Published on

Careers

Ini waktu terbaik meminta kenaikan gaji pada atasan

Nur Lella Junaedi

kenaikan-gaji-EKRUT.jpg

Sebuah hal wajar saat karyawan mengajukan kenaikan gaji, apalagi bila sudah bekerja dalam waktu yang lama bagi perusahaan.

Tapi, sebelum kamu berani meminta kenaikan gaji, ada baiknya kamu memerhatikan terlebih dahulu waktu terbaik meminta kenaikan gaji pada atasan agar tujuanmu tercapai.

Saat kondisi keuangan perusahaan baik-baik saja

kenaikan gaji- EKRUT 
Perhatikan keuangan perusahaan sebelum meminta kenaikan gaji- EKRUT

Sebelum mengajukan kenaikan gaji, kamu perlu tanggap dengan keadaan perusahaan. Apakah perusahaan baik-baik saja atau tidak?

Kurang pas rasanya bila kamu meminta kenaikan gaji di saat perusahaan mengalami penurunan profit dan penghematan anggaran dalam berbagai divisi. 

Maka dari itu, mintalah kenaikan gaji di waktu pertumbuhan bisnis perusahaan meningkat, kemitraan bertambah, adanya investor baru, dan di saat hasil triwulan perusahaan memuaskan. 

Baca juga: Catat, ini tips ampuh agar kamu naik gaji!

Mengemban banyak pekerjaan dan tanggung jawab

kenaikan gaji- EKRUT 
Kamu juga dapat meminta kenaikan gaji saat tanggung jawabmu bertambah- EKRUT

Waktu terbaik meminta kenaikan gaji selanjutnya yakni saat kamu diberikan  beban pekerjaan yang berat, seperti mengerjakan proyek yang sulit, menjadi manajer sementara hingga mengambil tanggung jawab rekan kerja. 

Ini bahkan berlaku apabila kamu berkontribusi besar pada perusahaan, di mana kontribusi itu berada di luar tugas sehari-hari. Jika kondisi ini kamu alami, mintalah kenaikan gaji kepada atasanmu. 

Sukses menyelesaikan proyek yang besar

kenaikan gaji- EKRUT 
Sukses mendapatkan proyek besar jadi waktu terbaik meminta kenaikan gaji- EKRUT

Menjadi suatu kebanggaan bagimu dan perusahaan apabila kamu dapat meraih proyek yang bagus bagi perusahaan. 

Sudah selayaknya keberhasilan dari proyek itu membuatmu mendapat pengakuan misalnya melalui penghargaan, ucapan selamat dari manajer, atau pemberian bonus. 

Lewat keberhasilan itu juga, kamu bisa mempertimbangkan untuk meminta kenaikan gaji.

Saat evalusi kinerja

kenaikan gaji EKRUT 
Kamu dapat meminta kenaikan gaji juga saat evaluasi kinerja- EKRUT

Kondisi ini berlaku bagi karyawan baru dan lama. Untuk karyawan baru, umumnya masa evaluasi kinerja dilakukan setelah tiga bulan hingga enam bulan bergabung di perusahaan. 

Atasanmu akan menilai hasil kerjamu dengan melihat tiga hal yakni, performance, purpose dan passion. Bila hasilnya memuaskan, lazimnya atasanmu akan memberikan kenaikan gaji. 

Sedangkan pada karyawan lama, evaluasi penilaian kinerja biasanya dilakukan setiap tahun bersamaan dengan penilaian perusahaan. 

Kamu bisa saja mendiskusikan kenaikan gaji dengan manajer sebelum waktu itu tiba. Meski begitu, kebanyakan perusahaan sudah memiliki kalender kompensasi dan manajemen kerja di mana kenaikan gaji sudah diatur pada waktu tertentu. 

Baca juga: Tunjangan yang harus kamu pertimbangkan setelah menikah

Ketika mendapat gelar dan keterampilan baru

Tentu bukan hal yang mudah mendapatkan keterampilan melalui taraf pendidikan lebih lanjut. Diperlukan tenaga, waktu dan pikiran. 

Meski begitu, hal itu yang membuat kamu berbeda dengan rekan kerja yang lain. Ditambah dengan menguasai gelar dan keterampilan baru dapat menjadi pembuktian darimu bahwa kamu kompeten dan diperlukan oleh perusahaan. 

Di saat itulah waktu terbaik meminta kenaikan gaji ke bos. 

Adanya tawaran kerja dari perusahaan lain atau resign

kenaikan gaji- EKRUT 
Mendapatkan tawaran pekerjaan dari perusahaan lain atau mengutarakan resign jadi waktu tepat meminta kenaikan gaji- EKRUT

Ketakutan kehilangan karyawan yang berharga dan kompeten jadi salah satu indikator perusahaan memberikan kenaikan gaji. 

Jadi, bila di perusahaan lama kamu merasa dibayar murah dan datang tawaran dari perusahaan baru yang lebih baik, maka itu bisa dijadikan kartu taruhan. 

Bila kamu cukup percaya diri, jangan takut untuk resign demi mendapatkan bayaran yang setimpal serta biarkan mereka tahu bahwa kamu sudah ditawari di perusahaan lain.
 
Biasanya bila kinerjamu bagus, perusahaan akan mempertahankanmu ketimbang mencari yang lain. 

Setelah melakukan riset

kenaikan gaji- EKRUT
 
Lakukan riset juga terhadap pasaran dari gajimu- EKRUT

Saat kamu tahu bahwa gajimu tertahan di nilai tertentu. Sudah saatnya  mencari tahu pasaran gaji dari pekerjaanmu, dengan membandingkan unsur seperti porsi kerja, pengalaman, geografis, pendidikan dan lain-lain. 

Kamu bisa mencari tahu dengan cara bertanya pada teman seangkatanmu di level yang sama atau mencari tahu melalui internet, salah satunya memanfaatkan situs Payscale.com.

Setelah mengetahui pasaran gajimu, utarakan dengan sopan tujuanmu kepada atasan. Buat atasanmu paham masalah yang kamu hadapi. Itulah waktu yang tepat meminta kenaikan gaji.

Baca juga: 7 tunjangan kerja unik yang menarik karyawan selain gaji

Setelah kamu membaca uraian di atas, kamu sekarang sudah bisa menentukan kapan waktu yang tepat meminta kenaikan gaji,bukan?

Namun, sebelum kamu mengajukan kenaikan gaji kepada atasan, usahakan kinerjamu juga bagus dan utarakan permintaanmu dengan sopan, ya! 

Rekomendasi Bacaan: 

Sumber: 

Tags

Share