Published on

Careers

5 Bekal Berkarier di Industri Teknologi

Maria Yuniar

smart-home-3148026__340.jpg

Indonesia diperkirakan masih membutuhkan banyak tenaga kerja di bidang tekonologi dan informasi seiring berkembangnya perusahaan rintisan (startup) belakangan ini. Berdasarkan data Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, jumlah pengusaha rintisan digital di Indonesia sudah mencapai 2.000 orang. Angka tersebut diklaim merupakan angka tertinggi di Asia Tenggara.

Meski lapangan kerja di bidang teknologi sedang bertumbuh, Anda tak boleh berleha-leha. Tentu akan muncul banyak calon tenaga kerja baru yang siap untuk mengalahkan Anda di medan pencarian kerja. 

Direktur Komunikasi LinkedIn di Asia Tenggara dan Asia Utara, Linda Lee mengatakan, pekerjaan di industri IT dan keuangan semakin populer di kalangan pelajar saat ini. Jenis pekerjaan ini mampu menggeser kepopuleran pekerjaan dokter, perawat, polisi, tentara, guru, dan dosen, yang merupakan contoh pekerjaan populer dari generasi sebelumnya. Untuk itu, simak bekali diri dengan hal-hal berikut agar Anda dapat tetap bersaing dengan calon tenaga kerja muda yang justru semakin tanggap terhadap perkembangan teknologi.

 

Percaya diri

Karena pekerjaan Anda adalah membangun, Anda dituntut untuk percaya diri pada apa yang Anda kerjakan. Lambat laun, hal ini menjadi sebuah kebiasaan yang akan membentuk pribadi Anda menjadi lebih baik.

 

Melek perkembangan teknologi

Dengan rajin mengikuti perkembangan teknologi, Anda jadi lebih banyak tahu dan kreativitas pun meningkat. Anda tak perlu khawatir kesulitan mencari informasi di dunia IT, karena saat ini sudah banyak bermunculan situs-situs tentang industri teknologi dan informasi.

 

Aktif di komunitas

Dengan aktif mengikuti komunitas, Anda akan mendapatkan banyak referensi dan juga teman satu profesi. Di komunitas tersebut Anda juga bisa bertukar pikiran tentang permasalahan atau apa yang sudah Anda lakukan sejauh ini untuk pekerjaan Anda.

 

Bangun portofolio

Idealnya, saat Anda memutuskan untuk berkarier di industri IT, Anda sudah memiliki proyek atau kontribusi di industri tersebut agar klien dapat melihat kemampuan Anda misalnya dalam membuat aplikasi ramah untuk gadget.

 

Ikuti pelatihan dan baca buku

Kalau ingin menambah pengetahuan di bidang IT, ikuti program pelatihan IT yang banyak ditawarkan berbagai lembaga terpercaya di Indonesia. Dan untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu luang, bisa mengembangkannya secara otodidak melalui buku seperti: The Pragmatic Programmer, Introduction to Algorithms, atau bacaan wajib IT lainnya yang Anda butuhkan.

 

Nah, setelah mendapatkan bekal untuk berkarier di bidang teknologi, kini saatnya Anda mencari peluang. Jangan pernah berpikir untuk menghabiskan waktu demi mengirimkan lamaran pekerjaan satu per satu ke setiap perusahaan incaran. Saat ini, Anda bisa bergabung dengan talent marketplace di EKRUT. Anda hanya perlu melengkapi profil dan ratusan perusahaan termasuk startup, akan beradu cepat mendapatkan Anda. Selamat mencoba!

Sumber:
bisnis.com
bisnis.com
liputan6.com
 

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_1._Pilihan_Pekerjaan_yang_Sesuai_untuk_Seorang_INTJ.jpg

    Careers

    10 Pilihan Pekerjaan yang Sesuai untuk Seorang INTJ

    Anisa Sekarningrum

    30 June 2022
    5 min read
    H1_infp_adalah.jpg

    Careers

    INFP Adalah: Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan, beserta Rekomendasi Pekerjaannya

    Alvina Vivian

    30 June 2022
    5 min read
    pexels-cottonbro-4861355.jpg

    Careers

    8 Pekerjaan yang Cocok untuk ISFJ, Kamu yang Mana?

    Chrissila Jessica

    30 June 2022
    5 min read

    Video