Unsplash

Mungkin kamu masih bingung mencari cara untuk melakukan negosiasi gaji dan meyakinkan atasanmu. Bila salah langkah, kamu bisa saja melewatkan benefit lain yang sebenarnya masih berada dalam jangkauanmu.

Ahli negosiasi dan founder lembaga pengembangan diri ZeroGap, Jacqueline Twillie mengatakan, “Negosiasi gaji sebenarnya hanya berupa percakapan.” Nah, agar negosiasimu berhasil, simak tiga tips berikut ini. (Baca juga: 5 profesi ini tawarkan gaji miliaran tanpa ngantor)

 

Jangan pernah terima tawaran gaji verbal

Twillie mengungkapkan, “Jangan pernah terima tawaran verbal, meskipun tawaran tersebut terdengar cukup menggiurkan.” Twillie menyarankan untuk tak mengiyakan tawaran verbal terlebih dahulu.

Hal tersebut penting untuk dilakukan. Sebab, mungkin saja ada benefit lain yang dapat kamu dapatkan, seperti fasilitas kesehatan dan lain-lain. Karena itu, kamu harus melakukan negosiasi terlebih dahulu. (Baca juga: Promosi jabatan tanpa naik gaji, Anda bersedia?)


Sumber: imgur.com

 

Lakukan riset mengenai gaji

Sebelum meminta atau menerima tawaran kenaikan gaji, kamu perlu melakukan riset mengenai upah pokok di lokasi tempat kerjamu. Cari tahu besarnya gaji yang mampu dibayarkan perusahaan, dan gaji profesi sejenis di perusahaan-perusahaan lain.

Ketika sedang bernegosiasi tentang gaji saat wawancara, jangan lupa untuk mencari tahu tanggung jawabmu dalam pekerjaan kelak. Bila kamu bisa memahami cakupan pekerjaan tersebut, kamu dapat menegosiasikan hal-hal lain seputar pekerjaanmu. Misalnya, biaya perjalanan atau sertifikasi. (Baca juga: Nego gaji lewat email, apakah mungkin?)

Twillie mengatakan, banyak orang berpikir akan mendapatkan berbagai fasilitas dari kantor. Namun ternyata, mereka tak pernah mendapatkannya jika tidak menanyakan hal itu saat negosiasi. Oleh karena itu, tanyakan hal-hal tentang fasilitas dari kantor kepada karyawan lain.

 

Cari informasi tentang fasilitas kantor

Perusahaan tentu juga berlomba-lomba untuk bisa memberikan fasilitas terbaik bagi karyawannya. Beberapa karyawan bahkan mendapat tawaran perusahaan untuk melanjutkan studinya.

Twillie mencatat ada banyak opsi lain untuk mendapatkan fasilitas kantor. Misalnya, biaya pengasuhan anak atau buku yang berhubungan dengan pekerjaanmu. Bagi Twillie, para karyawan harus bisa berpikir out-of-the-box dan meminta fasilitas yang tidak biasa.

Jangan lupa, negosiasi gaji hanya dapat dilakukan bila kamu telah memberikan kontribusi pada perusahaan. Nantinya, pada saat penilaian tahunan, kamu memiliki alasan kuat untuk meminta kenaikan gaji.

Jangan terburu-buru ketika melakukan negosiasi gaji ya. Pikirkan segala sesuatunya dengan cermat. Semoga berhasil!

 

Rekomendasi bacaan:
Mau karyawan lebih loyal dengan perusahaan? Begini caranya!
Jenis pekerjaan untuk orang sensitif, mana yang pas buatmu?
Cari pekerjaan sebelum lulus kuliah, kenapa tidak?

 

Sumber:
fastcompany.com
qerja.com
cermati.com

Tags:

  • atasan
  • perusahaan
  • nego gaji
  • gaji
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang