Published on

Technology

5 Tools untuk mengukur performance digital marketing

Maria Yuniar

performance-digital-marketing-EKRUT.jpg

Sebagai seorang digital marketer, kamu pasti ingin tahu sejauh mana usahamu memberikan hasil dan mana dari startegimu yang berhasil. Oleh karena itu kamu perlu menggunakan beberapa tools untuk melihat performance digital marketing. 

Tools untuk melihat performance digital marketing

Performance Digital Marketing - EKRUT
Mengetahui daftar tools performance digital marketing dapat membantumu menentukan mana yang sesuai - EKRUT

Selain itu, beberapa tools juga kamu butuhkan untuk melihat performa blog, email campaign, hingga situs. Berikut ini adalah beberapa tools yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhanmu. 

1. Google Analytics

Tools untuk melihat performance marketing yang pertama dan paling banyak digunakan adalah Google Analytics. Bahkan, bisa dikatakan bahwa seorang Performance digital marketer wajib memiliki kemampuan dalam membaca Google Analytics dengan baik. 

Pasalnya, selain dapat menunjukkan berapa banyak orang yang mengunjungi situsmu, Google Analytics juga dapat membantumu untuk melihat seberapa lama mereka menghabiskan waktu di sana, melacak konversi, menentukan serta mencantumkan goal, dan melacak bagaimana keterlibatkan pengguna pada situsmu. 

Baca juga: Ini manfaat mengikuti Google Analytics Academy untuk Digital Marketers

2. Google Tag Manager

Google Tag Manager merupakan tools gratis dari Google yang dapat membantu kamu untuk menggunakan dan mengelola tag di situsmu tanpa harus mengubah kode. 

GTM tidak sama dengan Google Analytics, di mana GTM tidak menyediakan laporan serta analisis. GTM hanya dapat digunakan untuk mengelola dan menyimpan kode pihak ketiga. 

3. Cyfe

Cyfe dapat digunakan untuk memantau bisnis atau situs kamu dengan mudah. Selain memonitor statistik yang relevan, Cyfe dapat bertindak sebagai manajer proyek dengan melacak penjualan, lalu lintas, dan tren konsumen. Cyfe merupakan tool yang mumpuni untuk pemasaran atau manajemen media sosial. 

Aplikasi ini juga dapat digunakan oleh pemilik situs untuk memantau data situs dan mengukur kinerja pemasaran digital. Cyfe membuat versi gratis dan terbatas. Versi premiumnya pun tak terlalu mahal, hanya US$ 19 per bulan atau setara dengan Rp 266 ribu.

tools performance digital marketing - EKRUT
Klipfolio termasuk ke dalam tools yang dapat membantumu untuk memantau kinerja situs - EKRUT

4. Klipfolio

Klipfolio merupakan alat analisis yang membuat pengukuran digital marketing menjadi mudah. Dengan halaman muka yang dapat disesuaikan, kamu akan mendapatkan tampilan data yang gampang dibaca, tapi tetap terperinci dan penuh informasi penting, untuk memantau kinerja situs atau bisnis digital kamu. 

Selain menyajikan data situs kamu dalam format yang mudah dibaca, Klipfolio juga dapat menggabungkan data dari berbagai sumber. Misalnya, dari platform media sosial seperti Moz dan Twitter. 

Bagi kamu pemilik perusahaan dan usaha kecil, aplikasi ini akan sangat bermanfaat. Untuk menggunakan Klipfolio, kamu dapat memilih paket termurah seharga US$ 49 per bulan atau sekitar Rp 700 ribu, dan US$ 99 per bulan periode penggunaan satu tahun, atau setara dengan sekitar Rp 1,400 juta.

Adapun paket termahal seharga US$ 399 per bulan, atau setara dengan sekitar Rp 5,700 juta. Opsi lainnya seharga US$ 199 per bulan untuk masa penggunaan setahun, atau setara dengan sekitar Rp 2,800 juta.

5. Raventools

Tools selanjutnya yang dapat membantu kamu untuk mengerjakan pekerjanmu adalah Raventools. Kamu bisa menggunakan Raventools untuk memantau SEO secara lengkap, sekaligus menemukan persoalan yang mungkin muncul pada traffic situs atau bisnis digital kamu.

Raventools memanfaatkan dan menggabungkan informasi analitik berharga dari platform seperti Moz dan Google AdWords. Aplikasi ini sangat terkenal karena produktivitasnya.

Bagi kamu yang ingin memantau dan meningkatkan SEO, Raventools menawarkan uji coba gratis. Selanjutnya, kamu dikenakan biaya untuk melanjutkan pemakaian. Produk termurahnya dijual seharga US$ 99 per bulan atau setara dengan Rp 1,386 juta. Sementara itu, produk termurah keduanya seharga US$ 249 per bulan atau setara dengan Rp 3,486 juta.

Selain beberapa tools di atas, untuk memantau performance digital marketing kamu juga bisa menggunakan Firebase, Google Play Console, Google Analytics for Firebase. 

Baca juga: 5 Software email marketing terbaik dengan fitur menarik

Cobalah untuk mencari mana yang sesuai dengan bisnismu saat ini dan apa yang benar-benar kamu butuhkan. Selain itu, sebaiknya jangan langsung menggunakan semua tools secara bersamaan. Cobalah untuk mempelajarinya terlebih dahulu, atau memanfaatkan tawaran trial. Dengan begitu, kamu akan benar-benar mantap memilih yang tepat. 

Performance Digital marketing - EKRUT
Last update: 16 July 2020

Sumber:

  • simplecreativemarketing.com
  • orbitmedia.com
  • google.com

Tags

Share