Media

4 Tips rahasia saat membangun startup marketing strategy
By Tsalis Annisa - 14 March 2019
5 min read 187 Views
Membuat situs atau blog merupakan salah satu langkah dalam startup marketing strategy - EKRUT
Membuat situs atau blog merupakan salah satu langkah dalam startup marketing strategy - EKRUT

Di era digital yang semakin canggih ini, perusahaan startup pun semakin menjamur. Sebagian di antaranya bahkan sukses hingga taraf internasional. Apa sebenarnya rahasia keberhasilan mereka?

Untuk membangun startup yang mantap, kualitas produk dan pemasaran bisa dibilang sebagai kunci utama dalam startup marketing strategy. Tanpa pemasaran yang bagus, produkmu takkan laris meski kualitasnya terjamin. Begitu juga sebaliknya, pemasaran sebagus apapun takkan mampu mendongkrak produk dengan kualitas buruk.

Faktor dan langkah apa saja yang perlu kamu perhatikan ketika membangun strategi pemasaran dari sebuah startup? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

1. Lakukan penelitian pasar dan produk

Tahap awal ini penting dilakukan agar kamu bisa membaca situasi pasar dan keinginan konsumen. Kumpulkan data sebanyak-banyaknya untuk dan lakukan proses analisis.

Analisis data akan membuka wawasanmu tentang beragam hal. Misalnya, pengguna yang menjadi sasaranmu, keunggulan dari pesaing, atau kekurangan dari produkmu sendiri.

2. Perkenalkan startup pada banyak orang

Pemasaran tidak melulu harus dilakukan setelah suatu produk selesai dibuat. Dalam marketing startup, kamu perlu membuat nama startup atau produkmu dikenal orang bahkan sebelum jadi atau siap digunakan. Bagaimana caranya?

Membuat situs atau blog

Kamu bisa membuat situs dengan memanfaatkan platform yang praktis atau bahkan gratis. Sebut saja, Wordpress atau Weebly.
Isilah situs atau blog-mu dengan konten yang menarik, misalnya sekadar berbagi kisah atau menceritakan proses pembuatan produk yang sedang kamu lakukan. Bentuknya juga bisa bervariasi, seperti artikel, rekaman video, maupun video live, tergantung target penggunamu.

Dengan menciptakan konten, kamu akan terbantu karena orang lain bisa lebih mudah menemukan dan mengenalmu. Langkah ini juga akan membantumu dalam membangun wewenang dan pengaruh.

Membangun mailing list

Apabila kamu sudah memiliki situs untuk startup milikmu, kamu bisa membangun mailing list. Misalnya, meminta pengunjung situs untuk mendaftarkan diri dengan mencantumkan alamat email. Cara ini juga cukup terjangkau dan tidak menguras kantongmu.

Mailing list yang kamu dapatkan bisa kamu gunakan untuk mengadakan email marketing campaign. Mulai dari mengirimkan email berisi ucapan selamat datang, newsletter, atau penawaran khusus.

Ingatlah untuk merangkai sebuah email yang sederhana dan mudah dibaca. Isi email juga sebaiknya tidak terlalu panjang, mengingat sebagian besar orang kini membuka dan membaca email melalui ponsel.

Lakukan pemasaran di media sosial

Berdasarkan data dari Statista.com, terdapat lebih dari 2 miliar orang yang menggunakan sosial media. Inilah alasan mengapa pemasaran melalui platform ini termasuk penting.

Banyak sekali kanal sosial media yang bisa kamu manfaatkan, seperti Facebook, Twitter, Pinterest, Instagram, dan sebagainya. Kuncinya adalah memilih platform mana yang paling cocok dengan produkmu.

3. Gunakan jasa SEO

Sesuai namanya, SEO atau search engine optimization adalah sebuah cara untuk melakukan pengoptimalan mesin telusur. Cara ini sudah banyak digunakan sebagai salah satu senjata andal dalam startup marketing strategy. Meski situs sudah jadi, pengunjung belum tentu akan bertambah dengan sendirinya. Di sinilah, peran SEO dibutuhkan.

SEO bisa digunakan untuk mengidentifikasi topik-topik yang paling sering dicari oleh pengguna internet. Dengan ini, pemilihan topik konten dalam situsmu pun bisa lebih tepat sasaran. Ke depannya, situsmu bisa tercantum di urutan atas ketika ada pengguna yang mencari topik tersebut. Tentu kamu juga membutuhkan beberapa SEO tools yang sesuai dengan kebutuhkan.

4. Jalin kerja sama dengan blogger dan influencer

Agar produk atau startup-mu lebih dikenal banyak orang, kamu juga mungkin butuh langkah promosi ini. Blogger maupun influencer sudah memiliki audiensi tersendiri. Oleh sebab itu, pengaruh mereka akan lebih luas pula.

Strategi pemasaran ini tergolong lebih efektif bagi pelanggan yang sudah bosan dengan teknik pemasaran yang konservatif. Pemakaiannya juga mudah diterapkan.

Namun perlu dicatat bahwa langkah ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bila kamu memilih untuk bekerja sama dengan blogger atau influencer yang memiliki pengaruh besar, biaya yang harus kamu keluarkan juga akan semakin tinggi.

Membangun startup memang tidaklah mudah. Tidak semua teknik pemasaran bisa diterapkan dan memberikan hasil yang sama. Perlu startup marketing strategy yang tepat agar produk maupun startup milikmu bisa berjalan lancar menuju kesuksesan.

Selain itu, cobalah untuk mengikuti event yang berhubungan dengan hal ini. Dengan begini, kamu tidak hanya bisa mendapatkan ilmu berharga dalam membuat startuo marketing strategy, kamu juga dapat memperluas jaringanmu, sekaligus memperkenalkan startup milikmu. Menarik, bukan?

startup marketing strategy - EKRUT

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags:

  • marketing
  • strategi pemasaran
  • marketing strategy
  • startup
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang