Published on

Careers

Ini manfaat mengikuti Google Analytics Academy untuk Digital Marketers

Nelson Simbolon

google-analytics-academy-EKRUT.jpg

Bila kamu cukup akrab dengan Google Analytics, tentu kamu sudah paham data apa saja yang akan berguna buatmu, bagaimana mempelajari penggunamu, dan bagaimana konversi terjadi.

Namun, sebenarnya masih banyak fitur-fitur dari Google Analytics yang pasti belum pernah kamu gunakan.

Karena itu, bagi kamu pengguna Google Analytics, kamu harus mengambil Google Analytics Certification. Sertifikasi ini tentu tak hanya akan menjadi bagian dari resume kamu saja, namun juga akan meningkatkan kemampuan dan kepekaan menganalisis pasar.

Google Analytics Individual Qualification (GAIQ) dan Google Analytics Ceritified Partner (GACP)

Pada dasarnya, terdapat dua jenis sertifikasi Google Analytics dan yang akan kita bahas dalam tulisan ini adalah Google Analytics Individual Qualification (GAIQ). Dengan mengikuti program ini, kamu akan mendapatkan sertifikat keahlian menggunakan Google Analytics.

Ada pula Google Analytics Ceritified Partner (GACP) yang tersedia untuk lembaga tertentu. Dalam program GACP, kamu akan mendapatkan lencana Certified Partner setelah dinyatakan lulus.

Baca juga: 6 tren digital marketing tahun ini

Untuk mengikuti ujian GAIQ, kamu bisa mulai dengan membuka situs Google Partner. Jika kamu tidak memiliki akun, kamu bisa membuatnya dan mengklik kotak bertulisan “Get Certified”.

Nantinya, kamu bisa memilih empat ujian dengan topik berbeda, antara lain AdWords, Analytics, Digital Sales, dan Mobile Sites. Setelah itu, klik “See Exam”.

Tes sertifikasi Google Analytics

Pada halaman berikutnya, kamu bisa mengambil tes Google Analytics Certification atau mempelajari Google Analytics terlebih dahulu. Tes ini terdiri dari 70 pertanyaan dan harus dikerjakan dalam waktu 90 menit.

Untuk bisa lulus, kamu harus menjawab setidaknya 56 pertanyaan dengan benar.

Bila kamu berhasil lulus, kamu akan mendapatkan sertifikat yang akan berlaku selama 18 bulan. Jangka waktu tersebut diberikan karena Google cukup rutin melakukan pembaruan pada Google Analytics. 

Baca juga: 5 tool gratis untuk tingkatkan konversi landing page

Tentu, dalam kurun waktu 18 bulan tersebut, ada segelintir pembaruan yang akan diberlakukan.

Karena itu, sertifikat kamu tentu harus bisa mencerminkan kemampuanmu untuk selalu up-to-date dengan dunia pemasaran, khususnya seputar Google Analytics.

Last update: 3 September 2019

google analytics academy - EKRUT

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

 

Tags

Share