Published on

Technology

8 SEO tools terbaik untuk memantau pergerakan kompetitor

Tsalis Annisa

SEO-tools-terbaik-EKRUT.jpg

Melakukan riset keyword dan memantau pergerakan kompetitor adalah hal yang penting kamu lakukan untuk mengembangkan strategi SEO. Pasalnya, hal ini dapat menjadi salah satu penentu kesuksesan strategi SEO yang kamu lakukan.

Guna memudahkan kamu dalam melakukannya, berikut ini adalah 8 SEO tools terbaik yang bisa kamu gunakan.

1. SEMrush

SEO tools terbaik EKRUT 
SEMrush cocok digunakan oleh perusahaan skala kecil hingga menengah - EKRUT

SEMrush merupakan perangkat analisis SEO yang sangat cocok untuk digunakan perusahaan dengan skala kecil dan menengah. SEMrush mampu menyediakan data SEO dari 131 negara berbeda, termasuk data dari basis data milik Google.

Fitur lain dari SEMrush yang menarik adalah adanya perbandingan data kunjungan untuk domain bermerek dan domain yang tidak bermerek, jumlah pencarian, dan tren kunjungan dari domain yang bermerek.

Selain itu, SEMrush juga dapat menyediakan data apakah suatu domain memiliki kaitan khusus terhadap keyword tertentu di hasil pencarian Google. Dengan data ini, kamu bisa merumuskan berbagai kata kunci bagus yang digunakan oleh kompetitormu.

Baca juga: Cara menggunakan Google Keyword Planner untuk riset keyword

2. Searchmetrics

SEO tools terbaik EKRUT
 
Searchmetrics bisa memantau performa konten yang dipasarkan di dunia maya - EKRUT

Seiring perkembangan dunia pemasaran konten, perangkat Searchmetrics memiliki spesialisasi untuk memantau performa konten-konten yang dipasarkan di dunia maya.

Meski begitu, Searchmetrics tetap dapat digunakan untuk memantau peringkat situs di hasil pencarian Google, serta keyword apa saja yang biasa digunakan untuk mencarinya.

3. SpyFu

SEO tools terbaik EKRUT 
SpyFu juga bisa digunakan untuk menganalisis kinerja SEO kompetitormu - EKRUT

Seperti Searchmetrics, SpyFu juga dapat digunakan untuk menganalisis kinerja SEO kompetitormu. Bila kamu mencoba untuk melakukan analisis terhadap kompetiormu, SpyFu dapat memberikanmu daftar nama-nama kompetitor untuk domain situs yang sedang kamu analisis.

Selain itu, SpyFu juga memberikan rekapan yang komprehensif mengenai performa suatu domain, seperti distribusi posisi suatu domain pada hasil pencarian. SpyFu juga dipercaya lebih akurat dibandingkan dengan Searchmetrics.

Baca juga: 6 strategi SEO praktis untuk dongkrak traffic website

4. iSpionage

SEO tools terbaik EKRUT 
Dengan iSpionage kamu juga bisa memantau kinerja SEO dari hasil pencarian search engine lain - EKRUT

Dengan iSpionage, kamu bisa memantau kinerja SEO-mu dari beberapa mesin pencarian, seperti Bing, Yahoo, dan tentunya Google. Namun, tak seperti tampilan SpyFu, tampilan daftar kompetitor pada iSpionage tampak tak begitu rapi.

Meski begitu, iSpionage dapat menampilkan data SEO Traffic Value, Overlap Keywords, dan Keyword Count dengan lebih lengkap dibandingkan Searchmetrics.

5. SERPstat

SEO tools terbaik EKRUT 
Melalui SERPstat kamu bisa melihat data halaman apa saja yang dikunjungi pengguna - EKRUT

SERPstat merupakan perangkat analisis SEO yang terhitung masih baru diluncurkan.

Beberapa fitur dalam SERPstat sebenarnya juga tak jauh berbeda dengan fitur-fitur milik perangkat analisis SEO lainnya. Melalui SERPstat, nantinya kamu dapat melihat data halaman apa saja yang paling sering dikunjungi pengguna.

6. Ahrefs

SEO tools terbaik EKRUT 
Ahrefs juga jadi salah satu SEO tools terbaik - EKRUT

SEO tools terbaik selanjutnya dan cukup dikenal oleh para SEO Specialist adalah Ahrefs.

Perangkat ini dianggap yang sangat ampuh untuk melacak data tautan di dunia maya. Selain itu, Ahrefs juga dapat digunakan untuk membuat analisis performa SEO kompetitor berdasarkan keyword tertentu.

Kamu juga bisa melacak kata kunci tertentu yang digunakan para kompetitormu dan membuat analisis tanpa mengikutsertakan domainmu ke dalam hasil analisis.

7. SimiliarWeb

SEO tools terbaik EKRUT
 
Melalui SimiliarWeb bisa menampilkan daftar kompetitor berdasarkan jenis situs - EKRUT

SimiliarWeb jadi salah satu SEO tools terbaik juga yang bisa kamu pelajari untuk memantau pergerakan kompetitor.

Pasalnya melalui perangkat ini akan menampilkan daftar kompetitor berdasarkan jenis situs yang diberi peringkat berdasarkan mesin pencari untuk kumpulan keyword yang sama.  

Selain itu, tools ini juga memberi kamu wawasan tentang traffic website dari semua channel yang ada seperti pencarian langsung, sosial media, organik dan sebagainya. 

Dari perangkat ini juga kamu bisa mengetahui keyword yang banyak menghasilkan pengunjung. 

8. BrightEdge

SEO tools terbaik EKRUT 
Dengan fitur BrightEdge bisa menampilkan histori pencarian organik - EKRUT

BrightEdge merupakan perangkat analisis data yang menawarkan beragam fitur menarik untuk tetap memantau performa SEO kompetitor.

Fitur dari BrightEdge memungkinkan kamu untuk mengetahui keyword apa yang bisa membuat kompetitormu berada di peringkat pencarian yang tinggi.

Dengan fitur tersebut, BrightEdge akan mencari histori pencarian organik dan mengidentifikasi kemunculan kompetitor-kompetitor lain yang mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya.

Selain itu, BrightEdge juga bisa kamu gunakan untuk menganalisis strategi SEO dari kompetitormu secara detail dengan fitur tambahan untuk mencari halaman utama yang membuat mereka mendapat banyak kunjungan organik.

Baca juga: Dengan strategi konten dan SEO, website milikmu akan berkembang

Itulah beberapa SEO tools terbaik yang bisa kamu ketahui. Dengan mempelajari tools ini pada akhirnya akan membantumu mengevaluasi strategi SEO apa yang tepat untuk diterapkan. 

SEO tools terbaik EKRUT
 Last update 14 November 2020

Sumber:

  • searchenginejournal.com

Tags

Share